Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Tematik Halaman 104 105 106 107 108 109 110 Subtema 2 Pembelajaran 5

 

Kunci Jawaban Tema 9 Kelas 5 SD Tematik Halaman 104 105 106 107 108 109 110 Subtema 2 Pembelajaran 5

Kunci Jawaban Halaman 104 - 106

Ayo Berlatih


Iklan televisi merupakan iklan elektronik. Selain iklan televisi, iklan elektronik dapat berupa iklan internet dan radio. Perhatikan cuplikan gambar iklan televisi dan iklan internet berikut. Buat kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik melalui media televisi dan internet berikut.

Jawaban:

1. Kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik pada gambar 1 adalah iklan pasta gigi menjelaskan bahwa pasta gigi dapat menjadikan gigi bersih dan kuat.
2. Kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik pada gambar 2 adalah iklan shampo anti ketombe yang mampu menghilangkan ketombe pada rambut.

3. Kesimpulan informasi penting tentang isi iklan elektronik pada gambar 3 adalah iklan sirop menyampaikan bahwa sirop dengan rasa coco pandan merupakan minuman yang menyegarkan.

Masing-masing iklan tersebut sama-sama menjelaskan keunggulan produk masing-masing untuk menarik minat calon pembeli agar membeli produk yang diiklankan.


Kunci Jawaban Halaman 107

Ayo Berdiskusi


Kamu telah memahami komponen penyusun campuran. Pada dasarnya, komponen penyusun campuran bisa berupa campuran unsur dengan unsur, unsur dengan senyawa, dan senyawa dengan senyawa. Pernahkah kamu membuat minuman susu? Ketika membuat minuman susu kita mencampurkan susu bubuk dengan air panas. Setelah itu diaduk secara merata sehingga susu bubuk yang awalnya berwujud padat menjadi tidak terlihat. Susu bubuk yang telah bercampur dengan air dinamakan campuran. Jadi, campuran dapat didefinisikan sebagai materi yang terdiri atas dua jenis zat atau lebih.

Sekarang, coba kamu tuliskan beberapa jenis campuran (kamu bebas menentukan jenis campurannya). Selanjutnya, identifikasi komponen penyusun campurannya dan tuliskan pula sifat-sifat atau ciri-ciri campuran tersebut. Diskusikan bersama teman satu kelompokmu. Tuliskan hasil diskusi kelompokmu dalam bentuk tabel seperti contoh berikut.

Jawaban:

1. Jenis Campuran: Air + Sirop

Komponen Penyusun Campuran: Air mineral, gula dan sari buah
Sifat Campuran: Campuran tersusun atas dua senyawa air dan gula serta satu campuran sari buah

2. Jenis Campuran: Teh Manis

Komponen Penyusun Campuran: Air, teh dan gula
Sifat Campuran: Campuran terdiri dari dua senyawa air dan gula serta satu campuran teh

3. Jenis Campuran: Es Krim

Komponen Penyusun Campuran: Air, susu dan gula

Sifat Campuran: Campuran terdiri dari dua senyawa air dan gula serta satu campuran susu

4. Jenis Campuran: Kuningan

Komponen Penyusun Campuran: Tembaga dan seng

Sifat Campuran: Campuran tersusun dari dua unsur tembaga dan seng
5. Jenis Campuran: Perunggu

Komponen Penyusun Campuran: Tembaga dan timah

Sifat Campuran: Campuran tersusun dari dua unsur tembaga dan timah


Kunci Jawaban Halaman 109 - 110


Ayo Berlatih


1. Berdasarkan gerak tari yang dilakukan Siti dan teman-teman di atas, sebutkan bentuk pola lantainya. Tuliskan pada kolom berikut.

Jawaban:

Bentuk pola lantai pada gerak tari di atas.

Gerak 1 = Pola lantai vertikal

Gerak 2 = Pola lantai diagonal

Gerak 3 = Pola lantai lingkaran/melengkung

Gerak 4 = Pola lantai horizontal

Ayo Renungkan


Apa yang sudah kamu pelajari hari ini? Apakah kamu sudah memahami semua kegiatan yang kamu lakukan hari ini? Adakah yang ingin kamu tanyakan kepada teman, bapak atau ibu guru terkait dengan materi yang kamu pelajari? Tuliskan hasil renunganmu pada kolom berikut.

Kerja Sama dengan Orang Tua


Kamu mempunyai hak untuk berlatih menari kapan pun, termasuk di hari Minggu. Akan tetapi, kamu juga harus ingat bahwa pada hari Minggu kamu mempunyai kewajiban untuk membantu orang tua di rumah. Apa yang harus kamu lakukan supaya tetap bisa berlatih menari, tetapi juga tetap bisa membantu orang tua? Diskusikan bersama orang tuamu. Kemudian, tuliskan hasil diskusi pada kotak berikut.

*) Disclaimer: Kunci jawaban di atas hanya sebagai panduan bagi orang tua.