Tips Memperoleh Sinyal Wi-Fi Terkencang Di Rumah

Tips Memperoleh Sinyal Wi-Fi Terkencang  Di Rumah

 

Nikekuko - Sinyal Wi-Fi di rumah Anda  lemah? Ada beberapa perangkat di rumah yang perlu Wi-Fi, kadang-kadang sulit untuk mengetahui cara terbaik untuk memperoleh koneksi internet. Namun berikut ini ada beberapa cara yang bisa kita coba untuk memperkuat sinyal Wi-Fi di rumah:


Pindah lokasi router

Jangan menaruh router di sebuah ruangan atau tempat tertutup lainnya. Dinding, pintu, lantai, kaca dan jendela mempengaruhi kekuatan sinyal router. Di sebabkan, lokasi router sangat penting.
 

Anda sebaiknya menaruh router di tengah rumah, sebab kebanyakan router akan mengirim sinyal ke segala arah sekaligus. Dari itu cobalah menaruh router di tempat yang tinggi. 

Pada alat Antena router bekerja seperti payung, menyediakan jangkauan sinyal untuk obyek di bawah. Akan halnya, lokasi yang tinggi dan berada di tengah seringkali menjadi lokasi terbaik di sebagian besar rumah. Apa bila tidak ada tempat yang tinggi di tengah rumah, cobalah tempat tinggi lainnya yang agak ke tengah.
 

Dari itu, pertimbangkan lokasi perangkat-perangkat yang butuh Wi-Fi di rumah.  Contohnya jika komputer atau ruang hiburan ada di pojok jauh dari tempat di tengah rumah, maka lebih baik kalian menggeser lokasi router.


Pastikan router bersih dari gangguan



Begitu banyak perangkat yang bisa menyebabkan gangguan pada router. Telepon tanpa kabel, microwave dan monitor bayi bisa mempengaruhi koneksi Wi-Fi. Solusi untuk mengatasi masalah ini, ubahlah channel yang digunakan oleh router kalian. Pelayanan jasa internet atau buku panduan router bisa menunjukkan caranya.

Gunakan Wi-Fi Repeater

Pada Wi-Fi repeater (atau booster / extender) adalah sebuah perangkat yang akan memperpanjang atau memperluas sinyal Wi-Fi di rumah. Ada beberapa perangkat repeater merupakan perangkat sederhana yang ditempelkan di dinding. Sedangkan perangkat lain memiliki bentuk yang lebih kompleks. Jadi dipastikan sekalipun Wi-Fi repeater akan memperluas sinyal router, semakin jauh dari router semakin lemah sinyalnya.

Upgrade router Anda


Apabila  router yang kalian gunakan merupakan model lama, kalian mungkin perlu mempertimbangkan untuk mengupgradenya. Teknologi kerap berubah dan kalian mungkin tidak sadar jika router Anda sudah ketinggalan zaman. Pada pilihan router mungkin tergantung dari penyedia layanan internet. Jangan sungkan untuk brertanyakan model router apa yang disediakan oleh penyedia layanan internet langganan Anda.

 

Memilih  jenis  router apa yang cocok


Ada  beberapa penyedia layanan internet mengizinkan pengguna membeli router sendiri dan beberapa mengharuskan kita memakai router yang mereka sediakan. Tentunya punya rekomendasi router model apa yang cocok untuk layanan mereka. Apabila Anda memakai router lama yang mereka sediakan, mungkin kalian bisa meminta upgrade gratis.