Bidadari Surga Tercipta dari Bunga Zafaraan


Bidadari Surga Tercipta dari Bunga Zafaraan


NIKEKUKO -
Sang Maha Pencipta Allah SWT menciptakan bidadari surga tanpa melalui proses kelahiran seperti manusia. Namun, Sang Maha Segalanya menitahkan wanita-wanita cantik itu dengan kalimat Nya, "Kun fa ya kun" yang berarti yang terjadi terjadi lah.

"Kami menciptakan mereka (bidadari-bidadari itu) secara langsung, lalu kami jadikan mereka perawan-perawan yang penuh cinta (dan) sebaya umurnya untuk golongan kanan, segolongan besar dari orang-orang terdahulu, dan segolongan besar pula dari orang yang kemudian,". (QS Al Waqi'ah [56] 35-30).

Mungkin karena secara langsung itu, bahan baku penciptaan bidadari surga berbeda dengan wanita bumi. Seperti diketahui, manusia diciptakan dari unsur tanah yaitu Nabi Adam sebagai manusia pertama.

Selanjutnya penciptaan manusia melalui proses embrional hingga wujud dalam bentuk bayi. Jika menilik dari ayat tersebut, tentu saja penciptaan bidadari surga tidak melalui proses seperti wanita di bumi.

Ada beberapa hadis menyebutkan soal bahan baku penciptaan bidadari-bidadari surga. Dikutip dari buku Misteri Bidadari Surga, karya Joko Syahban, Baihaqi meriwayatkan hadis dari Anas bin Malik bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Bidadari yang bermata jeli diciptakan dari za'faran,". Hadis yang sejenis tersebut di atas juga diriwayatkan oleh Ath Thabrani.

Hadis lain yang diriwayatkan Abu Nu'aim yang berkata bahwa Rasulullah bersabda, "Sekiranya bidadari berludah di tujuh lautan bumi, pasti airnya berubah menjadi tawar karena saking tawarnya mulut bidadari surga tersebut. Bidadari surga yang bermata jelita diciptakan dari za'faraan,".

Seperti dihimpun, Za'faraan ialah sejenis bunga berharga yang memiliki banyak kasiat. Bunga Za'faraan mempunyai 3 kelopak bunga dan 3 kelopak daun yang berwarna ungu.