Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 160 162 163 164 167 169 170 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar Pembelajaran 3

 

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 160 162 163 164 167 169 170 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 160

Ayo Berdiskusi

Berdasarkan bacaan di atas, diskusikanlah beberapa hal berikut ini bersama dengan teman sekelompokmu.

Bagaimana cara para astronaut menuju ke Bulan dari Bumi?
Jawaban : Para astronaut menuju bulan dari bumi menggunakan pesawat luar angkasa.

Sikap dan nilai seperti apa yang dimiliki Buzz hingga ia menjadi salah satu orang yang mendarat di Bulan?
Jawaban : Sikap dan nilai yang dimiliki Buzz Aldrin diantaranya adalah kerja keras, disiplin, pantang menyerah dan percaya diri.

Apakah masih ada pertanyaanmu yang berkaitan dengan bacaan di atas? Tuliskan di sini.
Jawaban : Apa nama pesawat yang digunakan Buzz Aldris, Neil Armstrong dan Michael Collins pergi menjelajah angkasa luar?

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 162 sampai 164

Ayo Berlatih


Bersama dengan teman sekelompokmu lakukanlah beberapa kegiatan berikut ini.
Dengan menggunakan berbagai sumber informasi, lakukanlah perbandingkan alat transportasi darat dulu dan sekarang. Gunakanlah tabel berikut untuk mencatatnya.

Jawaban :

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 160 162 163 164 167 169 170 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar Pembelajaran 3


Modernisasi memang memberikan dampak baik langsung maupun tidak langsung. Demikian juga dengan dampaknya terhadap sistem transportasi darat saat ini. Bersama teman sebangkumu diskusikanlah dampak positif dan negatif modernisasi sistem transportasi darat terhadap kelangsungan hidup masyarakat maupun dampaknya terhadap lingkungan. Gunakan diagram berikut untuk mencatatnya.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 167


Ayo Menulis

Sebuah cerita dapat mengingatkanmu kepada pengalamanmu sendiri, atau pengalaman orang lain yang diceritakan kepadamu. Atau bahkan, dapat mengingatkanku terhadap film yang pernah kamu tonton sebelumnya. Film yang dimaksud adalah gambar bergerak yang secara audio visual dapat ditangkap inderamu. Film yang dimaksud adalah film-film baik yang berdurasi panjang maupun pendek yang dapat kamu tonton di bioskop, televisi atau media yang lain. Lakukan kegiatan berikut ini setelah kamu membaca cerita fiksi di atas dengan saksama.

A. Jelaskan isi cerita fiksi di atas dengan membuat tulisan satu paragraf di setiap bagian cerita: awal, tengah dan akhir dengan menggunakan diagram berikut ini.


 Kunci Jawaban Halaman 167

A. Jelaskan isi cerita fiksi di atas dengan membuat tulisan satu paragraf di setiap bagian cerita: awal, tengah dan akhir dengan menggunakan diagram berikut ini.

Judul : Wisata Batik Trusmi

Pengarang : Hamidah Jauhary
Awal :
Lulu pulang ke rumah dengan wajah cemberut. Hal ini disebabkan Lulu dan semua siswa pada hari Sabtu diwajibkan memakai baju batik, sedangkan Lulu tidak suka memakai baju batik. Bagi Lulu baju batik adalah baju yang identik dengan orang dewasa dan tidak cocok dipakai oleh anak-anak seusianya.

Tengah :
Lulu diajak oleh Mama dan Kak Naila untuk berwisata ke Trusmi di Plered Cirebon. Tempat tersebut merupakan salah satu kota penghasil batik di Indonesia. Lulu diajak melihat berbagai jenis batik yang ada di berbagai toko di Trusmi. Ternyata di tempat tersebut banyak tersedia baju batik untuk kalangan anak-anak.

Akhir :
Lulu tertarik melihat pakaian batik untuk anak-anak dan Lulu segera mencoba memakai berbagai baju batik untuk anak-anak tersebut. Lulu sangat suka karena banyak pilihan, dan meminta Mamanya untuk membelikan baju batik anak untuk dirinya. Lulu segera merubah pandangannya bahwa baju batik hanya cocok untuk orang dewasa, karena setelah berwisata batik di Trusmi ia menyadari bahwa baju batik juga cocok untuk kalangan anak-anak


B. Pilihlah di antara tiga bagian dari cerita di atas yang mengingatkanmu terhadap peristiwa yang terjadi denganmu, atau terjadi di sekelilingmu, atau mengingatkanmu tentang sebuah film yang pernah kamu tonton. Gambarkan peristiwa tersebut, lalu tuliskanlah penggalan peristiwa tersebut pada diagram berikut.

Jawaban :

Kunci Jawaban Tematik Tema 9 Kelas 6 Halaman 160 162 163 164 167 169 170 Subtema 3 Tokoh Penjelajah Angkasa Luar Pembelajaran 3

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 169

Ayo Menulis

A. Menjawab pertanyaan.

1. Peristiwa peratuan dan kesatuan apa yang dijelaskan dalam bacaan di atas?
Jawaban : Pemerintah Daerah Cirebon bekerjasama dengan pengusaha dan perajin batik untuk meningkatkan nilai jual batik Trusmi.

2. Bagaimana dampak peristiwa tersebut terhadap setiap pihak yang terlibat?
Jawaban : Setiap pihak yang terlibat mendapatkan manfaat yang baik dengan peristiwa persatuan dan kesatuan tersebut. Pemerintah Daerah mendapatkan pajak, pengusaha dan pengrajin mendapat keuntungan dari penjualan batik.

B. Menceritakan pengalaman Bersama dengan temanmu, ceritakanlah sebuah pengalaman tentang peristiwa persatuan dan kesatuan yang melibatkanmu. Tuliskanlah cerita tersebut dalam bentuk gambar berseri. Lakukanlah analisis bagaimana peristiwa itu berhubungan dengan persatuan dan kesatuan Lakukanlah analisis dampak peristiwa tersebut terhadap dirimu sendiri. Jelaskanlah dampak peristiwa tersebut dalam bentuk gambar dan ceritakanlah di depan kelas.

Jawaban : Pada saat itu aku mengikuti kegiatan gotong royong membersihkan kelas masing-masing. Aku dan teman-temanku membersihkan kelas bersama sama. Ada yang menyapu, mengepel, membersihkan jendela, kursi, meja, dll. Kegiatan tersebut dapat mempererat tali persaudaraan juga pekerjaan menjadi cepat selesai. Peristiwa gotong royong berhubungan erat dengan persatuan dan kesatuan. Misalnya pada saat teman yang lain mengalami kesusahan memindahkan barang barang dikelas kita bersama sama memindahkan agar pekerjaan menjadi ringan. Dampak peristiwa persatuan bagi diri sendiri adalah kegiatan pembelajaran berjalan nyaman sehingga dapat belajar dengan maksimal dalam kelas.

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 6 Halaman 170

Ayo Renungkan

Dampak modernisasi apa sajakah yang menurutmu paling memengaruhimu? Mengapa? Bagaimana caramu untuk menghadapi dampak modernisasi tersebut?

Jawaban : Dampak modernisasi yang menurut saya paling memengaruhiku adalah perkembangan teknologi misalnya saja teknologi komunikasi. Karena dengan ditemukannya telepon seluler hampir semua kegiatan menggunakan benda tersebut. Cara menghadapi dampaknya adalah dengan mengatur waktu agar tidak semua waktu tersita di depan layar handphone.

 

*) Disclaimer : Pembahasan dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya merupakan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah selama pandemi. Untuk jawaban yang tertera di atas bersifat terbuka, jawaban di atas tidak bersifat baku. Orang tua dan siswa bisa mengembangkan jawaban lain yang dirasa lebih relevan.***