Memahami Ciri Love Bombing, Perilaku Manipulatif Berbalut Kata Manis dalam Hubungan

Memahami Ciri Love Bombing, Perilaku Manipulatif Berbalut Kata Manis dalam Hubungan

Nikekuko - Sanjungan dan pujian dari orang yang dicintai memang selalu sukses menaikkan mood. Suasana hati yang buruk langsung berubah enak berkat kata-kata manis pasangan.

Walaupun begitu, ada sisi lain dari perilaku membanjiri pasangan dengan pujian atau kata-kata manis. Jika dilakukan secara berlebihan, terutama saat Anda diminta memberikan sesuatu sebagai imbalan sesegera mungkin, Anda perlu lebih waspada.

Jangan terlalu mudah terlena dengan pujian bertubi-tubi yang dilakukan di situasi tak tepat. Apalagi jika Anda merasa seperti sedang dimanfaatkan. Coba dengarkan insting Anda. Tanya kepada diri sendiri, apakah pasangan sedang melakukan love bombing? Ini termasuk perilaku manipulatif.
 

Mengenal Love Bombing

Love bombing merupakan perilaku seseorang kepada calon pacar maupun pasangannya dengan memberikan berbagai macam sanjungan ataupun hadiah agar kamu merasa senang. Namun, ujung-ujungnya mereka memiliki maksud terselubung.

Para love bomber hadiah, kata-kata manis, ataupun pujian demi meningkatkan 'nilai' di mata pasangan. Tujuannya tak lain untuk mendistraksi atau memanipulasi pasangan agar mau menuruti segala keinginan love bomber.


Bukan Tanpa Pamrih

Kebanyakan love bomber menginginkan pasangan mereka memberikan timbal balik atas apa yang mereka berikan. Timbal balik yang mereka harapkan pun ingin datang sesegera mungkin dari pasangannya. Perilaku ini bersumber dari perilaku narsisistik, terlalu PD mereka bisa membuat pasangan melakukan apa saja dengan sedikit rayuan atau perilaku manis.

Love bomber juga cenderung menciptakan komitmen yang akan membuat pasangan sangat tergantung kepadanya. Hal seperti ini kadang tidak disadari dan berujung ke toxic relationship.
 

Apa yang Harus Dilakukan?

Jika Anda terjebak dalam love bombing, maka satu-satunya jalan yaitu melepaskan hubungan tersebut. Karena mengubah perilaku love bomber ini terbilang sangat susah, mengingat mereka terkadang tidak sadar telah melakukan love bombing.

Anda juga perlu ingat, tidak semua orang yang selalu memberikan hadiah ataupun pujian padamu adalah love bomber. Bisa saja itu ungkapan cinta atau love language seseorang kepada orang yang mereka cintai.