ANALISIS HUBUNGAN KONDISI GEOGRAFIS DAN SOSIAL BUDAYA VIETNAM DAN THAILAND KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 HAL 77, 78-79, 80

Pada pembahasan kali ini menjawab soal-soal dari buku tematik kelas 6 tema 8 subtema 2 pembelajaran 4 di halaman 77 78 79 80.

Dikutip dari Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 terbitan Kemendikbud Tema 8 kelas 6 membahas tentang Bumiku pada Subtema 2 ini memiliki judul Bumiku dan Musimnya.
 

Kunci Jawaban  Halaman 77

Vietnam

Keadaan Sosial Budaya

Orang Vietnam merupakan kelompok terbesar di negara Vietnam. Mereka disebut Viet atau Kinh. Mereka tinggal di tepi pantai. Orang Hoa (etnis Tionghoa) tinggal di dataran rendah. Pakaian tradisional wanita Vietnam disebut Ao Dai. Ao Dai dahulu dipakai oleh wanita dan pria. Sekarang kebanyakan dipakai oleh wanita.

Thailand dikenal sebagai Negeri Gajah Putih. Penduduknya adalah etnis Thai dan Lao. Sebagian besar penduduk Thailand memeluk agama Buddha Theravada. Ada juga pemeluk agama Islam, Kristen, dan Hindu. Bahasa Thailand merupakan bahasa nasionalnya.

Bahasa inggris diajarkan di sekolah. Olahraga tinju tradisional Thailand disebut Muay Thai. Thailand merupakan daerah tujuan wisata. Banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung. Mereka ingin mengunjungi objek wisata pantainya, misalnya Pantai Pattaya.

Kunci Jawaban Halaman 78


Bacalah kembali informasi tentang kadaan geografis negara Vietnam dan Thailand. Bersama dengan temanmu lakukan analisis sederhana tentang hubungan keadaan geografis negara-negara tersebut dengan keadaan sosial budayanya.

Jawaban:

ANALISIS HUBUNGAN KONDISI GEOGRAFIS DAN SOSIAL BUDAYA VIETNAM DAN THAILAND KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 HAL 77, 78-79, 80

Kunci Jawaban Halaman 79

Ayo Berlatih

Dari bacaan di atas, kesimpulan apa yang kamu dapatkan? Tuliskan secara ringkas kesimpulan yang kamu dapatkan dari bacaan. Sebelumnya, identifikasi terlebih dahulu informasi penting yang kamu dapatkan dari bacaan.

ANALISIS HUBUNGAN KONDISI GEOGRAFIS DAN SOSIAL BUDAYA VIETNAM DAN THAILAND KELAS 6 TEMA 8 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN 4 HAL 77, 78-79, 80
Ayo Mengamati

Undang Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan bahwa warga negara Indonesia berhak untuk mendapatkan penghidupan yang layak. Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut.

Pernyataan tersebut tercantum dalam Pasal 27 Ayat 2.

Pesan apa yang kamu dapatkan dari bunyi pasal di atas?

Jawaban: 

Ayat tersebut memuat pengakuan dan jaminan bagi semua orang untuk mendapatkan pekerjaan dan mencapai tingkat kehidupan yang layak bagi kemanusiaan.

Apakah menurutmu dalam pasal tersebut juga disinggung tentang tanggung jawab warga negara dalam mengusahakan kehidupan yang layak?

Jawaban: 

Dalam pasal tersebut disinggung tanggung jawab warga negara yaitu mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut

Kalimat yang manakah yang menyatakan hal tersebut?

Jawaban: 

Setiap warga negara berhak untuk hidup secara layak di Indonesia dan mengusahakan suatu usaha untuk mencapai tujuan tersebut

Amatilah lingkungan sekitarmu.

Identifikasi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak!

Jawaban: 

Kegiatan-kegiatan warga negara sebagai perwujudan tanggung jawabnya untuk mendapatkan kehidupan yang layak antara lain :

– Bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai bidang pekerjaannya
– Mengikuti diklat (pendidikan dan latihan) kerja untuk meningkatkan kemampuan profesinya

– Melamar kerja sesuai dengan latar belakang ilmu, pengalaman, dan keahlian.

– Menempuh jalur pendidikan dari SD sampai perguruan tinggi.

Apa yang akan terjadi apabila warga negara tersebut tidak melakukan tanggung jawabnya?

Jawaban: 

Jika warga negara tidak melakukan tanggung jawabnya maka ia tidak akan memperoleh penghidupan yang layak. – Setiap warga negara harus mengusahakan suatu usaha untuk mencapai penghidupan yang layak.
 

Kunci Jawaban Halaman 80

Ayo Renungkan

Menurutmu, apakah hal-hal yang kamu lakukan dan pelajari hari ini akan memberikan manfaat bagimu? Jelaskan dan berikan contohnya!

Jawaban :


Saya telah mempelajari ilmu kehidupan, bagaimana cara menjalani kedupan dengan baik, seperti bersabar atas segala sesuatu dan selalu bersyukur atas kehidupan kita ini. Pembelajaran kehidupan ini sangat memberi manfaat yang banyak kepada saya, saya bisa mengambil banyak ilmu dari kehidupan ini.

*) Disclaimer : Pembahasan dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya merupakan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah selama pandemi. Untuk jawaban yang tertera di atas bersifat terbuka, jawaban di atas tidak bersifat baku. Orang tua dan siswa bisa mengembangkan jawaban lain yang dirasa lebih relevan.***