Generasi Terdahulu

Generasi NikeKuko

Rislah yang ditujukan Allah SWT kepada manusia melalui Rasul-rasul-Nya telah sampai kepada kita sejak penciptaan manusia. Sebagian kaum menerima risalah ini dan sebagian mengingkarinya. Seringkali, dari suatu kaum yang menerima risalah tersebut, hanya sekelompok kecil mengikuti sang rasul.

Sebagian besar dari masyarakat yang telah didatangi risalah tersebut menolaknya. Mereka tidak hanya mengabaikan risalah yang disampaikan oleh sang rasul, tetapi juga berusaha melakukan perbuatan keji terhadap Rasul tersebut dan para pengikutnya.

Para utusan Allah SWT tersebut biasanya dituduh sebagai "Pembohong, tukang sihir, gila, dan sombong", dan pemipin-pemimpin dari banyak kaum berusaha membunuh mereka.

yang diinginkan oleh para nabi dari kaumnya hanyalah kepatuhan mereka kepada Allah SWT. Mereka tidak meminta balasan uang atau pun keuntungan dunia, tidak juga memaksa. Mereka hanya ingin mengajak kaum mereka kepada agama yang hak dan hendak memulai jalan hidup berbeda bersama para pengikutnya, terpisah dari kaum tersebut.

Apa yang telah terjadi antara Syu'aib dan penduduk Madyan tempat beliau diutus menggambarkan hubungan itu. Reaksi mereka terhadap Nabi Syu'aib yang menyeru agar mereka beriman kepada Allah SWT dan menghentikan semua kecuruangan yang mereka lakukan serta bagaimana akhir semua itu sangatlah menarik. (QS Hud, 11:84-95).

Karena merencanakan untuk "merajam Syu'aib" yang hanya menyeru mereka kepada kebaikan, penduduk Madyan dihukum oleh kemurkaan Allah SWT dan mereka pun dibinasakan, sebagaimana disebutkan dalam ayat-ayat di atas.

Penduduk Madyan bukanlah satu-satunya contoh. sebaliknya, sebagaimana diutarakan Syu'aib ketika berbicara kepada kaumnya, banyak masyarakat sebelum mereka telah dibinasakan. Setelah Madyan, banyak masyarakat lain juga dihancurkan oleh kemurkaan Allah SWT.