Dampak Suntik Vitamin C

 

Dampak Suntik Vitamin C

Nikekuko - Asam ascorbat atau kita sering sebut Vitamin C adalah salah satu jenis  nutrisi/vitamin yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit.


Penjelasan Asam ascorbat/ Vitamin C


Asam ascorbat/Vitamin C adalah salah satu jenis nutrisi  yang larut dalam air dan memiliki peranan penting dalam menangkal berbagai penyakit. Nutrisi  ini juga dikenal dengan nama kimia dari bentuk utamanya yaitu asam askorbat. Asam ascorbat/Vitamin C termasuk golongan nutrisi antioksidan yang mampu menangkal berbagai radikal bebas ekstraselular.
 

Kurang lebih  mempunyai sifat antara lain sangat mudah teroksidasi oleh panas, cahaya, dan logam. Walaupun jeruk dikenal sebagai buah penghasil vitamin C terbanyak, sebenarnya salah besar, karena lemon memiliki kandungan vitamin C lebih banyak 47&% daripada jeruk.

Asam ascorbat/Vitamin C berhasil diisolasi untuk pertama kalinya pada tahun 1928 dan pada tahun 1932 ditemukan bahwa nutrisi  ini merupakan agen yang dapat mencegah sariawan.  Pada penelitih Albert Szent-Györgyi menerima penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1937 untuk penemuan ini.
 

Semasa ini vitamin C atau asam askorbat dikenal perananny dalam menjaga dan memperkuat imunitas terhadap infeksi. Dengan beberapa penelitian lanjutan ternyata vitamin C juga telah terbukti berperan penting dalam meningkatkan kerja otak.

Pada peneliti di Texas Woman’s University menemukan bahwa murid SMTP yang tingkat vitamin C-nya dalam darah lebih tinggi ternyata menghasilkan tes IQ lebih baik daripada yang jumlah vitamin C-nya lebih rendah.

 

Menginjeksi Vitamin C


Menginjeksi vitamin C merupakan salah satu trend dari kecantikan yang sedang berkembang pesat pada saat ini. Dan  melakukan injeksi Vitamin C tingkat kecantikan yang akan diinginkan bagi wanita menjadi lebih mudah untuk didapatkan.

Kondisi ini disebabkan karena pada Vitamin C memiliki beberapa kandungan fungsi. Adapun Fungsi-fungsi tersebut yaitu :

  •  Fungsi kekebalan dan Penyembuhan

   

  •  Fungsi metabolism lemak, penetralisir racun dan elergi

   

  •  Fungsi endokrin sekaligus sebagai anti oksidan

 

Khasiaat  injeksi Vitamin C


Disetarakan dengan mengkonsumsi makanan atau buah-buahan yang mengandung Vitamin C, melakukan suntik Vitamin C ( Injection Vitamin C ) akan mempercepat proses masuknya Vitamin C kedalam tubuh.

Injeksi tersebut menjadi metode yang simple mengingat jika Vitamin C ini telah injeksikan  maka nutrisinya  akan dapat langsung menyebar masuk ke pembuluh darah. Melewati  penyebaran ini maka Vitamin dapat dengan mudah diserap oleh tubuh.

 

Kerja  vitamin C Dalam Tubuh


Asam ascorbat/Vitamin C diperlukan untuk menjaga struktur kolagen, yaitu sejenis protein yang menghubungkan semua jaringan serabut, kulit, urat, tulang rawan, dan jaringan lain di tubuh manusia. Zat  kolagen yang baik dapat menyembuhkan patah tulang, memar, pendarahan kecil, dan luka ringan.

Asam ascorbat/Vitamin C juga berperan penting dalam membantu penyerapan zat besi dan mempertajam kesadaran. Seperti antioksidan, vitamin c mampu menetralkan radikal bebas di seluruh tubuh. Melewati pengaruh pencahar, vitamini ini juga dapat meningkatkan pembuangan feses atau kotoran.

Asam ascorbat/Vitamin C juga mampu menangkal nitrit penyebab kanker. Penelitian di Institut Teknologi Massachusetts menemukan, pembentukan nitrosamin (hasil akhir pencernaan bahan makanan yang mengandung nitrit) dalam tubuh sejumlah mahasiswa yang diberi vitamin C berkurang sampai 81%.

Peritiwa terjadinya Hipoaskorbemia (defisiensi asam askorbat) bisa berakibat keadaan pecah-pecah di lidah scorbut, baik di mulut maupun perut, kulit kasar, gusi tidak sehat sehingga gigi mudah goyah dan lepas, perdarahan di bawah kulit (sekitar mata dan gusi), cepat lelah, otot lemah dan depresi. Di samping itu, asam askorbat juga berkorelasi dengan masalah kesehatan lain, seperti kolestrol tinggi, sakit jantung, artritis (radang sendi), dan pilek.

 

Pemakaian Vitamin C 

 

Tingkat daya kebutuhan vitamin C memang berbeda-beda bagi setiap orang, tergantung pada kebiasaan hidup masing-masing. Untuk remaja, kebiasaan yang berpengaruh di antaranya adalah merokok, minum kopi, atau minuman beralkohol, konsumsi obat tertentu seperti obat antikejang, antibiotik tetrasiklin, antiartritis, obat tidur, dan kontrasepsi oral.


Gaya hidup merokok menghilangkan 25% vitamin C dalam darah. Selain nikotin senyawa lain yang berdampak sama buruknya adalah kafein. Melainkan itu stres, demam, infeksi, dan berolahraga juga meningkatkan kebutuhan vitamin C.


Memenuhi kebutuhan vitamin C bisa diperoleh dengan mengonsumsi beraneka buah dan sayur seperti jeruk, tomat, arbei, stroberi, asparagus, kol, susu, mentega, kentang, ikan, dan hati.


 Metode Pemberian Vitamin C

 

Beraneka macam cara pemberian vitamin C adalah dengan mengkonsumsi secara oral (tablet, sirup, effervescent) dan secara suntikan (intravena dan intramuskular).
 

Keistimewaan untuk kulit, vitamin C yang disuntikkan hasilnya jauh lebih nyata dibanding yang dikonsumsi secara oral. Oleh sebab, saat ini suntik vitamin C makin banyak dilirik oleh para wanita yang menginginkan kulit terlihat lebih cerah dan kenyal. Justru terapi ini juga bisa membantu penyembuhan penyakit.

Dua metode/ cara menyuntik yang kerap dilakukan yaitu dengan intravena dan intramuskular. Bagi suntik vitamin C, cara yang lebih efektif dan aman adalah intravena. Hanya injeksi melalui pembuluh darah (intravena) tidak terlalu menyakitkan dibandingkan penyuntikan ke otot (intramuskular).
 

Penginjeksian ke pembuluh darah dilakukan dilekukan siku bagian dalam seperti ketika melakukan pengambilan darah untuk tes laboratorium atau donor darah. Begitu beragam kelebihan dari suntik vitamin C ini dibanding konsumsi oral. Dengan logis saja bisa diketahui bahwa kelebihannya dengan disuntikkan penyerapan vitamin C lebih baik karena langsung mengikuti peredaran darah.



Sementara itu vitamin C bentuk suplemen harus melewati saluran pencernaan dulu baru bisa diedarkan ke darah.Selain itu, faktor makanan juga mempengaruhi penyerapan di lambung. Kapasitas penyuntikan tergantung dari tujuan serta kondisi saat itu, biasanya dosis yang diberikan 1-4 gr persuntik. Bahkan penyuntikan rutin dilakukan seminggu sekali atau dua kali. Sesudah 8-10 kali penyuntikan, biasanya manfaaatnya sudah dapat dirasakan.

 

Dampak Dari Suntik Vitamin C

 

Dampak Effect pasti akan selalu dihasilkan dari sesuatu yang instan. Seperti itu juga akibat fatal hingga kematian juga dapat ditimbulkan dari suntik Vitamin C, efek samping ini dapat terjadi karena tubuh mengalami efek kejut akibat Vitamin C yang telah disuntikan ke dalam pembuluh darah.
 

Reaksi kejut ini memberikan efek berlebih pada tubuh sehingga dapat menyebabkan kemarian.Masalah lain yang membuat suntik Vitamin C menjadi bahaya ialah adanya malpraktek dari pihak-pihak yang menginginkan keuntungan yang berlimpah. Biaya murah dengan janji cantik seketika menjadi faktor utama yang membuat wanita menjadi tergiur tanpa memikirkan akibat yang munkin akan ditimbulkan.
 

Dengan biaya melakukan suntik Vitamin C bervariasi, tergantung dimana anda akan melakukannya. Kalau di tempat itu berupa kkinik abal-abal atau klinik yang tidak memiliki sertifikasi maka harga yang ditawarkan pun dapat dipastikan sangat murah.

Tetapi resiko yang akan diakibatkan juga sangat besar. Begitu juga jika klinik yang anda kunjungi itu terkemuka dan memiliki sertifikasi maka biaya yang tidak sedikit sudah pasti harus anda keluarkan.
 

Prihal positif yang bisa didapat yaitu tingkat resiko dapat di minimalisir. Pola hidup sehat memakan dan buah-buahan yang banyak mengandung Vitamin C ialah cara yang paling aman untuk menjaga kesehatan badan. Berkeinginan cantik dengan harga murah namun resiko tinggi atau sedikit resiko tapi harga mahal. Segalanya kembali kepada pilihan anda.