Manfaat Menanam Lidah Mertua di Rumah, Tak Hanya Mempercantik Ruangan

 Nikekuko - Lidah mertua merupakan satu di antara tanaman hias yang kerap dijumpai di rumah. Tanaman ini memiliki nama ilmiah Sansevieria.

Manfaat Menanam Lidah Mertua di Rumah, Tak Hanya Mempercantik Ruangan

 

Lidah mertua banyak ditemukan di benua Asia dan Afrika, itulah mengapa, sangat mudah ditemukan tanaman ini di Indonesia.

Lidah mertua memiliki daun keras, sekulen, tegak, dengan ujung meruncing. Bentuknya yang estetik membuatnya cocok ditempatkan di berbagai sudut rumah.

Selain mempercantik ruangan, tanaman lidah mertua memiliki manfaat lain bagi penghuni rumah. Tanaman ini mampu meringankan Sick Building Syndrome (SBS) dengan memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruangan yang buruk.

Tak hanya itu, masih ada beberapa manfaat lain dengan meletakkan atau menanam lidah mertua di rumah.

Berikut manfaat menanam lidah mertua di rumah.

 

1. Pengharum Ruang

Lidah mertua bisa di manfaatkan untuk mengharumkan ruangan secara alami. Manfaat ini dipengaruhi oleh aroma khasnya. Aroma lidah mertua sangat menyejukkan dan membuat tenang.

Tanaman ini cocok diletakkan di beberapa sudut ruangan. Ruang tamu, dapur, keluarga dan sebagainya. Ruang yang direkomendasikan diberi lidah mertua adalah ruang yang kerap mengeluarkan bau tidak sedap.

 

2. Aromaterapi

Bau lidah mertua yang menyegarkan dan sehat membuatnya baik dijadikan aromaterapi. Manfaat menanam lidah mertua yang satu ini tidak hanya berdampak pada lingkungan, melainkan berdampak pula bagi psikologi penanamnya.

Lidah mertua dikenal sebagai tanaman yang berbunga yang bisa mekar setiap sore hari. Aroma bunga dari lidah mertua inilah yang menjadikannya begitu menenangkan. Ampuh mengurangi dan meredakan stres.

 

3. Menyerap Radiasi

Tanaman lidah mertua diyakini bisa menyerap radiasi yang dipancarkan barang elektronik di dalam rumah. Mulai perangkat telpon seluler, televisi, komputer, dan lainnya.

Untuk bisa mendapatkan manfaat menanam lidah mertua di sudut-sudut ruang yang berdekatan dengan barang elektronik.

Jika perlu, lakukan perencanaan khusus untuk dekorasi ruang dengan memadukan lidah mertua. Seimbangkan posisi barang lidah mertua dekat elektronik dan cahaya matahari yang mencukupi.

 

4. Mengatasi Sick Building Syndrome

Menanam lidah mertua bisa membantu meringankan Sick Building Syndrome (SBS). Sick Building Syndrome merupakan masalah psikologis yang membuat seseorang kerap merasakan sakit kepala, iritasi mata, hidung, tenggorokan, rasa lelah, dan mual.

Tanaman lidah mertua akan memperbaiki sistem pemanasan, ventilasi, dan pendingin ruang yang buruk. Meminimalkan keberadaan karbon dan memaksimalkan asupan oksigen dalam ruang.

Untuk bisa merasakan manfaatnya dengan maksimal, pastikan teknik penanaman dan perawatan lidah mertua dilakukan dengan benar.

 

5. Pemasok Oksigen

Tanaman lidah mertua disebut menjadi pemasok Oksigen yang baik. Manfaat lidah mertua termasuk tanaman yang bisa memberi oksigen lebih banyak dibandingkan dengan tanaman hias lain.

Tak heran kondisi ruang yang diberi lidah mertua akan lebih lembab, nyaman, dan sehat bagi manusia. Hal ini pun akan membuat risiko alergi  udara bisa diminimalkan dengan lebih efektif.

 

6. Membersihkan Polusi

Kemampuan tanaman lidah mertua menyerap dan membersihkan Polusi tidak bisa diragukan lagi. Manfaat ini dipengaruhi kemampuan lidah mertua yang bisa memaksimalkan diri menyerap karbondioksida dan zat-zat beracun.

 

7. Menyerap Racun

Lidah mertua adalah satu diantara tanaman yang bisa menyerap racun.

Racun-racun ini meliputi formaldehid, benzana, dan trikhloroetana. Tak heran, banyak orang memulai menanam dan mengandalkan tanaman lidah mertua bisa menyerap karbondioksida dan melepas oksigen maksimal pada malam harinya. Manfaat ini berasal dari Crassulacean Acid Metabolism (CAM).

CSM mampu berfotosintensis khusus. Membuka stomata pada malam hari dan meminimalkan kehilangan air saat iklim panas. Tanaman yang bisa melakukan ini, kebanyakan tanaman yang toleran terhadap masalah kekeringan dan tanaman sekulen.

Jangan asal menanam lidah mertua. Pastikan untuk meletakan lidah mertua didekat area yang terkena cahaya. Kemudian rutin memberinya air ketika tanaman sudah mulai kering.