Akibat Perbuatan Zalim

padang pasir


Orang yang melakukan tipu daya dan kezaliman tidak akan memperoleh apa pun, kecuali kerugian bagi dirinya sendiri, baik di dunia maupun di akhirat. Sebagai misal, apa yang dikisahkan Al Quran tentang kaum "Ad". Mereka mendustakan Nabi Hud dan mendurhakainya, kemudian Allah SWT menghancurkan kaum itu.

"Dan ingatlah (Hud) saudara kaum Ad, yaitu ketika ia memberi peringatan kepada kaumnya di Al Ahqaf dan sesungguhnya telah terdahulu beberapa orang pemberi peringatan sebelumnya dan sesudahnya (dengan mengatakan), " janganlah kamu menyembah selain Allah, sesungguhnya aku khawatir kamu akan di timpah azab hari yang besar".

Penghancuran yang menimpa kaum  Ad yang berasal dari badai pasir yang mencabut orang-orang seakan mereka adalah akar pohon palem yang tercabut (dari dalam tanah), tentunya telah memusnahkan seluruh penduduk dalam waktu yang sangat singkat, mereka yang hingga saat itu hidup dengan mengolah lahan-lahan subur dan membangun bendungan-bendungan serta saluran air irigasi untuk mereka sendiri. 

Semua ladang olahan yang subur, saluran irigasi, dan bendungan milik masyarakat yang pernah hidup di sana tertutup oleh pasir, dan seluruh kota dan penduduknya terkubur hidup-hidup dalam pasir, setelah mereka dihancurkan, padang pasir berkembang di sana dan menutupinya tanpa meninggalkan jejak sedikit pun.

Sebagai akibat dapat dikatakan bahwa temuan sejarah dan arkeologi mengindikasikan bahwa kaum Ad dan kota Iram benar-benar pernah ada dan dihancurkan seperti disebutkan dalam Al Quran. Berdasarkan penelitian lebih lanjut, sisa-sisa dari kaum ini telah ditemukan kembali dari dalam gurun pasir.

Apa yang seharusnya dilakukan seseorang kala memperhatikan sisa-sisa yang terkubur di dalam pasir adalah mengambil peringatan sebagaimana ditegaskan dalam Al Quran. Al Quran menyatakan bahwa kaum Ad telah sesat karena kesombongan mereka. " Siapakah kekuatannya yang lebih besar dari kami?". Di akhir ayat, dikatak sebagai berikut. "Tidaklah mereka memperhatikan bahwa sesungguhnya Allah yang menciptakan mereka, Dia lebh hebat kekuatan-Nya dari mereka?" (QS Al Fussilat, 41:15).