Ciri Kulit Wajah Terinfeksi Kosmetik Mengandung Merkuri

 

Ciri Kulit Wajah Terinfeksi Kosmetik Mengandung Merkuri

Nikekuko.com -  Raksa (Hg) bisa juga kita kenal Merkuri, yang merupakan logam berat yang secara alami berada di alam. Zat ini dapat beracun bagi kesehatan dan lingkungan apabila tidak dikontrol penggunaannya.
 

Pada kosmetik, merkuri terbagi dalam dua bentuk, yaitu anorganik dan organic. Merkuri anorganik digunakan dalam sabun dan krim pemutih kulit. Sedangkan, merkuri organik banyak dipakai untuk produk pembersih riasan dan maskara.


Pada sebagian orang sudah mengidentikkan merkuri dengan produk pencerah wajah, sehingga tak sedikit yang sudah sadar akan bahayanya. Bahkan dengan adanya peringatan dari BPOM RI.

Upaya mengihindari konsumsi merkuri pada kosmetik, kamu bisa menghindari membeli produk kecantikan yang tidak memiliki daftar kandungan, tidak ada petunjuk penggunuaan dalam bahasa Inggris, dan tidak memiliki reputasi legalitas BPOM RI.

Sangat Bahaya Menggunakan Kosmetik yang Mengandung Merkuri


Sesuai bahan aktif, merkuri dapat mencerahkan warna kulit dan mengurangi bintik-bintik hitam. Akan tetapi, ada sejumlah efek samping dan ini dapat berdampak serius bagi kesehatan kamu.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus betina menunjukkan bahwa merkuri dapat memengaruhi ginjal, hati, dan otak tikus tersebut. Adanya laporan lain menyebutkan bahwa logam ini dapat menyebabkan gangguan kognitif, kerusakan ginjal, sakit kepala, kelelahan, tremor, Depresi, dan keluhan lainnya pada penggunanya.

Keadaan atau kondisi lebih buruknya lagi, menurut Food and Drug Administration (FDA) di Amerika Serikat, dikatakan bahwa apabila produk ini digunakan dari waktu ke waktu, merkuri dapat secara perlahan menguap ke udara.
 

Menyebabkan senyawa tersebut dapat mencemari seluruh rumah dan memengaruhi anggota keluarga lainnya. Dalam penggunaannya perlu menjadi perhatian, terlebih ada ibu hamil, bayi menyusui, dan anak-anak yang sangat rentan terhadap toksisitas merkuri.

Berikut ini tanda atau ciri-ciri kulit wajah yang terkena merkuri.

1. Ruam

Jika setelah menggunakan produk kosmetik kulit wajah mulai terasa gatal, berubah warna kemerahan, dan muncul ruam bisa jadi karena di dalamnya terkandung bahan merkuri yang berbahaya.

Oleh sebab itu, ada baiknya agar kalian mengetahui seperti apa ciri-ciri kosmetik yang mengandung merkuri, sehingga bisa memilih mana produk yang memiliki kandungan baik untuk kulit atau justru sebaliknya.

2. Perubahan Warna Kulit

Sebetulnya, merkuri dapat memutihkan kulit wajah, akan tetapi bila digunakan secara berlebihan dan terlalu lama justru tidak baik bagi kesehatan kulit, sehingga disarankan untuk menghindari penggunaan produk dari bahan yang satu ini.
 
3. Mengalami Iritasi

Munculnya iritasi pada kulit merupakan salah satu ciri-ciri wajah yang terkena merkuri. Umumnya, gejala yang muncul disertai dengan kulit terasa panas ataupun gatal.

Jika sudah mengalaminya, segera hentikan penggunaan produk dan kompres bagian wajah dengan air dingin. Kalau bisa, gunakan pelembab yang berbahan ringan untuk membantu menjaga kelembaban kulit. Menjahui untuk berada di luar ruangan, karena polusi dan sinar matahari bisa semakin memperburuk keadaan kulit wajah.

 4. Munculnya Jaringan Parut

Sedangkan jaringan parut sendiri yakni proses penyembuhan luka yang terjadi setelah mengalami masalah kulit.
Tetapi, jika muncul jaringan parut yang tak kunjung hilang, maka bisa jadi hal tersebut pertanda adanya kontaminasi merkuri pada kulit.  

Cara mengatasinya, bisa menggunakan gel lidah buaya ataupun lemon. Bisa tuangkan 4 - 5 tetes ke area kulit wajah, lalu ratakan dengan tangan dan biarkan mengering selama 10 menit. Hal ini lakukan secara rutin setiap malam sebelum tidur.


5. Bagian Tangan, Kaki, dan Sekitar Bibir Mati Rasa


Bila eksposur pada zat berbahaya ini terlalu berlebihan, maka tanda keracunan merkuri pun dapat berefek pada organ dalam.

Bisa berdampak buruk pada gangguan terhadap berkurangnya kemampuan saraf dalam merespon, terutama pada bagian kaki, tangan, dan sekitar mulut.  Apabila sudah sampai di tahap ini,  segera pergi ke dokter agar mendapatkan pengobatan secara medis.

6. Kulit Terasa Gatal dan Perih

Munculnya rasa gatal dan perih juga menjadi tanda-tanda kulit yang terkontaminasi dengan bahan merkuri. Bisa akan terlihat seperti alergi, padahal bukan.  Justru bila kalian tidak memiliki jenis kulit sensitif, maka bisa dipastikan bahwa ini merupakan dampak merkuri terhadap kulit wajah.

7. Perubahan Warna di Tangan dan Kaki pada Anak

Bersumber dari pakar Dhs.saccounty.net efek bahaya merkuri pada anak dalam jangka panjang cukup mengkhawatirkan karena dapat membuat perubahan warna tangan dan kaki menjadi warna merah muda (pink).

Dari itu, masalah kesehatan yang dihadapi adalah tekanan darah tinggi, rasa haus berlebihan, hingga penyakit gusi.

8. Kulit Mengelupas


Akibat kontaminasi merkuri yang berlebihan justru akan membuat kulit mengelupas, terutama pada kulit anak-anak. Dengan efeknya dapat menurun pada generasi muda, seperti anak dan bayi.

Itulah beberapa tanda-tanda wajah yang terkena merkuri. Oleh sebab itulah, perhatikan kandungan kosmetik dengan baik agar terhindar dari dampak buruknya. Semoga bermanfaat.