Mengenal Suku Bangsa Singkil di Pulau Sumatera Indonesia

Nikekuko - Suku singkil yaitu suku bangsa yang terdapat di Kabupaten Aceh  Singkil, Aceh Tenggara dan kota Subulussalam yang terletak di provisi Aceh.

Mengenal Suku Bangsa Singkil di Pulau Sumatera Indonesia

 

Budaya

 
Suku Singkil mempunyai budaya sendiri yang banyak dipengaruhi oleh tradisi ke Islaman Walaupun,serumpun, etnis ini memiliki adat dan budaya yang jauh berbeda dengan suku tetangga daerah terdekatnya Suku Pakpak yang mayoritasnya non-Islam, dikarenakan suku Singkil lebih mayoritas bercampur dengan suku-suku pendatang, seperti suku Aceh dan Minang.


Seni dan Budaya Suku Singkil Antara lain

 

Mengenal Suku Bangsa Singkil di Pulau Sumatera Indonesia
kesenian Takhi Dampeng

 
-Tari Ala
-Kesenian  Takhi Dampeng
-Tari Lelambe
-Tari Payung
-Tari Piring
-Tari Harimau/Biahat
-Tari Sri Ndayang
-Tari Barat


 

Mengenal Suku Bangsa Singkil di Pulau Sumatera Indonesia
proses adat pemandian pengantin suku Singkil

Rumah Adat

Rumah adat Suku Singkil Sapo Belen Sinanggel

 

Sapo Belen Sinanggel dari bahasa kampung Sigkil salah satu suku di Aceh Singkil yang berarti rumaah besar tempat berkumpul untuk bermusyawarah. Rumah adat Sapo Belen Sinanggel adalah rumah adat pertama Kabupten Aceh Singkil, yang berfungsi untuk menjejakan profil budaya Aceh Singkil.

Marga

 
Begitu juga halnya suku-suku Batak lainnya, etnis inipun mengenal marga yang diturunkan dari garis patrinieal/ dari garis keturunan laki-laki atau ayah. Marga yang digunakan Suku Singkil relatif sama atau mirip dengan marga-marga ada disekitarnya secara umumseperti di suku Pakpak,Alas,Kluet dan sebagian Karo dan Toba. Tetapi, ada juga yang berbeda. Adapun marga-marganya yang terdapat dalam Suku Singkil adalah:


-Kombih/Kumbi
-Lingga
-Ujung
-Kembang
-Bako
-Sulin
-Kesugihen
-Manik
-Palis/Pelis
-Buluara
-Ramin dll

Ada juga beberapa marga Singkil yang berasal dari keturunan Minangkabau telah bercampur menjadi Suku Singkil sejak zaman dahulu
-melayu
-Goci

Makanan  Khas suku Singkil antara lain

 
-Gedah Sagu
-Lancang Kuning
-Santri Puja Sutra
-Lompang Sagu

proses pembuatan Gedah Sagu


Bahasa 

 
Bahasa Singkil yaiyu bahasa mayoritas yang digunaan di Kabupaten Aceh Singkil, Kota Subulussalam dan sebagian di Kabupaten Aceh Tenggara, bahasa ini hamoir mirip atau serumpun dengan bahasa Pakpak di provinsi Sumatera Utara. Tetapi bahasa Singkil mempunyai ciri khas sendiri seperti R ucapannya "Kh"
Misalkan
Indonesia : Rupa
Singkil: Khupa.


Agama

 
Suku Singkil beragama Islam dipercayai telah menyebar sejak beberapa abad yang lalu ditanah Singkil oleh para Sudagar pendatang dari Minangkabau.Lalu kemudian juga dari kekuasaan kerajaan Aceh yang pernah menguasainya selama beberapa abad. Suku Minang banyak meninggalkan jejak sejarah dan keturunannya didaerah pesisir. Suku Singkil pernah memiliki seorang ulama yang tersohor pada zaman dahulu yaitu Abdurrauf atau Syekh Abdur Rauf as-Singkili. Beliau pernah menjadi Ulama Besar dan mufti Kerajaan Aceh pada abad XVII.