Mengenal Suku Bangsa Baduy di Pulau Jawa, Indonesia

Mengenal Suku Bangsa Baduy di Pulau Jawa, Indonesia

Nikekuko - Suku Baduy terkenal mengisolasikan diri dari dunia. Salah satu cerita suku ini tak pernah dijajah.


Jauh di dalam pelosok perbukitan Desa Kanekes, Leuwidamar, Lebak, Banten, Suku Baduy dalam berdiam harmonisnya hubungan antara manusia dan alam. Sepuluh kilo meter berjalan mendaki dan menuruni bukit yaitu askes yang harus mereka tempuh untuk pulang ke rumah minimal melihat keramaian di Desa Cibolegar. Seperti kita tahu, Suku Baduy sendiri dibagi menjadi dua, yaitu
 

Baduy Luar  dan Baduy Dalam. Berbeda dengan Orang Baduy Luar yang sudah boleh menikmati kemoderenan dalam batas tertentu, Orang Baduy dalam dikenal sebagai suku yang menolak moderenisasi. Listrik, segala jenis sabun, alat telekomunikasi hingga alat transpotasi yaitu hal-hal yang pantang hadir di desa mereka. Mengenal Suku Pedalaman Baduy.

 

Cerita Suku Baduy

Indonesia merupakan negara yang mempunyai bermacam ragam adat budaya, dan bahasa, serta bermacam suku.


Negeri kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke.
Meski sebagian besar sudah tersentu teknologi, namun beberapa di antaranya masih bertahan dengan
 

Sederhana dan secukupnya sesuai aturan adat adalah prinsip hidup utama yang selalu dijunjung tinggi. Tak heran ketika kita memasuki salah stu desa di Baduy Dalam, kehidupan seperti dikembalikan kemasa kerajaan, persis seperti yang ada di Filem dan Sinetron di tv.


Kebudayaan leluhur dijaga dengan ketaat oleh masyarakat Baduy yaitu kebudayaan asli tanpa intervensi pihak mana pun. Salah satu hal yang membuktikannya yaitu sistem kepercayaannya yang mereka anut, yakini Sunda Wiwitan. Meskipun tak banyak yang paham mengenai sistem kepercayaan ini, paling tidak keberadaannya di akui oleh pemerintah. 

 

Hal ini Masyrakat Baduy diberi hak istimew untuk mengosongkan kolom agama di KTP/Kartu Tanda Penduduk.mereka.


Pada tahun 1998 suku Baduy mulai membuka diri terhadap orang dari luar Baduy. Pengunjung-pengunjungpun mulai berdatangan. Bahkan saat ini banyak sekali pihak yang membuka jasa wisata untuk mengunjungi mereka. Baduy Dalam yaitu tempat yang sangat layak untuk dikunjungi, terutama ketika kita ingin melihat kebudayaan yang benar-benar asli dari salah satu di Indonesia.

 

Namun, kita tidak akan bisa menikmati keindahan dan kesahajaan mereka tanpa datang langsung kesana. Jika penasaran, sekarang ini banyak sekali penyedia jasa wisata yang membuka trip mengunjungi masyarakat Baduy Dalam.


Tapi untuk kesana, siapkan fisik yang betul-betul sehat dan energi yang kuat. Jangan lupa mematuhi aturan yang ada disana.