10 Tips Menghasilkan Uang dari YouTube Termasuk bagi Pemula

NIKEKUKO -  Cara menghasilkan uang dari YouTube ternyata tidak hanya dari iklan atau monetisasi, melainkan melalui berbagai hal lain yang bisa dilakukan siapa saja. Tertarik mendapatkan duit dari sejumlah cara berikut ini?

Apakah kamu memiliki akun YouTube dan ingin menghasilkan uang dari sana? Kekinian, menghasilkan uang dari internet bukanlah hal yang mustahil.

Salah satu cara mendapatkan uang tersebut adalah lewat YouTube.Banyak konten kreator yang memanfaatkan YouTube untuk mendulang untung. Cara menghasilkan uang dari YouTube adalah memonetisasi akun melalui YPP, iklan, hingga keanggotaan channel.

 

10 Tips Menghasilkan Uang dari YouTube Termasuk bagi Pemula


10 Cara Menghasilan Uang dari YouTube dengan Mudah


1. Membuat Konten yang Menarik
 

Cara mendapatkan uang dari YouTube adalah membuat konten video yang menarik perhatian publik.
Tentukan dan fokus terhadap konten tersebut.Konsep dari video yang menarik dan tidak membosankan tentu akan membuat penonton tertarik.

Kreator yang cukup sukses dalam hal mendulang uang dari YouTube adalah gamers.Namun, ada banyak peluang lain yang bisa kamu ikuti dan tiru sesuai pertimbangan.

Rawat akun kamu secara berkala dengan menyuguhkan video setiap minggunya.Jangan lupa, promosi kepada teman agar mendapat pelanggan atau subscriber baru.Jika sudah mencapai ribuan, kamu bisa monetisasi akun seperti halnya YouTuber kaya yang mendulang uang dari sana.
 

2. Monetisasi akun YouTube

Cara menghasilkan uang dari YouTube adalah melakukan monetisasi pada akun melalui YouTube Partner Program (YPP). Memang tidak semua channel bisa bergabung dengan program ini. Pada awal 2018, pihak YoTube telah mengeluarkan aturan terbaru terkait monetisasi.

Jika sebelumnya diberlakukan syarat 10.000 penayangan untuk monetisasi. Saat ini saluran YouTube harus memiliki 1.000 pelanggan. Kemudian, telah mengumpulkan setidaknya 4.000 jam waktu tontonan dalam 12 bulan terakhir.

Untuk bergabung, caranya masuk ke account information, lalu klik Creator Studio pada menu di sebelah kiri.  Klik Channel dan Status and features, kemudian pilih Enable Monetisation dan setujui agreement yang ada. Setelah memenuhi syarat, pihak YouTube akan melakukan verifikasi dengan meninjau orisinalitas setiap video dalam channel tersebut.
 

3. Melalui AdSense

Selain penghasilan dari jumlah viewers, kamu juga bisa mendapatkan uang dari YouTube melalui iklan.

Cara dapat uang dari YouTube adalah melakukan associate dan approved AdSense account kamu ke YouTube account. Track penghasilan nantinya dapat tersedia pada fitur YouTube Analytic.

Akun kamu dapat berbayar setelah melengkapi dan mengikuti YouTube payment threshold. Iklan biasanya akan mulai muncul pada video yang diunggah setelah monetisasi diaktifkan.  Pihak YouTube pun akan melakukan verifikasi lanjutan.
 

4. Mengikuti Keanggotaan Channel

Pengikut setia bisa membayar biaya keanggotaan bulanan dan sebagai gantinya mereka akan menerima konten khusus dari kamu. Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 30.000 subscriber.Cara mengaktifkannya adalah login ke akun Google, pilih tab Memberships, klik Get Started dan ikuti petunjuk di layar.
 

5. Melalui Rak Merchandise

 
Rak merchandise memungkinkan kamu menjual pernak-pernik resmi yang terkait dengan brand dan kanal YouTube kamu. Cara mendapatkan uang dari YouTube melalui fitur yang satu ini cukup menguntungkan.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu harus berusia 18 tahun dan memiliki lebih dari 10.000 subscriber.

Caranya cukup login ke YouTube Studio. Lalu, di menu sebelah kiri klik Monetization dan klik tab Merchandise. Kamu hanya akan melihat opsi ini jika channel kalian eligible. Ikuti petunjuk yang ada di layar.
 

6. Kerja Sama Endorse
 

Hal ini sering disebut juga dengan endorse. Kamu bisa melakukan kerja sama dengan brand ternama atau seseorang yang memiliki produk tertentu.

Melalui video yang diunggah, kamu bisa melakukan soft promotion bahkan dengan mencantumkan link produk dalam kolom deskripsi.

Banyak para vlogger dan YouTuber yang membuat konten review tentang barang tertentu. Jika diamati, saluran-saluran YouTube milik Vlogger atau YouTuber terkenal pasti terdapat beberapa iklan.

Sponsorship dan advertisement di dalam dunia YouTube memiliki peran yang penting untuk menghasilkan uang. Jika ingin mendapatkan uang dari YouTube, salah satu caranya adalah carilah sponsor.
 

7. Menjual Video di Website

 
Bagi para YouTuber pemula, cara dapat uang dari YouTube lewat yang satu ini bisa kamu pertimbangkan. Gunakan akun website penjualan video untuk mempromosikan channel kamu.

Caranya dengan menyertakan bentuk teaser yang akan diarahkan pada akun YouTube untuk melihat versi lengkap dari video tersebut.

8. Melakukan Live
 

Jika kamu sudah memiliki penggemar dan banyak pengikut di YouTube, melakukan live streaming bisa dilakukan.  Ini untuk meningkatkan kepercayaan kepada para penggemar. Selain itu, kamu juga bisa berkomunikasi secara langsung dengan para subscriber.

Kamu juga bisa melalui Super Chat dan Super Stickers.  Ini adalah cara untuk berinteraksi dengan subscriber dan penggemar lewat live chat. Namun, agar bisa mendapatkan uang, penggemar kamu bisa membayar agar pesan yang mereka kirim bisa disorot di live chat.

Untuk mengaktifkan fitur ini dan mendapatkan uang, caranya login ke YouTube Studio dan klik opsi Monetization di menu sebelah kiri.Di menu sisi atas yang ada di dashboard utama, klik Live Chat lalu Get Started.  Ikuti petunjuk yang ada di layar.
 

9. YouTube Premium

Cara menghasilkan uang dari YouTube adalah dengan mendapatkan YouTube Premium Revenue.

YouTube memang memiliki opsi berlangganan yang disebut Premium. Jika seorang pengguna YouTube Premium menonton video yang kamu unggah, nantinya kalian akan mendapatkan porsi.

Ini dari biaya berlangganan yang dibayarkan pengguna tersebut. Kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengaktifkan fitur ini.  Tapi, selalu pastikan konten kamu mengikuti panduan komunitas YouTube agar bisa mendapatkan uang dari YouTube Premium.
 

10. Kreatif dan Konsisten
 

Bersaing di industri digital kreatif tentu saja dituntut untuk terus berpikir maju dan dinamis. Untuk itu, supaya tetap memiliki banyak viewers, kamu harus selalu memikirkan dan menyajikan konten-konten berkualitas.

Selain itu, konten yang kemungkinan disukai oleh banyak penonton. Kamu bisa memanfaatkan Google Trends untuk melakukan riset keywords. Ini untuk mencari konten apa yang sedang tren dan banyak diminati oleh penonton.

Kamu juga harus konsisten untuk mengunggah video YouTube terbaru. Jangan sampai, kamu tak mengunggah video baru dengan rentang waktu yang lama.