5 Tempat dengan Fenomena Teraneh di Dunia

Nikekuko.com - Dunia ini terdapat begitu banyak tempat yang menyimpan berbagai fenomena aneh sekaligus unik. Begitu sangat  misteriusnya, para ahli bahkan tidak mampu menjelaskan peristiwa atau penampakan tidak biasa yang terjadi di sebuah wilayah.

Sebab sifat anomalinya tersebut, tempat-tempat ini justru menjadi destinasi wisata yang sukses menyedot perhatian warga dunia. Nah, apa saja tempat-tempat dengan fenomena paling misterius di dunia? Berikut  5 tempat dengan fenomena paling aneh di dunia.

1. 'Hessdalen Lights' (Lampu Hessdalen) di Norwegia

 

5 Tempat dengan Fenomena Teraneh di Dunia

Bagi para penggemar teori konspirasi UFO pastilah tidak asing dengan fenomena Lampu Hessdalen di lembah Hessdalen, Norwegia tengah. Soalnya, di sepanjang lembah Hessdalen, orang-orang bisa menyaksikan fenomena alam berbentuk cahaya berwarna-warni yang menghiasi langit. Lampu Hessdalen ini ternyata sudah mulai menghiasi langit lembah Hessdalen sejak tahun 1930-an.

Bola-bola cahaya ini bahkan muncul pada siang ataupun malam hari, dan suka bergerak atau melayang melewati lembah. Lampu Hessdalen diketahui bisa berukuran sebesar mobil hingga bertahan lebih dari satu jam. Sampai saat kini, banyak penelitian dari organisasi pecinta UFO, ilmuwan, mahasiswa, hingga jurnalis, tidak bisa menjelaskan fenomena bola langit secara ilmiah.

2. The Devils' Sea (Laut Setan) di perairan Jepang

 

5 Tempat dengan Fenomena Teraneh di Dunia

Dinamakan t juga dengan Segitiga Bermuda Pasifik, Laut Setan yang terletak di wilayah Pasifik, sebelah selatan Tokyo, Jepang ini juga sangat terkenal dengan fenomena misteriusnya. Persis seperti Segitiga Bermuda di Samudra Atlantik, Laut Setan ini juga menjadi salah satu destinasi bagi paranormal. Sebabnya, Laut Setan ini juga menyimpan banyak cerita seperti kapal-kapal yang hilang secara misterius hingga penampakan monster laut oleh seorang veteran prajurit Jepang.

Begitu sangat berbahayanya, Laut Setan ini juga dijuluki sebagai 'Dragon Triangle' (Segitiga Naga) serta Devil’s Triangle (Segitiga Setan). Justru, pada sekitar tahun 1952, pemerintah Jepang sempat mengirim kapalnya, Kaiyo Maru No 5, ke perairan Laut Setan untuk menyelidiki berbagai kasus terkait dengan hilangnya berbagai kapal yang melintasi wilayah tersebut. Akan tetapi, kapal tersebut berakhir tragis lantaran ikut lenyap tanpa jejak. Usai insiden ini, pemerintah Jepang pun langsung melabeli Laut Setan sebagai zona laut berbahaya.

3. Devil’s Kettle (Ketel Setan) di AS

 

5 Tempat dengan Fenomena Teraneh di Dunia


Bila  kamu penggemar wisata alam, sempatkanlah untuk mengunjungi air terjun termisterius di dunia, 'Devil’s Kettle' (Ketel Setan) di Judge C.R. Magney State Park, Minnesota, Amerika Serikat (AS). Oleh karena, aliran air terjun ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu sisi timur yang berakhir di sebuah kolam air, serta sisi barat yang airnya jatuh ke sebuah lubang batu.
 

Disisi barat air terjun inilah yang kemudian menjadi pusat perhatian lantaran orang tidak tahu kemana aliran air berakhir. Bukan itu saja, Ketel Setan ini makin menarik para ilmuwan karena benda apapun yang dilemparkan ke dalam akan hilang selamanya.

4. Kawah Patomskiy atau Kawah Patom di Siberia


5 Tempat dengan Fenomena Teraneh di Dunia



Kawah raksasa yang terletak di area hutan di utara Irkutsk, Siberia, ini menjadi salah satu tempat paling misterius lantaran asal-usulnya yang masih belum terpecahkan. Bukan hanya itu, formasi batu berdiameter sekitar 160 meter dan tinggi sekitar 40 meter ini menyimpan banyak cerita mengerikan.

Oleh penduduk setempat, Kawah Patom dijuluki 'Sarang Elang Api' karena tidak dihuni oleh satupun jenis tumbuhan atau hewan. Uniknya, pohon-pohon di luar kawah Patom justru tumbuh dengan lebat. 

Walaupun penemu Patom, Vadim Kolpakov, mengklaim bahwa kawah ini terbentuk 500 tahun yang lalu, tetapi hipotesa Kolpakov tersebut bertentangan dengan prediksi usia yang disampaikan oleh para peneliti Siberia pada sekitar 2010 lalu. Sebab, oleh para ilmuwan Siberia, kawah tersebut diklaim berusia 300-350 tahun.

Tetapi, baik Kolpakov ataupun ilmuwan Siberia dianggap belum bisa membuktikan penjelasan akurat terkait dengan bagaimana kawah ini terbentuk.

5. 'Sungai Mendidih' di Peru

 

5 Tempat dengan Fenomena Teraneh di Dunia

Ilmuwan meyakini bahwa Sungai Mendidih di jantung hutan Amazon Peru adalah sungai termal terbesar di dunia. Oleh karena, sungai ini mengalirkan panas hingga empat mil jauhnya serta 80 kaki di titik terlebar dan 16 kaki di titik terdalam sungai.Bukan hanya itu saja, suhu Sungai Mendidih dilaporkan mencapai suhu maksimum lebih dari 200 derajat Fahrenheit (93 derajat Celsius).

Samapi-sampai, sebuah proyek yang dipimpin oleh ahli geotermal Andres Ruzo mengungkapkan bahwa berbagai hewan yang jatuh ke bagian sungai bersuhu paling tinggi dilaporkan langsung mati. Sehingga sungai ini pun menjadi misterius lantaran tidak hanya ukurannya yang sangat luas, tetapi juga karena lokasi sungai ini berada jauh (sekitar 700 km) dari daerah vulkanik.