Waspada Phising, Modus Cara Melihat Siapa Saja yang Intip Profil Facebook

phising


Nikekuko - Sebuah unggahan informasi mengenai cara melihat siapa saja yang mengintip profil Facebook  kita beredar luas di media sosial Facebook. Informasi tersebut, berdasarkan pantauan diunggah oleh sejumlah akun dengan narasi yang berbeda-beda namun dengan inti pesan yang kurang  lebih lama. Pesan tersebut menjelaskan cara mengetahui siapa saja yang melihat profil Facebook kita yakini dengan cara melakukan klik pada sebuah tautan tertentu . Informasi  mengenai hal tersebut salah satunya dibagikan oleh akun Facebook D'jeff dunham's Live.


Penjelasan ahli Menanggapi hal itu, ahli IT sekaligus dosen Ilmu Komputer Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta Rosihan Ari Yuana mengingatkan kepada masyarakat agar berhati-hati dan tidak mempercayai begitu saja dengan sejumlah unggahan informasi yang beredar di media sosial.


Phising merupakan salah satu penipuan melalui internet untuk mencuri data-data  pribadi.

Situs-situs palsu Phising biasanya dilakukan dengan mengirim umpan email yang akan mengarahkan penerimanya ke situs-situs palsu yang sangat mirip dengan situs aslinya.  Situs-situs tersebut akan meminta pengunjungnya untuk memasukkan  data-data pribadi, seperti nomor kartu kredit, nomor rekening, password, tanggal lahir, atau nama ibu kandung.


Data-data yang dicuri pelaku Phising itulah yang akan digunakan untuk menguras  rekening korban atau melakukan tindakan penipuan.


Phising sendiri berasal dari kata fishing atau memancing. Phising  biasanya menggiring seseorang dari email untuk masuk kedalam situs internet. Oleh karena itu, email Phising selalu meminta pengguna untuk meng-klik sebuah link yang akan membawanya ke sebuah situs untuk memasukkan data pribadi.


Sementara itu, Rosihan menambahkan jika link  dalam pesan tersebut di-klik, maka akan muncul tampilan mirip loging Facebook. Namun jika di cermati link URL tersebut bukan berasal dari Facebook resmi yang rentan membuat seseorang terkecoh. "Begitu kita masukkan akun Facebook (FB) kita, bisa jadi akun kita disimpannya untuk membajak akun FB,"  ujarnya.


Keaslian link URL Rosihana mengingatkan agar setiap kali masyarakat akan melakukan login ke suatu website, maka harus selalu memastikan keaslian link URL-nya. Terkait dengan informasi adanya cara mengetahui siapa saja yang bisa melihat profil Facebook seseorang , Rosi mengingatkan bahwa informasi tersebut adalah palsu. "Jika ada yang mengatakan ada cara untuk melihat siapa saja yang telah melihat profil kita, maka itu adalah fake atau palsu," katanya.


Rossi mengatakan hal tersebut menunjukkan pernyataan resmi Facebook di halaman resminya. Dalam  laman resmi Facebook, mereka menjawab pertanyaan mengenai  " bisakah saya mengetahui siapa yang melihat profil Facebook saya?" 


"Tidak Facebook tidak mengizinkan orang melacak siapa yang telah melihat profil mereka. Aplikasi pihak ketiga juga tidak bisa menyediakan fungsi ini.' ujar Facebook. 


Dalam laman tersebut Facebook juga mengingatkan agar siapapun yang menemukan aplikasi yang mengklaim bisa melakukannya untuk melaporkan aplikasi tersebut ke Facebook.