Sertifikat yang Perlu Disiapkan Untuk Melamar Kerja, Cepat di Lirik Perusahaan

 

Sertifikat yang Perlu Disiapkan Untuk Melamar Kerja, Cepat di Lirik Perusahaan
gambar ilustrasi

Nikekuko.com - Selepas wisuda, beberapa orang kepikiran untuk langsung mencari pekerjaan. Tekat dan niat, kamu juga harus mempersiapkan beberapa dokumen yang diperlukan untuk melamar kerja mulai dari sekarang. Apa saja sertifikat  yang perlu kamu persiapkan?. 

 

Didalam dunia kerja, mencari pekerjaan memang gampang-gampang susah, terlebih jika kamu kurang menguasai bidang yang ingin kamu geluti. Supaya kamu dapat dilirik oleh perusahaan tentunya ada beberapa syarat wajib yang harus dipenuhi saat melamar kerja. Diluar kemampuan yang harus dimiliki, kamu juga wajib menyiapkan beberapa dokumen

 

Jadi, agar bisa dipekerjakan untuk suatu pekerjaan, kamu harus memenuhi beberapa persyaratan wajib saat melamar pekerjaan. Selain keterampilan atau skill yang harus dimiliki oleh karyawan, para pencari kerja juga diwajibkan untuk mempersiapkan berbagai dokumen, seperti :

  1. surat lamaran kerja,
  2. CV (Curriculum Vitae) atau portofolio,
  3. fotokopi ijazah dan transkrip nilai,
  4. fotokopi KTP dan KK,
  5. pas foto,
  6. SKCK (surat keterangan catatan kepolisian),
  7. surat keterangan sehat,
  8. surat keterangan pengalaman kerja dan
  9. sertifikat yang berguna untuk melamar kerja.


Sertifikat yang berguna untuk melamar kerja juga penting untuk menambah kualifikasi yang kamu miliki. Pada masa ini mendapatkan sertifikat guna mensupport kamu mencari kerja tak selalu harus offline atau ikut kursus di suatu tempat.

Pada masa digital, banyak kursus yang juga bisa kamu ikuti secara online. Dengan jalan mendapatkan sertifikat online gratis bisa kamu cari di berbagai kursus online seperti kursus digital marketing dan sebagainya.

Berikut Sertifikat  Yang Perlu Disiapkan Untuk Melamar Kerja.
 

1. Pilih Sertifikat Sesuai dengan Bidang Pekerjaan yang akan dilamar

Tak semaunya dalam memilih sertifikat yang akan ditulis di CV kamu. Justru berlaku bagi mereka yang merupakan lulusan baru yang telah memiliki banyak sertifikasi. Alasannya, tidak semua sertifikat ini relevan dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.

Bila kamu memasukkan sertifikat yang salah, peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan akan semakin rendah. Maka, pilihlah sertifikat yang benar-benar sesuai dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar.

Misalnya aja aku dulu saat melamar kerja sebagai staff accounting, aku lampirkan sertifikat brevet pajak karena masih berkaitan.

Mempunyai sertifikat yang berkaitan dengan accounting seperti sertifikat brevet pajak juga bisa berdampak pada gaji atau salary kamu. Bahkan bisa jadi mendapatkan gaji sebagai staff accounting yang lebih tinggi daripada mereka yang tak memiliki sertifikatnya.

 

 2. Pilih Sertifikat yang diminta saat Melamar Pekerjaan

Sangatlah wajib saat melamar pekerjaan. Biasanya perekrut meminta kandidat untuk memiliki sertifikat tertentu. Umumnya digunakan pada posisi yang membutuhkan keahlian khusus.

Bila kamu ingin melamar posisi yang memenuhi ketentuan ini, pastikan kamu sudah memiliki sertifikasi yang disyaratkan. Sebab penting untuk meningkatkan peluang kamu mendapatkan pekerjaan.

 

3. Pilih Sertifikat yang Menunjukkan Pencapaian dan Prestasi kamu

Selaku lulusan baru, tentunya kamu akan memiliki pengalaman yang berbeda sebagai mahasiswa, baik di jurusan akademik maupun non akademik. Apabila kamu memiliki pencapaian atau pencapaian tersebut, kamu dapat melampirkan sertifikat ke CV kamu. Dapat melampirkan sertifikat workshop atau proyek penelitian yang kamu ikuti.

 

4. Pilih Sertifikat yang Menunjukkan Kemampuan kamu

Hal ini, sertifikasi kamu dapat digunakan untuk membuktikan bahwa kamu memiliki beberapa keterampilan yang berharga di luar pekerjaan yang kamu butuhkan.

Contohnya, bila kamu melamar posisi pengembang website dan menyertakan sertifikasi spesialis situs mobile web di CV kamu, perekrut akan tahu bahwa kamu memiliki lebih banyak keterampilan, yang dapat meningkatkan peluang kamu untuk diwawancarai.

 

Berikut Contoh Sertifikat yang Berguna untuk Melamar Kerja

  • Sertifikat Kepanitiaan (Dengan kegiatan ini, kamu akan mendapatkan pengalaman dalam mengkoordinasikan, bekerja sama, dan mengatur acara dengan cermat.)
  • Sertifikat Seminar atau Workshop ( Bagi para peserta seminar, seminar online bersertifikat 2020 atau seminar offline-pun biasanya menerima sertifikat peserta yang dapat dilampirkan pada surat lamaran kamu.Bisa membuat perbedaan bagi perusahaan karena kamu tampak aktif dan bersemangat untuk belajar.)
  • Sertifikat TOEFL  (Test of English as a Foreign Language) adalah sebuah uji kemampuan dalam berbahasa inggris. Hal ini, ujian TOEFL ini dibuat oleh ETS (Educational Testing Service) yang pusatnya ada di Amerika Serikat untuk seluruh peserta ujian yang ada di dunia.)
  • Sertifikat Pajak atau Sertifikat Brevet Pajak ( salah satu sertifikat yang berguna untuk melamar kerja. Terutama buat kamu yang lagi mengincar posisi sebagai accounting atau bagian pajak di suatu perusahaan.)
  • Sertifikat Kursus Full Stack Web Developer (Mempunyai sertifikat dari kursus full stack web developer akan bisa menaikan nilai atau value kamu di mata perusahaan sebagai pemberi kerja jika kamu ikut bekerja sebagai karyawan atau staff IT.)

Merinci tentang apa saja sertifikat persyaratan lamaran kerja yang perlu kita siapkan sebagai senjata dalam melamar pekerjaan.Terpenting pada saat melamar kerja, jangan terlalu banyak melampirkan sertifikat, cukup masukkan yang sesuai pekerjaan saja.  Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi kamu.