Ketahui 5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

 

Ketahui  5 Penyebab Gagal Isi Token Listrik

Nikekuko - Mungkin  Anda sering kali mengalami gagal isi token listrik di meteranmu disaat kebutuhan mendesak karena token listrik hampir habis. Dan Anda  alami kendala yang lain untuk isi token listrik. Ayo !!! pahami  penyebabnya disini.

Pembangkit Listerik Negara atau dengan singkatan PLN memiliki 75,7 juta pelanggan dengan pelanggan jenis prabayar atau token sudah mencapai lebih dari 40 juta pelanggan. Lalu PLN berupaya merubah pelanggan pascabayar menjadi listrik prabayar.

Pada saat ini Teknologi kelistrikan berkembang semakin maju dengan penggunaan meteran jenis digital yang akurat. Serta teknologi yang lain adalah jenis listrik prabayar atau sering disebut token/pulsa listrik menjadi solusi yang tepat bagi PLN dan pelanggan PLN.

Hal ini memiliki beberapa keunggulan sistem listrik prabayar ini, salah satunya pelanggan bisa mengelola sendiri kebutuhan listrik mereka sesuai kebutuhan yang dibutuhkan sehingga dapat menjadi sarana penghematan dalam penggunaan energi listrik di rumah. Selanjutnya penggunaan token listrik bisa dikatakan lebih murah karena kontrol dari pengguna.

Pada pengguna listrik prabayar bisa membeli token listrik di outlet dimana-mana menyediakan dengan mudah dan cepat untuk menambahkan listrik dirumahnya supaya tidak sampai terjadi pemadaman karena kehabisan token listrik.

Juga hal ini mungkin suatu saat akan ada kendala- kendala secara teknis dilapangan ketika akan menambahkan Kwh listrik ke meteran. Lalu ada beberapa kendala teknis yang sering ditemui ketika melakukan pengisian token listrik ke dalam meteran beserta solusinya.


1. Server PLN error/rusak


Masing-masing meteran digital  PLN mempunyai ID unik dan nomor meter unik yang terhubung dengan server PLN. Kalau gagal isi token karena server error, kita hanya bisa menunggu saja sampai perbaikan dari PLN selesai dan server normal kembali. Lalu server normal baru kita masukkan kembali token listrik ke meteran yang ada dirumah.

Ingat jangan sampai salah ID meter, ID meter tiap pelanggan bersifat unik dan token yang sudah dibeli terhubung dengan ID meter, jika salah dalam order dan hal itu dinyatakan valid oleh server maka kemungkinan token tidak bisa masuk ke ID meter. Dan pastikan bahwa ketika membeli token sesuai dengan ID meter agar pengisian token PLN tidak gagal.


2. Meteran terblokir karena salah memasukkan kode token listrik


Tetap hati-hati ketika memasukkan kode token ke meteran setelah kamu membeli token karena bila salah hingga tiga kali, meteran kamu akan terblokir otomatis. Dan pastikan ketika memasukkan kode token harus benar. Telitih dengan baik kode token pada struk pembelian sebelum dimasukkan.

Jika meteran terblokir kamu harus segera hubungi Call 123 atau hubungi PLN terdekat untuk solusi perbaikan.


3. Meter prabayar bermasalah


Kerusakan pada meteran listrik prabayar bisa dideteksi dengan melihat layar dari meteran tersebut, jika muncul tulisan Blocked, gambar telapak tangan, tulisan Periksa, Cancel bahkan meter mati, maka sebaiknya kamu segera hubungi PLN 123 dan menjelaskan kondisi tersebut, karena jika tidak maka bisa dipastikan tidak akan pernah bisa mengisi token PLN.


4. Instalasi listrik yang buruk

 

Pada pemasangan instalasi listrik dapat menimbulkan masalah tersendiri, selain kegagalan dalam memasukkan kode token, hal ini bisa menimbulkan resiko yang membahayakan seperti korsleting listrik yang bisa mengakibatkan kebakaran.

Bila Anda mengalami hal ini maka sebaiknya segera menghubungi petugas PLN terdekat. Selanjutya lakukan perbaikan instalasi listrik dengan baik, seperti kabel yang digunakan, pemasangan grounding, menggunakan alat alat listrik yang berstandart SNI dan lain-lainnya.


5. KwH over limit


Rupanya isi token listrik ada batasannya selama satu bulan. Bila KwH yang dimasukkan melebihi batas maksimal dalam sebulan, maka token PLN akan gagal saat dimasukkan. Masalah ini diterapkan PLN supaya pengguna menggunakan listrik sesuai batasan yang ada. Melalui penggunaan sesuai batasan yang ada, pengguna bisa belajar hemat. Harus  tahu pula batas pembelian token listrik selama satu bulan. 


 Langkah-langkah yang harus Anda lakukan

  • Anda mengadap  alat meter, lalu tekan 00 + enter. Untuk tujuan untuk me-reset meter jika ada kesalahan pada input sebelumnya.
 
  • Selanjutnya tunggu beberapa saat agar meteran selesai proses resetnya.

 

  • Apa bila sudah selesai, silahkan input ulang nomor token PLN di meteran. Selanjutnya, biasanya token akan langsung masuk.
  • Kalau cara di atas tetap tidak bisa, segera hubungi petugas PLN karena kemungkinan alat meter kamu rusak.