5 Menu Sahur yang Bikin Mudah Lemas dan Lesu

menu sahur yang bikin mudah lemas



Nikekuko - Memilih hidangan untuk makan sahur ternyata susah-susah gampang. Sahur adalah konci kondisi bugar dan kesehatan tubuh sepanjang hari saat puasa. Makanya, jangan asal mengkonsumsi sembarangan makan saat sahur. Sebab kalau salah pilih menu, dapat memberikan efek mudah lelah, lapar dan lemas sepanjang hari.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang jika di konsumsi saat makan sahur, akan memberikan efek yang kurang baik. Hal ini di sebabkan karena kandungan  nutrisi didalamnya, juga zat kurang sehat yang masuk di dalam pencernaan saat dini hari.

1. Gula atau makanan manis

Staying Healthy melansir, makanan manis atau mengandung kadar gula yang terlalu tinggi mungkin tampaknya baik. Namun sejatinya gula hanya membuat pencernaan dan organ tubuh lain bekerja terlalu keras sehingga energi malah terkuras.

Efek samping dari hal itu,  kamu mudah kelelahan, dan makin lemas saat berpuasa.

Contoh makanan manis yang umum dikonsumsi saat sahur adalah minuman kalengan, sirup, teh manis, kopi manis , dan minuman soda juga aneka kue juga jajanan.


2. Gorengan

Gorengan adalah makanan yang sering dijadikan menu sahur. Faktanya makanan tersebut kurang baik bagi kebugaran tubuh saat puasa. Terdapat kandungan lemak tak jenuh yang sulit dicerna. Untuk mencernanya maka tubuh akan membutuhkan banyak energi, sehingga jadi lemas dan lelah.

Tak hanya itu, gorengan membuat rasa kantuk  mudah datang karena berkurangnya aliran darah pada anggota tubuh.


3. Daging

Makan daging juga tak dianjurkan saat sahur sebab organ pencernaan butuh waktu lama untuk mencerna. Akibatnya energi tubuh terkuras dan tubuh mudah  lemas serta lelah.

4. Kopi 

Minuman dengan kandungan kafein ini sebaiknya di hidari saat sahur. Kafein membuat tubuh  bekerja memberikan energi lebih, namun selanjutnya menurun dratis saat kandungan kafein dalam darah menurun.

Tak hanya itu, kopi juga membuat kerja organ  jadi terpacu lebih cepat, termasuk memicu kerja kandungan kemih. Alhasil Anda jadi lebih mudah haus dan buang air kecil. Tubuh berisiko alami dehidrasi saat puasa.


5. Tidak mengandung zat besi

Makanan yang rendah zat besi membuat mu mudah lelah, lemas dan ngantuk . Karenanya dianjurkan untuk banyak makan makanan yang bergizi seperti bayam dan kacang-kacangan yang kaya zat besi.

Nah... Anda sering kelelahan dan lemas saat berpuasa? Coba ingat-ingat menu sahur apa yang dikonsumsi sebelumnya ya !!