7 Fakta Tentang Putri Duyung

Manusia separoh ikan,. kita mungkin bisa menebak dengan cepat "itu adalah ikan duyung", meskipun anggapan demikian tidak sepenuhnya benar, akan tetapi kenapa kita berfikir seperti itu, ada berapa fakta yang menguatkan pemikiran kita tentang mitos tersebut.

Manusia penghuni bumi ini pastilah tidak asing lagi dengan sebutan "Putri Duyung", mahluk mitologi yang sangat dikenal dengan berbadan wanita yang sangat cantik sedangkan dari pinggang ke bawah mirip ikan, dan beragam versi berbeda dari setiap negara mendeskripsikan tentang baik atau jahatnya karakter mahluk ini.

Namun sampai saat ini belum adanya bukti kuat tentang keberadaan mahluk mitologi ini, meskipun ada manusia yang mengaku pernah bertemu dengan putri duyung, meskipun nyata atau tidaknya mahluk ini, ada beberapa fakta "Putri Duyung" yang menarik untuk kita ketahuai.

Asal- usul Legenda Putri Duyung

putri duyung


Menurut wikipedia, pertama kali legenda putri duyung muncul dari kawasan Syria kuno, yang diceritakan kisah seorang Dewi yang bernama Atargatis yang merasa berdosa karena telah membunuh kekasihnya yang berasal dari kalangan manusia, atas kejadian ini sang Dewi terjun ke dalam danau dan berubah menjadi ikan, namun hanya tubuh bagian pinggang sampai ujung kakinya saja, sementara itu tubuh bagian atas masih berwujud manusia.

Dianggap Sebagai Nenek Moyang Manusia

Ada kebudayaan yang menganggap bahwa asal-usul manusia dari mahluk mitologi ini yaitu suku Mangaia yang berada di kepulauan selatan samudra pasifik, beraggapan bahwa manusia dan dewa berasal dari keturunan Vatea, Vatea dalam gambaran penduduk setempat berwujud manusia setengah ikan, namun perbedaannya tubuh Vatea yang berwujud ikan hanya bagaian tubuh kirinya saja.

Batu Aquamarine terbentuk dari air mata putri duyung

Perhiasan yang terbuat dari batu Aguamarine sekarang sangat diminati oleh kolektor gemstone, aquamarine dengan warna biru muda yang cantik menjadi batu favorit di pasaran, ada mitos yang beredar menyebutkan bahwa batu ini terbentuk dari air mata putri duyung.

gemstone



Cerita Di Eropa, Putri Duyung Sosok Mahluk Jahat

Benua Eropa juga memiliki cerita mengenai mahluk mitologi ini namun bedanya putri duyung merupakan mahluk yang sangat mengerikan untuk dijumpai oleh para pelaut dan nelayan, Siren (sebutan untuk putri duyung) memiliki suara yang sangat merdu dan dapat menghipnotis para pelaut dan nelayan, pelaut dan nelayan yang telah berada dalam pengaruhnya akan mengarahkan kapal dan perahu mereka ke batu karang hingga tenggelam, terkadang Siren juga datang menghampiri pelaut dan nelayan, dengan kecantikannya Siren akan merayu agar pelaut dan nelayan tersebut untuk tinggal bersama dengannya dengan cara masuk kedalam air dan mati tenggelam.

penampakan putri duyung



Penampakan Putri Duyung Banyak Beredar

Penampakan mahluk mitologi ini banyak beredar di internet baik itu berupa video, foto atau cerita dengan kesaksian, membuat sebagaian masyarakat percaya dengan adanya mahluk mitologi ini, akan tetapi hampir seluruh dari bukti penampakan tersebut bisa dipastikan hanyalah Hoax semata.

Nama di Berbagai Negara

Cerita putri duyung sangat digemari oleh anak-anak karena kecantikan dan pertualangan yang seru selalu dikemas dalam setiap cerita putri duyung, hampir setiap kebudayaan memiliki cerita dan versi yang berbeda dan sebutannya juga berbeda, seperti di Eropa sebutan untuk mahluk ini adalah Siren atau Melusine, sedangkan di Jepang putri duyung lebih dikenal dengan Ningyo, kawasan Afrika mahluk ini disebut Mami Wata, dan di Rusia lebih dikenal dengan sebutan Russalki atau Rusalka, dan masih banyak lagi cerita dan nama putri duyung di sebut dengan sebutan kebudayaan mereka sendiri.

Dugaan Sapi Laut

Populernya cerita putri duyung ini beriringan dengan masa keemasan pertualangan para pelaut di zaman dahulu karena laut adalah jalur transportasi waktu itu, pada abad pertengahan banyak dugaan kemungkinan besar putri duyung yang dimaksud oleh pelaut zaman dahulu adalah sapi laut, di tambah dengan cerita para pelaut menyaksikan  putri duyung ini kebanyakan di waktu malam hari yang hanya diterangi oleh sinar rembulan, sapi laut ini adalah mahluk sirenia terbesar yang sudah punah saat ini yang pernah ditemukan di kawasan laut Bering yang menjadi pemisah antara batas samudera Arktik.

sapi laut

Percaya atau tidaknya kita dengan cerita mahluk mitologi ini, namun tak bisa kita pungkiri dengan cerita putri duyung sangat populer dari masa kemasa.

Terima Kasih semoga bermanfaat.,.wasallam




putri duyung