Cara Simpel Dan Sederhana Membahagiakan Diri Sendiri

 

Cara Simpel Dan Sederhana Membahagiakan Diri Sendiri

Nikekuko.com - Merasa bahagia bisa membantu kita lebih menikmati hidup ,meskipun kita kerap menghadapi banyak rintangan. Hidup merupakan perjalanan yang tidak dapat diprediksi. Setiap orang pasti mengalami akan menemui kesedihan, kekecewaan, frustrasi, dan perasaan negatif lainnya akibat peristiwa yang dialami dalam hidup.

Akan tetapi, penting untuk mengetahui cara untuk tetap bahagia setiap hari, meskipun kita sedang menghadapi kesulitan. Bila kita membuat kebahagiaan kita tergantung dengan orang lain, maka kita akan sering mengalami kekecewaan.
 

Berikut kamu bisa mengikuti cara mudah membahagiakan diri sendiri setiap hari: 
 

Katakan Hal Baik Kepada Diri Sendiri


Ada kalanya kita bisa berbicara dengan suara kecil di dalam kepala. Kamu bisa mengontrol suara tersebut, meskipun terkadang suara tersebut terkesan berbeda dengan diri Kamu.

Kamu merasa senang ketika orang lain mengutarakan hal positif tentang diri Kamu. Hal tersebut sama dengan ketika Kamu berbicara hal positif tentang diri sendiri. Kalau Kamu mengatakan kepada diri Kamu bahwa Kamu sedih, maka otak akan percaya dan Kamu pin benar-benar merasa sedih. 

Pahami bahwa Hidup adalah Proses


Ada kalanya orang menaruh banyak tekanan pada diri sendiri dengan cara menetapkan tujuan atau impian hidup pada usia tertentu. Misalnya, banyak yang berkata, “ Saya sudah harus bisa beli rumah di usia 27 tahun,” atau “Saya harus menikah di usia 25 tahun”.

Jika gagal mencapainya, banyak yang mulai membenci diri atau merasa malu terhadap diri sendiri. Hal ini merupakan salah satu penyebab depresi. Oleh karena itu, penting untuk menerima diri Kamu apa adanya dan terus bekerja mencapai tujuan. Jangan terlalu terpaku dengan waktu, karena hidup adalah proses.
 

Jangan Membandingkan Diri dengan Orang Lain


Diantara salah satu cara membahagiakan diri sendiri yang paling penting. Kebanyakan orang membuat kesalahan dengan cara membandingkan diri dengan orang lain, khususnya teman-teman seusia. Pada saat mereka melihat orang lain menjalani hidup yang menurut mereka lebih baik dari kehidupan mereka saat ini, mereka mulai membenci diri sendiri.

Anda perlu tahu bahwa setiap orang memiliki proses perjalanan hidup yang berbeda-beda. Stop membandingkan diri dengan orang lain dan percayalah bahwa dengan bekerja keras, suatu saat Kamu akan mendapatkan apa yang diinginkan.
 

Selalu Memaafkan Diri Sendiri

Kebanyakan orang yang menyalahkan diri sendiri dalam waktu yang lama ketika mereka melakukan kesalahan. Jika anda terus menyalahkan diri sendiri, lama kelamaan anda akan membenci diri sendiri. Begitu sulit untuk membahagiakan diri jika Kamu membenci diri sendiri.
Bila melakukan kesalahan, coba pahami secara menyeluruh. Kalau anda memang salah, akui kesalahan tersebut, lalu tanyakan kepada diri sendiri, bagaimana agar  bisa melakukannya lebih baik di kemudian hari.
 

Hindari Orang-orang yang Membuat Kamu Berpikir Negatif Terhadap Diri Sendiri

Di kehidupan, mungkin ada orang-orang di sekitar yang ingin membuat anda merasa negatif terhadap diri Kamu sendiri. Bisa saja orang-orang ini adalah orang yang anda sayangi dan hormati. Mungkin orang-orang ini adalah keluarga, teman, atau bahkan pasangan Kamu.  Orang-orang seperti ini merupakan orang toxic, dan Kamu sementara menjauh saja dari mereka. Kalau  terus menerus berada di sekitar mereka, Kamu akan sulit untuk bahagia.
 

Prioritaskan Kesehatan

Membatasi konsumsi makanan tidak sehat dan lebih banyak mengonsumsi sayuran dan buah, olahraga rutin, dan minum vitamin tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, namun juga untuk kesehatan mental. Pola makan yang  kesehatan juga termasuk salah satu bentuk mencintai diri sendiri. Supaya menjaga kesehatan juga termasuk salah satu cara membahagiakan diri sendiri.
 

Keluarkan Uang untuk Diri Sendiri

Hal ini merupakan salah satu cara membahagiakan diri sendiri yang juga sangat penting. Biasanya Kamu perlu memanjakan diri sebagai salah satu cara untuk bahagia. Oleh sebab itu, tidak perlu ragu mengeluarkan uang untuk kebahagiaan Kamu sendiri. Tentunya gunakan uang dengan bijak, tidak dalam maksud foya-foya.
 

Luangkan Waktu untuk Bersenang-senang

Dalam suasana kehidupan yang sibuk, anda tidak boleh lupa untuk bersenang-senang.  Bukan hanya memikirkan pekerjaan terus menerus. Sehingga otak akan lelah jika Kamu melakukan aktivitas yang setiap hari tanpa menyisihkan waktu luang untuk bernapas.
 

Menolong Orang yang Membutuhkan
Menolong orang juga merupakan salah satu cara membahagiakan diri sendiri.  Sangat penting untuk menunjukkan rasa cinta dan peduli kepada orang-orang yang membutuhkan.  Kegiatan dalam melakukan kebaikan seperti ini akan membantu anda merasa lebih baik dan puas dengan diri sendiri.