Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 Jawaban Lengkap Tema 6

 

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 Jawaban Lengkap Tema 6

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 71 72 

 
Ayo Berlatih

Ingatkah kamu yang dimaksud masa pubertas? Tuliskan pengertianmu mengenai masa pubertas pada kolom berikut.
Jawaban :

Pubertas adalah tahap perkembangan dimana pada masa ini terjadi perkembangan organ reproduksi....

Ciri pubertas laki-laki adalah :

Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
Suara membesar
Tumbuh jakun
Tumbuh kumis, jambang, dan janggut
Ciri pubertas perempuan adalah :

Tumbuhnya rambut halus pada ketiak dan alat kelamin
Suara melengking
Payudara membesar
Pinggul membesar

 Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD  Halaman 74

Ayo Berkreasi

Carilah bacaan berisi ciri-ciri masa pubertas. Bacaan dapat kamu peroleh dari majalah maupun internet. Mintalah bantuan dan didampingi orang tua atau orang dewasa saat mencari bacaan melalui internet. Setelah memperoleh bacaan, tempelkan pada kolom berikut.
Bagaimana Cara Menjelaskan Masa Puber Pada Anak?

Sebagian besar orangtua mungkin sama, hampir selalu menganggap anaknya masih kecil sehingga mereka menganggap bahwa membicarakan masa pubertas, perubahan tubuh, serta seks adalah hal yang tabu dan terlalu dini untuk dimengerti anak. Padahal, pembicaraan terkait pubertas dibutuhkan si anak agar mereka tidak merasa ketakutan, bingung, atau tertekan ketika mengalami hal tersebut.
Atau mungkin anda menunggu kapan anak akan bertanya sendiri tentang perubahan yang terjadi pada tubuhnya. Tapi, pada banyak kasus, hal ini jarang terjadi. Anak-anak akan merasa sungkan untuk bertanya terkait perubahan pada dirinya yang mereka rasakan ketika pubertas. Apalagi, anak-anak juga tidak tahu apakah hal tersebut boleh ditanyakan apa tidak karena omongan tentang pubertas tergolong sensitif.

Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mempersiapkan anak memasuki masa pubertas? Bagaimana cara orangtua untuk memberitahu apa saja yang akan terjadi ketika anak mengalami pubertas dan apa dampaknya?

Kapan anda harus mulai membicarakan masa pubertas dengan anak?
Sebelumya, anda harus mengetahui masa pubertas yang normal yang terjadi pada anak perempuan dan laki-laki. Sebagian besar anak perempuan memulai masa pubertasnya ketika mereka berusia 8 hingga 13 tahun. Tetapi hal ini sangat bervariasi, tergantung dengan kondisi masing-masing anak, bisa saja mereka mengalami pubertas sebelum berusia 18 tahun atau bahkan setelah 13 tahun.

Sedangkan pada anak laki-laki, pubertas akan dialami saat mereka memasuki usia 10-16 tahun, lebih lambat dibandingkan dengan anak perempuan. Pada usia tersebut, anak-anak biasanya mulai mengalami perubahan-perubahan bentuk atau fungsi tubuh.

Karena itu, lebih baik jika anda sudah mulai membicarakan hal ini kepada anak anda sebelum ia benar-benar mengalami perubahan, sehingga mereka memiliki pengetahuan tentang apa itu masa pubertas dan apa saja yang akan terjadi saat itu

Bagaimana cara menjelaskan masa pubertas pada anak?

Beberapa hal yang dapat anda lakukan ketika mencoba menjelaskan tentang masa pubertas yang akan si anak alami yaitu :

Tahap Pertama :

jelaskan bahwa masa pubertas adalah masa yang akan terjadi pada semua anak. pada awalnya mungkin anak anda akan merasa bingung, malu, dan tidak ingin mendengar perkataan anda, tetapi hal ini memang normal terjadi. Apabila jika anak anda mengalami pubertas lebih dahulu atau malah belakangan dibandingkan teman-temannya. Oleh karena itu, jelaskan juga bahwa masa pubertas akan datang di waktu yang berbeda-beda pada setiap anak. Kemudian, beritahu mereka bahwa masa pubertas adalah tahapan awal seseorang untuk menjadi dewasa.
Tahap kedua :

Memberitahukan anak anda bahwa pada masa tersebut akan terjadi berbagai perubahan fungsi tubuh yang berbeda-beda antara anak laki-laki dan perempuan. Apabila anda memiliki alat peraga atau buku tentang pubertas, maka akan lebih mudah untuk menjelaskan masa pubertas ke anak. Jelaskan berbagai perubahan yang akan terjadi pada anak anda, seperti:
 

Anak laki-laki :
Rambut-rambut halus mulai tumbuh di sekitar alat kelamin dan ketiak
Memiliki jerawat pada wajah
Testis dan penis mulai membesar
Suara menjadi pecah dan berubah
Mengalami mimpi basah (ejakulasi yang tidak disadari ketika tidur)
Mulai tumbuh jakun di leher
Mulai muncul secara samar kumis, jambang dan janggut
 

Anak perempuan :

Payudara mulai tumbuh
Rambut-rambut halus mulai tumbuh di sektiar alat kelamin dan ketiak
Memiliki jerawat pada wajah
Mengalami haid/menstruasi
Pinggul membesar / perubahan bentuk tubuh
Suara menjadi lebih melengking

Pada anak perempuan, anda dapat menjelaskan proses haid atau menstruasi dengan menggunakan gambar. Beritahu dia tentang apa yang akan terjadi pada saat haid terjadi, seperti mengeluarkan sehingga mereka harus menggunakan pembalut, serta memberitahukan bahwa hal ini akan terjadi setiap bulan, jangan lupa juga untuk memberitahukan bagaimana cara menggunakan pembalut pada anak perempuan anda.

Sedangkan pada anak laki-laki jelaskan dengan perlahan tentanga alat kelamin mereka yang akan mengalami perubahan, mengalami ereksi tiba-tiba, dan berbagai perubahan lainnya. Lebih baik, jika ayah yang menjelaskan hal ini kepada anak laki-lakinya, sementara ibu yang berdiskusi dengan anak perempuan

Tahap Ketiga :

Persiapkan diri untuk menghadapi perubahan emosi pada anak anda. Masa pubertas juga akan membuat si anak mempunyai emosi yang tidak stabil. Jika anda bisa memahami hal ini, maka anda akan lebih mudah untuk menghadapi serta berkomunikasi dengan mereka. Jelaskan juga ke anak bahwa perubahan fisik akan diiringi dengan perubahan emosi mereka.

Tahap Keempat :

Tetap terbuka dan bersedia untuk membahas tentang pubertas dengan anak anada, bahkan setelah anda selesai berdiskusi dengannya. Anak-anak sering kali malu untuk bertanya tentang hal ini saat anda sedang berbicara. Berikan dorongan pada anak anda untuk bertanya lebih lanjut terkait pubertas, berikan ia pengertian bahwa anda bisa ditanyakan kapan saja tentang hal ini. Jaga komunikasi dan keterbukaan anda dengan si anak.

 Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 75


Ayo berlatih

Kamu telah mencari bacaan tentang ciri-ciri masa pubertas. Jawablah pertanyaan mengenai bacaan yang sudah kamu peroleh!

1. Apa judul bacaan yang kamu peroleh?

   Jawaban : (Jawaban relatif, tergantung bahan bacaan yang dicari siswa)

Bagaimana cara menjelaskan masa puber pada anak

2. Sesuaikah antara harapan informasi yang kamu peroleh ketika baru membaca judul bacaan dengan

    informasi yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?

    Jawaban :

Sesuai

3. Informasi apakah yang kamu peroleh setelah membaca bacaan?

    Jawaban :

Informasi tentang ciri-ciri pubertas dan cara orangtua dalam menjelaskan pubertas kepada anak-anak mereka.

Ayo Renungkan


Masa pubertas adalah masa yang akan dilewati oleh setiap manusia. Apakah kamu sudah memasuki masa pubertas? Bagaimanakah bentuk persiapanmu untuk menghadapi masa pubertas? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Hasil Renungan:

Sudah.

Tiga hal cara menghadapi masa pubertas diantaranya:

1.    Tetap tenang dan tidak kehilangan kepercayaan diri sendiri karena perubahan yang terjadi

2.    Bersikap terbuka terhadap orang yang terpercaya misalnya oraang tua, saudara khususnya untuk hal-hal apa saya yang perlu dilakukan

3.    Penting untuk menjaga kebersihan tubuh dan orang-organ reproduksi yang sudah mengalami pematangan dalam masa pubertas.
administrasingajar.blogspot.com:

Pembelajaran 6 (Halaman 77)

  Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 78

Ayo Membaca


Mengapa Harus Melaksanakan Hak?

Pemenuhan hak warga negara Indonesia berkaitan erat dengan upaya pemerintah Indonesia dalam mencapai tujuan nasional Indonesia. Kamu tentu sudah memahami tujuan nasional Indonesia sebagaimana tercantum dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Repubublik Indonesia Tahun 1945 alinea keempat.

Untuk mencapai tujuan nasional, ditetapkan hak-hak dan kewajiban warga negara Indonesia dalam pasal-pasal Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Hak dan kewajiban warga negara Indonesia hendaknya dilakukan secara seimbang. Tidak boleh hanya melaksanakan kewajiban atau sebaliknya. Biasakan mendahulukan kewajiban daripada menuntut hak.

Dengan demikian, akan tercapai kesejahteraan dan keharmonisan hidup berbangsa dan bernegara.  Pelaksanaan hak warga negara Indonesia merupakan hal yang penting, misalnya pelaksanaan hak dalam pemilu. Pemilu merupakan kegiatan yang memilih orang untuk mengisi jabatan politik tertentu. Keikutsertaan warga negara dalam pemilu sangat penting untuk menentukan kebijakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dengan pemilihan secara langsung oleh rakyat diharapkan pejabat politik yang terpilih bisa melaksanakan amanah rakyat dengan menjalankan pemerintahan berdasar atas kedaulatan rakyat. Jadi kesejahteraan rakyat akan lebih diperhatikan.
Ayo Berdiskusi

Bentuklah kelompok terdiri atas lima anak. Kemudian, diskusikan hal berikut ini!

1. Apa pentingnya melaksanakan hak berdasarkan bacaan di atas?

· Mewujudkan pemerintahan yang demokratis

·  Mempercepat pembangunan nasional

·  Mendukung tercapainya tujuan nasional

2. Apa pentingnya melaksanaan hakmu untuk dirimu?

·         Dengan melaksanakan hak mendapat pendidikan, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi baik tingkat daerah, nasional maupun internasional, seperti mengikuti olimpiade Sains dan mengikuti perlombaan lainnya, seperti dalam bidang olahraga. Sehingga dapat mengharumkan nama sendiri, keluarga, sekolah, daerah maupun mampu mengharumkan nama bangsa di tingkat internasional

·         Dengan melaksanakan hak kita, yaitu kelangsungan hidup, maka kita akan diberi asupan gizi yang cukup berupa makanan dan minuman. Sehingga saat kita mengikuti pelajaran di Sekolah, maka kosentrasi kita akan penuh sebab telah diberi asupan gizi yang cukup saat di rumah.

Hasil diskusi :


Melaksanakan hak sebagai warga negara sangat penting, karena dengan melaksanakan salah satu hak kita, yaitu hak turut serta dalam pemerintahan melalui pemilu, maka kita turut menentukan arah kebijakan-kebijakan yang akan diambil oleh pemerintah melalui wakil-wakil rakyat yang duduk di lembaga pemerintahan, sehingga pemerintahan menjadi pemerintahan yang demokratis dan punya legitimasi (pengesahan hukum) yang kuat, sehingga membantu mempercepat pembangunan nasional dalam rangka tercapainya tujuan nasional.

Dengan melaksanakan hak kita yaitu memperoleh pendidikan & hak kelangsungan hidup, maka kita dapat belajar dengan baik yang pada akhirnya membuat kita mendapat pengetahuan dan keterampilan. Dengan mempunyai pengetahuan dan keterampilan yang lebih, dapat kita gunakan untuk berprestasi dalam bidang pendidikan atau bidang lainnya.

 

 Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 79

Ayo Berlatih

Bacalah kembali bacaan berjudul “Mengapa Harus Melaksanakan Hak?”.dengan cermat. Kemudian, jelaskan informasi penting yang terdapat pada teks nonfiksi tersebut berdasarkan rumusan gagasan utama pada setiap paragrafnya. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan sebagai berikut.

1. Tuliskan kalimat utama pada setiap paragraf.

2. Tuliskan gagasan utama pada setiap paragraf.

3. Tuiskan gagasan utama dari teks nonfiksi berdasarkan gagasan utama setiap paragraf.

4. Tuliskan hasilnya dalam bentuk tabel seperti contoh di bawah ini dan presentasikan di depan kelas secara lisan.

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 Jawaban Lengkap Tema 6

Ayo Menulis

Sebagai warga negara Indonesia yang baik tentu kamu sudah pernah melaksanakan hak. Coba tuliskan pengalamanmu melaksanakan hak sebagai warga negara Indonesia. Tuliskan hak dan ketentuan hukum yang menjamin hak tersebut. Kemudian ceritakan bentuk pelaksanaan dan manfaat yang kamu peroleh dengan terlaksananya hakmu sebagai warga negara Indonesia.

 

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 80

Tuliskan hasilnya dalam kolom berikut. Presentasikan secara lisan di depan kelas.

Hasil Pengalaman :

Hak yang selalu saya jalani sehari-hari adalah hak mempertahankan hidup. Hak mempertahankan hidup ini saya peroleh tiap hari berkat perlindungan Hak yang terdapat dalam UUD 1945 Pasal 28A yang berbunyi "Setiap orang berhak untuk hidup serta berhak mempertahankan hidup dan kehidupannya".

Saya juga melaksanakan hak dalam kehidupan sehari-hari yaitu masalah perlakuan yang sama tanpa ada diskriminasi, karena hak saya ini dilindungi oleh Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28B ayat 2 yang berbunyi "Setiap orang berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta berhak atas perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Saya juga mendapatkan hak saya dalam pendidikan, yaitu dapat bersekolah dengan baik. Hak saya ini dilindungi Undang-Undang Dasar 1945 dalam Pasal 28C ayat 1 yang berbunyi "Setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, berhak mendapatkan pendidikan dan memperoleh manfaat dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni dan budaya demi meningkatkan kualitas hidupnya dan demi kesejahteraan umat manusia. Banyak hak-hak saya lain yang telah saya lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Masih berkaitan dengan pelaksanaan hak. Kamu juga mempunyai hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa demi kemajuan kebudayaan nasional. Hak ini bisa kamu lakukan dengan cara mempelajari sebuah tarian daerah. Tarian daerah merupakan akar kebudayaan nasional yang penting untuk dipelihara dan dikembangkan. Lakukan kegiatan berikut.

Ayo Mengamati

Amatilah gerak-gerak bentuk tari tunggal berikut. Gerak tari berikut merupakan lanjutan dari gerak tari pada pembelajaran 4. Gerak tari ini bertemakan kepahlawan. Berikut gerak-gerak tari bertemakan kepahlawanan.

1. Berlari-lari kecil membuat lingkaran ke kanan, lalu ke kiri.

Kemudian, meluruskan tangan kanan ke kanan dan kaki kiri ke arah kiri jinjit...

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 71 72 73 74 75 76 77 78 79 80 81 82 Jawaban Lengkap Tema 6


Gerak di atas dilakukan 2 x 8 hitungan, sesuai hitungan di atas.

2. Memainkan tongkat

Tongkat diluruskan ke atas, ke samping kanan.Kemudian, lurus ke atas lagi dan ke samping kanan kembali.Perhatikan arah pandangan kepala sesuai gambar...


Gerak di atas dilakukan 4 x 4 hitungan.

 

Kunci Jawaban Tema 6 Kelas 6 SD Halaman 81-82.

Ayo Berlatih

Mempelajari tarian daerah merupakan bentuk pelaksanaan hak kebebasan memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budaya bangsa. Sekarang persiapkan sebuah pertunjukan tari kreasi daerah jenis tunggal. Tampilkan pertunjukan di depan kelas secara bergantian. Adapun persiapan yang harus kamu lakukan seperti berikut.

1. Pilih tarian kreasi daerah jenis tunggal. Kamu boleh menciptakan tarian sendiri dengan meneruskan gerakan yang sudah kamu pelajari di atas.

2. Carilah kaset atau video tarian yang kamu pilih. Selanjutnya, tonton dan cermati gerak tariannya. Identifikasi unsur-unsur tarian yang kamu pilih.

3. Persiapkan unsur-unsur tariannya untuk pementasan di depan kelas.

4. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan unsur-unsurnya, baik busana maupun propertinya.

5. Pentaskan sebuah tarian lengkap dengan busana dan properti yang kamu butuhkan.

*) Disclaimer: Artikel ini hanya ditujukan kepada orang tua untuk memandu proses belajar anak.