Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82 85 86 92 93 Subtema 2 Pembelajaran 3 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 Halaman 82 85 86 92 93 Subtema 2 Pembelajaran 3 Benda dalam Kegiatan Ekonomi

 Kunci Jawaban Halaman 82

Ayo Berlatih

Kamu telah mengetahui ciri-ciri bahasa iklan elektronik. Sekarang perhatikan iklan-iklan elektronik. Identifikasilah ciri-ciri bahasa yang mampu menarik perhatian khalayak pada iklan tersebut. Tuliskan secara detail hasil identifikasimu dan presentasikan hasil tugasmu di depan kelas.
Jawaban:

1. Produk yang diiklankan: mie instan


Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan menunjukkan sasaran, dengan menekankan pada kata “Puas Sedapnya”, sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati kesedapan mie tersebut.

2. Produk yang diiklankan: bimbingan belajar

Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menonjolkan informasi yang dipentingkan, dan jelas. Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata “Belajarnya Nomor Seru, kualitasnya nomor satu” sehingga khalayak terpengaruh untuk menikmati mengikuti bimbingan belajar tersebut agar belajar seru dengan kualitas nomor satu.

3. Produk yang diiklankan: mobil


Ciri-ciri bahasa yang terkandung dalam iklan:

Kalimat dalam iklan tersebut bersifat singkat, padat, menarik, pilihan kata yang tepat, Pilihan kata yang digunakan memiliki sugesti bagi khalayak, dengan menekankan pada kata “Satu untuk sejuta impian”, sehingga khalayak terpengaruh untuk membeli mobil tersebut.

Kunci Jawaban Halaman 85


Ayo Berdiskusi

Kamu telah mengamati beberapa contoh peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan makna pentingnya persatuan dan kesatuan. Berdasarkan contoh tersebut dapat diambil kesimpulan beberapa makna penting persatuan dan kesatuan. Apa sajakah makna penting persatuan dan kesatuan bangsa?

Diskusikan bersama teman satu kelompokmu dan tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut. Presentasikan hasil diskusi kelompokmu di depan kelas.

Jawaban:


Laporan Hasil Diskusi

Makna penting persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia sebagai berikut.
1. Menjalin kebersamaan dan saling melengkapi antara satu sama lain

2. Menjaga keharmonisan untuk hidup secara berdampingan.

3. Menepiskan semua perbedaan yang ada dalam masyarakat.

Kunci Jawaban Halaman 86


Ayo Berlatih

Menjalin persatuan dan kesatuan hendaknya kamu biasakan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya dalam bentuk kegiatan gotong royong dan bekerja sama dalam menyelesaikan tugas kelompok. Masih banyak peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang biasa kamu alami atau kamu saksikan sebagai pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan.

Sekarang, identifikasilah peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari sebagai bentuk pencerminan sikap menjalin persatuan dan kesatuan. Tuliskan dalam kotak berikut.

Jawaban:

Peristiwa-peristiwa dalam kehidupan sehari-hari yang mencerminkan sikap menjalin persatuan dan kesatuan seperti berikut.

1. Menyaksikan Festival Budaya Nusantara

2. Memberikan kebebasan beribadah bagi warga lain yang berbeda agama

3. Hidup berdampingan dengan warga yang berbeda suku, agama, dan budaya

4. Ikut bergotong royong di lingkungan sekitar

5. Bekerja sama dan bahu membahu menyelesaikan pembangunan balai RT


Kunci Jawaban Halaman 92

Ayo Berlatih


Banyak kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat di lingkungan sekitar kita, misalnya jasa tata boga, jasa angkutan umum, jasa pangkas rambut, pembuat gula merah, dan usaha kepariwisataan. Sekarang coba kamu lakukan pengamatan kegiatan ekonomi yang dilakukan masyarakat tempat tinggalmu. Identifikasilah kegiatan-kegiatan ekonomi yang menghasilkan produk unggulan dari masyarakat tempat tinggalmu.

Jawaban:


Hasil Identifikasi Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar:
Kegiatan-Kegiatan Masyarakat di Lingkungan Sekitar : Perajin Gula Merah, Perajin Anyaman, Petani Sayur, Usaha tambak.

Produk Unggulan : Gula Merah

Dari sadapan nira pohon kelapa, tercipta gula merah yang memiliki cita rasa khas. Tak jarang banyak masyarakat yang berminat untuk memakainya. Selain bentuk potongan yang lebih besar dari gula kebanyakan, gula merah pohon kelapa relatif lebih murah. Selain itu, nira dari pohon kelapa bisa setiap hari disadap tanpa perlu khawatir kehabisan pasokan.

Mengelola pembuatan gula merah cukup menggiurkan. Rata-rata produksi satu orang perajin bisa menghasilkan 20 kg gula merah per harinya. Dari total produksi itu si perajin harus mengumpulkan nira dari puluhan pohon kelapa setiap pagi hari. Para perajin mendapat keuntungan bersih per harinya antara Rp 70.000-100.000 per hari.
 

Kunci Jawaban Halaman 93

Ayo Berdiskusi

Banyak benda-benda bekas di sekitarmu yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber penghasilan. Tentu saja dengan cara mendaur ulang, misalnya memanfaatkan gelas plastik bekas air mineral untuk bahan membuat bunga plastik.

Selain itu, dapat pula memanfaatkan kerang-kerang sebagai bahan membuat hiasan atau pigura, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kesemuanya itu dapat dijual di tempat wisata sebagai suvenir.

Pernahkah kamu menemukan kegiatan ekonomi dengan memanfaatkan benda-benda bekas? Diskusikan bersama dua orang temanmu dengan menyebutkan benda bekas, cara pengolahan, dan cara penjualan hasil pengolahan. Tuliskan hasil diskusi pada kolom berikut.

Jawaban:


Benda bekas yang digunakan:

Tutup Botol bekas

Cara pengolahan:
Tutup botol bekas dicuci bersih, kemudian dipilah-pilah berdasarkan ukuran dan warna. Kemudian tutup botol diberi lubang di ke-4 sisi samping secara sejajar dengan menggunakan alat solder. Kemudian tiap tutup botol disambung menyamping dengan kawat kecil atau tali plastik khusus, hingga menyambung dengan panjang sesuai kebutuhan/sesuai selera, kemudian dirangkai sehingga terbentuk keranjang sampah atau pot bunga.

Cara penjualan:

Dengan bekerja sama dengan pemilik warung/toko suvenir yang berada di daerah wisata.

Ayo Renungkan


Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, Bapak atau Ibu Guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Ayo, bertanyalah untuk kemajuan dirimu.

Hari ini saya telah belajar tentang sikap rasa ingin tahu, percaya diri, dan bertanggung jawab Pengetahuan tentang ciri Iklan elektronik, makna penting persatuan dan kesatuan, kegiatan ekonomi. Keterampilan tentang mengidentifikasi, mengomunikasikan, menuliskan.