Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Nikekuko.com -  Ternyata ada banyak ilmuwan Indonesia yang mendunia? Dan karya-karya ilmuwan Indonesia diakui oleh dunia?

Perlu tahu bahwa anak bangsa dari dulu mempunyai prestasi yang menghasilkan temuan dan dunia memakai atau menggunakannya. Diambil dari berbagai sumber, berikut ini  ilmuwan Indonesia dengan temuannya yang mendunia di antaranya.


Berikut adalah ilmuwan dan hasil penemuannya:

1. BJ Habibie

 

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Selama hidupnya, BJ Habibie di antaranya identik dengan julukan Bapak Teknologi. Angkatan alumnus Universitas Teknologi Rhein Westfalen Aachen, menorehkan sejumlah karya besar yang diakui oleh dunia.


Yakni pertama pencapaiannya atas kelahiran N-250 Gatotkaca, pesawat pertama Indonesia yang melakukan penerbangan perdana pada 10 Agustus 1995. Hasil karya besar lain adalah Teori Crack Propagation, sebuah solusi untuk mendeteksi rambatan kerusakan konstruksi pada badan pesawat.
 

Adapun kontribusi BJ Habibie berhasil meringankan bobot pesawat kosong, tanpa berat penumpang dan bahan bakar, hingga 10 persen dari sebelumnya. Angka penurunan ini bisa mencapai 25 persen setelah material komposit dimasukkan ke dalam tubuh pesawat.

2. Adi Utarini

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Di akhir tahun 2020, Indonesia kembali dibanggakan atas pencapaian salah satu ilmuwan sains bernama Prof dr Adi Utarini, MSc, MPH, PhD, yang masuk ke daftar Nature's 10: Ten People Who Helped Shape Science in 2020 dari jurnal ilmu pengetahuan Nature.

Dilansir dari laman CNBC Indonesia, Prof Adi Utarini memimpin uji coba perintis dari sebuah teknologi yang dapat membantu memberantas demam berdarah, penyakit yang menyerang hingga 400 juta orang di seluruh dunia setiap tahunnya.


Dari hasil penelitian Prof Adi Utarini dan tim berhasil mengurangi kasus demam berdarah hingga 77 persen di beberapa kota besar di Indonesia. Sebuah penemuan yang manfaatnya telah diakui dunia.

3. Tri Mumpuni

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Bukan hanya Adi Utarini, pada 2020 Direktur Institut Bisnis dan Ekonomi Kerakyatan (IBEKA) Tri Mumpuni juga masuk dalam 22 Most Influential Muslim Scientists. Daftar The 500 Most Influential Muslims ini diterbitkan Royal Islamic Strategic Studies Centre.

Dia ikut mengembangkan kemandirian masyarakat di kawasan-kawasan terpencil melalui pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH). Pada saat ini, IBEKA telah membangun setidaknya 65 PLTMH di desa-desa terpencil di berbagai pelosok Nusantara.

Dengan jasa Tri Mumpuni, desa terpencil yang awalnya gelap gulita menjadi terang benderang. Hasil dari karya Tri Mumpuni tentunya patut mendapat pengakuab Indonesia dan seluruh dunia.

4. Dr Joe Hin Tjio

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Selanjutnya, ilmuwan kelahiran Pekalongan ini berhasil menemukan fakta jumlah kromosom dalam tubuh manusia. Pada tiap manusia ternyata memiliki 46 buah alias 23 pasang kromosom yang membawa milyaran DNA.


Sedangkan penelitiannya dilakukan di laboratorium Institute of Genetics of Sweden's University of Lund dan dipublikasikan di Hereditas. Jurnal genetika ini telah memiliki kredibilitas yang diakui dunia.

5. Prof Dr Mezak Arnold Ratag

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Asal Malang, Jawa Timur ini ilmuan ini, berhasil menemukan lebih dari 100 buah nebula planeter baru. 4 September 1962 dia lahir, Prf Mezak telah mempublikasikan seratus lebih karya ilmiah nasional dan internasional.
 

Sedangkan namanya Prof Mezak bahkan diabadikan di 120 Planetary Nebula Cluster seperti Ratag-Zijlstra-Pottasch-Menzies dan Ratag-Pottasch cluster. Begitu juga sama seperti ilmuwan lain, hasil riset Prof Mezak wajib mendapat pengakuan nasional dan internasional.

6. Khoirul Anwar

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

 

Seorang ilmuwan Indonesia yang menemukan konsep dua Fast Fourier Transform (FFT) dia adalah Khoirul Anwar. Pada teknologi ini lebih dikenal dengan nama 4G LTE di masyarakat umum.


Adapun konsep FFT menjadi standar International Telecommunication Union (ITU) yang dipatenkan pada 2005. Dia adalah alumnus Nara Institute of Science and Technology (NAIST) Jepang ini juga punya hak paten lain, misalnya sistem deteksi illegal transmitter yang berpotensi dipakai dalam teknologi 5G.


7. RM Sedyatmo

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

Alumnus Institut Teknologi Bandung (ITB) tahun 1934 ini menemukan sistem arsitektur infrastruktur yang dikenal dengan pondasi cakar ayam. Diantaranya tempat yang menggunakan temuan Prof Ir RM Sedyatmo adalah landasan pacu Bandar Soekarno Hatta.

8. Randall Hartolaksono

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

 

Selanjutnya, Randall Hartolaksono yakni ilmuwan lulusan University of London asal Indonesia. Beliau berhasil menemukan bahan bakar dari kulit singkong yang banyak digunakan perusahaan otomotif dunia.

Temuannya yakni bahan bakar  yang anti api dan anti panas diakui perusahaan otomotif dunia, seperti Petronas, dan Ford. Dia sebelumnya mengenyam pendidikan formal di SMA Pangudi Luhur, Jakarta.

9. Yogi Ahmad Erlangga

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

 

Ilmuan Yogi Ahmad Erlangga berhasil menyelesaikan persamaan Helmholtz menggunakan matematika numerik secara cepat (robust). Penemuannya, proses penyelesaian data seismik menjadi ratusan kali lebih cepat.

Penemuan alumni Teknik Penerbangan ITB ini juga menjadi angin segar bagi perusahaan minyak bumi. Kalangan insinyur minyak berhasil menyelesaikan berbagai data dengan lebih cepat dan akurat. Diantaranya perusahaan minyak yang tertarik dengan temuan ini adalah Shell.

10. Warsito P Taruno

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia


Namanya yakni, Warsito P Taruno adalah peneliti Indonesia yang berhasil menemukan alat terapi kanker.Gagasannya bermula dari keinginan membantu sang kakak yang mengalami kanker payudara stadium IV.

Setelah kembali dari Jepang, dia membuat alat terapi kanker Electro-Capacitive Cancer Therapy (ECCT).  Temuan alat ini kemudian lebih dikenal dengan nama jaket Warsito. Walau mengalami kontroversi, temuan ini mendapat tempat di masyarakat lokal dan global.

11. Muhammad Nurhuda

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia
 

Dosen Fakultas MIPA Universitas Brawijaya yakni Muhammad Nurhudayang berhasil menciptakan kompor ramah lingkungan. Lalu kompor temuannya berhasil menarik perhatian negara-negara Asia Pasifik dan Amerika.

Dia juga mengembangkan Rancang Bangun Pilot Plan Gasifikasi Sampah Menjadi Syngas untuk Alternatif Pembangkit Energi Listrik yang Ramah Lingkungan. Ide rancangannya menghasilkan limbah kurang dari batas minimum WHO

12. Tjokorda Raka Sukawati

Temuan Anak Bangsa yang Mendunia

 

Insinyur Indonesia yang menemukan konstruksi Sosrobahu atau sistem Landasan Putar Bebas Hambatan (LPBH) dia adalah bernama Tjokorda Raka Sukawati . Sistem ini memudahkan pembangunan jalan layang tanpa mengganggu lalu lintas.
 

Karya hasil pembangunan jalan layang tidak menimbulkan kemacetan atau gangguan arus lalu lintas lainnya. Karya temuan alumni teknik sipil ITB ini digunakan untuk membangun jembatan di Seattle.
Semoga bisa terinsipirasi kesuksesan para ilmuwan Indonesia generasi baru.