Hari Akhir

hari kiamat


Hari Akhir mungkin bukanlah istilah yang akrab bagi kebanyakan orang. Oleh karena itu, pertama-tama penulis akan memberikan penjelasan singkat atas masalah ini. Hari Akhir berarti "Masa Terakhir".

Menurut kitab-kitab Islam, hal ini berarti sebuah periode waktu yang dekat dengan hari Kiamat.

Berbagai tanda-tanda di dalam Al Quran dan tambahan penjelasan tentang hari Akhir dalam kitab hadists memungkinkan kita sampai pada sebuah simpulan yang sangat penting. 

Ayat-ayat Al Quran dan berbagai Hadits mengungkapkan adanya dua tahap hari Akhir. Tahap pertama adalah sebuah periode ketika seluruh manusia mengalami berbagai masalah materi dan spiritual. Setelah itu, Bumi akan memasuki periode keselamatan yang disebut"Masa Keemasan" yang ditandai dengan kehidupan yang penuh rahmat dan berkah dengan tegaknya agama yang benar. Menjelang Akhir masa keemasan, akan ada keruntuhan sosial dalam waktu singkat. Inilah saatnya manusia menunggu hari kiamat.

Dari telaah ayat-ayat Al Quran dan hadits, menjelaskan bahwa tanda-tanda hari akhir tersebut saat ini telah mulai terlihat satu persatu, tepat seperti yang dijelaskan dalam berbagai rujukan tersebut.

Munculnya tanda-tanda yang diberitakan empat belas abad yang lalu adalah kejadian besar yang meningkatkan iman dan ketaatan orang-orang beriman kepada Allah SWT. tanda-tanda ini adalah kabar gembira bagi hamba-hamba Allah (lihat QS An-Naml, 27:93).

Dan tidak diragukan lagi bahwa hari akhir itu sudah dekat seperti di dalam surah Al-Hajj, 22:7.

Banyak orang yang beranggapan bahwa pesan Al Quran tentang hari Akhir difirmankan lebih dari 1.400 tahun lalu, dan masa itu sudah lama, jika dibandingkan panjang usia seseorang manusia. Padahal, di sini tersirat persoalan akhir dunia ini, matahari dan bintang-bintang, singkatnya, alam semesta. Ketika kita menganggap bahwa alam semesta berusia miliaran tahun, empat belas abad adalah suatu jangka watu yang sangat pendek.