Dampak Negatif dan Positif Tersedianya Jalan TOL

Dampak Negatif dan Positif Tersedianya Jalan TOL
 

Nikekkuko.com - Sebaiknya kita mengetahui beberapa hal kelebihan dan kekurangan jika melintas jalur TOL ( tax on location)

Untuk ini kita akan membahas mengenai dampak  keuntungan/positif dan kerugian/negatif membangun jalan tol

 Dampak Positif adanya jalan tol :

- Lalu lintas kendaraan roda empat bisa lebih lancar dan cepat sehingga mengurangi pembuangan bahan bakar akibat kemacetan di jalan umum.

- Kontrol keamanan di jalan lebih mudah karena terbatas hanya kendaraan tertentu yang boleh melintas.

 

- Ada keuntungan ekonomi dari biaya lewat jalan tol. biaya ini bisa digunakan untuk pemeliharaan jalan, atau pembukaan jalan tol baru.

 

- Memberikan lapangan pekerjaan seperti manajemen, petugas pintu tol, security, pekerja konstruksi bangunan, dan yang lainya.

 

- Mengurangi resiko terjadinya kecelakaan karena lalu lintas di jalan tol bisa lebih terkontrol baik itu dari segi kecepatan, jenis kendaraan, maupun rambu-rambu lalu lintas.

 

Dampak Negatif membangun jalan tol

 

- Ekonomi masyarakat disekitarnya tidak mendapat imbas dari lalu lintas jalan tol, hal ini berbeda dengan jalan biasa yang disitu para pengemudi bisa istrirahat sejenak di warung makan milik warga, para tukang tambal ban bisa kecipratan rezeki dari musibah ban bocor kendaraan. 

 

Jika di jalan tol itu istirahatnya di rest area yang rata-rata pemiliknya adalah pengusaha besar, namun hal ini bisa disiasati oleh pemerintah dengan memberikan kesempatan kepada pengusaha kecil menengah untuk turut mengisi rest area.

 

- Warga kesulitan menyeberang jalan karena yang namanya tol itu tertutup rapat bagi pejalan kaki, salah satunya jalan untuk menyeberang yaitu harus memutar di terowongan atau jembatan penyeberangan yang sudah disediakan, jika lokasinya jauh maka itu cukup merepotkan

 

- Memacu masyarakat untuk membeli kendaraan roda empat sehingga kebutuhan bahan bakar secara nasional meningkat.

 

- Cuma kendaraan jenis tertentu yang boleh lewat jalan tol, sehingga sebagian masyarakat tidak bisa menikmati. hal ini berbeda dengan jalan biasa yang siapa saja boleh lewat diatasnya.

 

- Harus bayar untuk boleh lewat tol, sedangkan jalan umum itu gratis.

 

Pastinya masih banyak lagi keuntungan dan kerugian membangun jalan tol, yang jelas banyak sekali manfaatnya.