Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

NIKEKUKO.com - Menjadi warga negara Indonesia ternyata tak selalu diminati. Bahkan, ada beberapa warga negara yang lahir di Indonesia namun lebih memilih untuk pindah kewarganegaraan. Berbagai macam alasan menjadi penyebabnya, termasuk ikut dengan sang suami.

Beberapa nama artis Indonesia juga tercatat memilih untuk tidak menjadi warga negara Indonesia. Beberapa kepentingan menjadi alasan kenapa akhirnya mereka memilih untuk tidak berpaspor Indonesia.

Siapa sajakah mereka, ada beberapa artis atau selebritas yang memilih pindah kewarganegaraan dan keluar Indonesia. Berikut ulasannya :

Anggun C Sasmi

 

Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

Nama Anggun C Sasmi tentu sudah sangat dikenal publik Indonesia. Merintis karir di Indonesia hingga dikenal, Anggun akhirnya memilih go international ke Eropa, tepatnya Perancis. Anggun lahir dari Darto Singo, seorang seniman Indonesia dan Dien Herdina, seorang perempuan yang masih kerabat Keraton Yogyakarta.

Mengawali kariernya dengan tampil di panggung Ancol di usia 7 tahun, Anggun kemudian merekam album anak-anak 2 tahun kemudian. Di bawah bimbingan Ian Antono, Anggun memulai debutnya di Indonesia di tahun 1986 melalui album Dunia Aku Punya. Pada usianya yang masih sangat muda Anggun telah berhasil menggapai puncak popularitasnya sebagai penyanyi rock di Indonesia dengan diraihnya penghargaan “Artis Indonesia Terpopuler 1990-1991″.

Pada tahun 1994, Anggun memutuskan untuk meninggalkan Indonesia dan mewujudkan impiannya menjadi artis bertaraf internasional. Dengan bantuan Erick Benzi, seorang komposer besar Perancis, pada tahun 1997, Anggun berhasil merilis album internasional pertamanya, Snow on the Sahara di lebih dari 33 negara di seluruh dunia.

Anggun bermasil memasuki dunia music internasional. Anggun yang sekarang mengikuti suaminya, Cyril Nontana yang tinggal di perancis, otomatis berpindah berkewarganegaraan menjadi warga perancis. Tetapi, setiap kali melakukan interview dengan media Indonesia, Anggun selalu menegaskan bahwa dirinya tetap orang Jawa  yang doyan nasi.

Cinta Laura


Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

Nama artis penyanyi Cinta Laura memang dikenal sebagai penyanyi berdarah campuran. Namun Cinta kerap nyanyi dan promo di Indonesia. Sempat beredar bahwa Cinta Laura akan memiliki kewarganegaraan ganda jika dia mampu memiliki prestasi dan mengharumkan nama Indonesia. Tetepi, pada umurnya yang ke 21 tahun, cinta memilih untuk berkewarganegaraan Jerman, mengikuti sang ayah, Michael Kiehl.
 

Di wawancarai di salah satu media Indonesia, Cinta mengaku melilih warga Negara Jerman dengan alasan dengan berkewarganegaraan Jerman, Cinta akan lebih mudah untuk berpergian dan mengurus visa dalam rangka mewujudkan impiannya go internasional .

Walaupun bukan Warga Negara Indonesia, Cinta mengatakan bahwa dia tetap warga Indonesia karena sang ibu, Herdiana, masih mengantongi status  sebagai warga Negara Indonesia.

Kristania Virginia Besouw

 

Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

 

Kristania Virginia Besouw dikenal sebagai jawara Miss Indonesia 2006. Sampai akhirnya, wanita asal Manado ini menghebohkan dunia entertainment dengan keputusannya untuk menanggalkan statusnya sebagai warga Negara Indonesia. Keputusan Virginia yang memilih untuk menjadi warga Negara Amerika Serikat disebabkan oleh berbagai alasan.  Alasan utamanya, karena Kristy sudah bergabung dengan US Army di Amerika Serikat.


Setelah lulus dari Universitas Airlangga jurusan Hubungan Internasional, Kristy memilih untuk meneruskan studynya di bidang health care. Virginia mendedikasikan dirinya sebagai US Army sesuai bidangnya. Alasan kedua, setelah menikah dengan dokter asal Filipina, Keke, kristy dan suami memutuskan untuk berkarir di Amerika Serikat. Walaupun berpindah warga Negara, Kristy mengaku tetap menjadi gadis Manadonese.

 Pilihan berkewarganegaraan memang pilihan masing-masing individu dan lekat kaitannya dengan HAM. Tetapi, menjadi Warga Negara Indonesia merupkan suatu kebanggaan yang tidak ternilai.

Mia Audina 

 

Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

Mia Audina Tjiptawan adalah salah satu mantan pemain bulu tangkis Indonesia. Setelah menikah dengan Tylio Arlo Lobman, Mia akhirnya memutuskan berpindah haluan menjadi Warga Negara Belanda. Mia tetap bermain bulu tangkis, tetapi yang dibelanya adalah nama negara Belanda.

Nama Mia sempat harum di Tanah Air setelah memperkuat Tim Piala Uber Indonesia. Saat itu Mia masih berumur 14 tahun dan menjadi anggota Tim Piala Uber termuda sepanjang sejarah bulu tangkis, sehingga hal itu menyebabkan Mia mendapat julukan "Si Anak Ajaib".

Julukan ini pun pantas disematkan kepada Mia. Buktinya, wanita kelahiran Jakarta itu berhasil memberikan piala bagi Indonesia saat menjuarai Piala Uber 1994 dan 1996. Tapi, torehannya jauh lebih berkilap setelah menjadi warga negara Belanda.

Masa keemasan pun mendatangi Mia ketika merebut medali perak Olimpiade Athena 2004 bagi kontingen Belanda. Dalam suatu kesempatan, Mia mengatakan kesuksesan yang diraihnya adalah buah dari kerja kerasnya selama ini.

"Prestasi tak ada datang dengan sendirinya, melainkan buah dari kerja keras yang Anda lakukan sebelumnya," ungkap Mia

Tak hanya kiprah cemerlangnya di Olimpiade Athena 2004, Mia mampu mencatat prestasi memukau bersama Negeri Kincir Angin, di antaranya ketika melakoni Swiss Open 2002. Pada debut laganya di turnamen itu, dia langsung bertengger di podium utama kategori tunggal putri. Lalu, prestasi juga ditorehkan Mia dalam ajang Jepang Open (2004), Jerman Open (2005),dan Belanda Open (2005).

Daniel Sahuleka

 

Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

 

Daniel Sahuleka adalah seorang penyanyi beraliran jazz berkewarganegaraan Belanda yang memiliki darah keturunan Ambon. Musisi berdarah campuran Maluku, Sunda, serta Cina ini lahir di Semarang, 6 Desember 1950.

Daniel memulai debut di dunia tarik suara di Eropa pada 1977 dengan single pertama, You Make My World So Colorful. Beberapa lagunya yang terkenal di Indonesia, seperti 'You Make My World So Colorful' yang muncul pada akhir 1970-an sebagai salah satu lagu dalam album Daniel Sahuleka (1976) dan 'Don't Sleep Away The Night' yang merupakan singel album dengan judul yang sama pada tahun 1981.

Pada awal kariernya sebagai penyanyi rekaman, Daniel bernaung di bawah Polydor (Belanda). Dirinya terus eksis dan terlibat dalam sejumlah festival jazz dunia. Dan pada 2004 kembali merilis album baru berisi lagu yang kuat diwarnai oleh nada dari tanah leluhurnya, Maluku.

Tielman Brother, band rock and roll legendaris

 

Artis dan Atlet Indonesia yang Pilih Pindah Warga Negara

The Tielman Brothers adalah band rock and roll legendaris meraih ketenaran di Belanda. Mereka memasuki blantika musik internasional pada 1950-an. Grup ini diawaki Reggy Tielman, Ponthon Tielman, Andy Tielman, Loulou Tielman, dan adik mereka, Jane Tielman.

Kelompok ini memulai karier setelah perang kemerdekaan Indonesia sebagai Timor Rhythm Brothers. Mereka telah mewarisi bakat musik dari sang ayah, Herman, prajurit KNIL berpangkat kapten.

Mereka pertama kali main di pesta-pesta pribadi dan untuk tentara Belanda ditugaskan di Indonesia selama Perang Kemerdekaan, 1946-1949. Sehabis itu, popularitas mereka meroket sampai akhirnya mendapat kesempatan berharga menggelar sebuah pertunjukan pribadi untuk Presiden Soekarno di salah satu istananya.

Bagi kebanyakan warga Euraia (Indo dalam istilah Hindia Belanda), seperti Tielman bersaudara, memiliki ayah warga Indonesia dan ibu keturunan Jerman, hidup di Indonesia menjadi makin tidak menentu dan berbahaya. Khususnya ketika Belanda dan Indonesia terlibat konflik Papau pada 1957.

Tielman bersaudara termasuk 300 ribu warga Indo pindah ke Belanda dan menetap di Kota Breda dengan minim perabotan. Saat masih anak-anak, mereka kerap menyetel lagu klasik dari grup The Everly Brothers berjudul Bye Bye Love di sebuah toko musik lokal. Pemiliknya setuju menjual kepada mereka satu set instrumen lengkap kelas atas dengan cara dicicil.

Andy Tielman pada gitar dan vokal menjadi pemimpin grup band itu. Mereka akhirnya mulai menjalani periode kesuksesan tur sampai merekam lagu mereka sendiri. Pada 1958, band sekarang dikenal sebagai The Four Tielman Brothers merilis rekaman pertama berjudul Rock Little Baby of Mine.

Mereka meraih sukses di Jerman di mana mereka mulai bermain di beberapa klub malam, terutama di kota-kota dengan markas tentara Amerika Serikat. Mereka juga menarik banyak penonton setiap kali tampil. Namun sayang, nama The Tielman Brothers di Indonesia hingga kini masih menjadi nama asing. The Tielman Brothers sudah terkenal di Eropa jauh sebelum The Beatles dan The Rolling Stones muncul.