Belajar Dari Orang Tionghoa Selalu Sukses Berbisnis

 

Belajar Dari  Orang Tionghoa Selalu Sukses Berbisnis

Nikekuko.com - Orang Tionghoa dapat memperoleh manfaat dari pembangunan ekonomi. Beberapa masyarakat etnis Tionghoa yang tinggal di Indonesia, sekitar 75% diantaranya akan mengelola ekonomi. Banyak orang ingin maju dalam bisnis dan menjadi pengusaha daripada bekerja di perusahaan dan menjadi karyawan tetap.

Usaha yang dirintis oleh orang Tionghoa ini mengalami kesulitan. Demikian pula bisnis yang diluncurkan mencapai kesuksesan yang signifikan atau dikenal di dunia bisnis.
Apa yang membuat bisnis Tionghoa sukses? Berikut beberapa hal yang harus Anda ketahui dan dapat dijadikan sebagai inspirasi:


1. Pekerja Keras

Pada hari libur sebaiknya digunakan untuk libur, Namun, warga Tionghoa memilih menghabiskan akhir pekannya dengan bekerja.
Mereka mengklaim bahwa Jumat adalah hari terbaik dalam seminggu untuk meningkatkan pundi-pundi kekayaan.
Saat orang lain sakit dan lelah, inilah saat yang tepat untuk bekerja lebih efisien agar Anda bisa lebih produktif dari yang lain

2. Bekerja dengan Sungguh -sungguh/ Yakin

"Lakukan apa yang Anda sukai, cintai apa yang Anda lakukan," adalah semboyan yang dianut oleh orang Tionghoa dengan sepenuh hati.
Sebab mereka tidak suka diberi tahu apa yang harus dilakukan, mereka lebih cenderung memulai bisnis mereka sendiri dan menjadi bos. Dari pada itu bisnis berdasarkan passion, bisnis juga sedang dikembangkan. Itulah alasan mengapa orang Tionghoa selalu ceria ketika bekerja karena apa yang mereka lakukan adalah apa yang mereka sukai.
Dengan  hasil dari kemampuan mereka untuk bekerja tanpa rasa takut, output mereka akan lebih besar.

3. Hidup Hemat & Ceramat

Mereka, orang Tionghoa memang terlihat elegan saat menghadiri jamuan makan malam atau menghadiri pesta ulang tahun rekan bisnisnya. Namun, tampilan yang seperti ini sama sekali tidak ditunjukkan dalam kehidupan sehari-hari. Lebih suka berpakaian sederhana saat menginjakkan kaki ke luar rumah, seolah-olah terlihat seperti orang biasa padahal seorang jutawan.
Mereka  juga berupaya untuk hidup hemat. Nampak jelas saat berbelanja, dimana mereka sangat teliti/cermat saat membandingkan harga barang yang satu dengan yang lain. Orang Tionghoa juga tidak malu untuk berburu barang yang lagi diskon demi menghemat pengeluaran.
 

4. Sudah Diajari Bisnis Sejak Kecil 

Adapun usaha yang ditekuni orang Tionghoa adalah usaha keluarga. Lantas jangan heran kalau Anda mendapati anak-anak mereka turut membantu orang tuanya saat bekerja. Hal ini termasuk salah satu budaya untuk mengajari anak cara berbisnis yang baik dan benar. Budaya untuk berbisnis memang sudah tertanam kuat dalam diri anak-anaknya sejak kecil. Disebabkan, mengajarkan teori tentang berbisnis saja tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan praktek.
 

5. Punya Keahlian Dasar di Bidang Manajemen

Dalam pengelolahan usaha langsung oleh orang Tionghoa memiliki sistem manajemen yang sangat baik. Misal kecilnya bisa dilihat dari stok barang yang dijual di toko. Oleh mereka tidak pernah kehabisan stok barang karena selalu mengecek ketersediaan barang tersebut sebelum membuka toko di hari berikutnya.
Sistem ini dilakukan agar pelanggan tidak kecewa saat ingin berbelanja di toko tersebut. Supaya pelanggan tetap setia untuk berbelanja di satu toko saja tanpa ada niat untuk berpindah ke toko yang lain.
 

6. Berani Mengambil Risiko

 Pada setiap keputusan yang diambil tidak pernah luput dari risiko yang nantinya akan sangat berpengaruh bagi perjalanan bisnis di masa yang akan datang. Namun, orang Tionghoa tidak terlalu memikirkan risiko yang akan terjadi karena keputusan yang diambil sudah melalui proses analisis yang amat panjang. Bukan hanya itu saja, keputusan juga tidak dikaitkan pada satu aspek bisni saja, melainkan seluruh aspek bisnis sehingga mereka dapat menetapkan spekulasi yang terjadi di masa yang akan datang.
 

7. Selalu Tepat Waktu

Beda halnya dengan orang pribumi, orang Tionghoa memiliki rutinitas yang sudah terjadwal dengan baik. Contonya, jam bangun pagi, makan pagi, berangkat kerja, dan seluruh aktivitas yang akan dilakukan selama satu hari. Hal Rrutinitas ini sifatnya tetap, tidak berubah sehingga mereka dapat mengerjakan seluruh aktivitas dengan baik dan tepat pada waktunya.
 

8. Pentingnya Mengubah Budaya Hidup

Semua orang yang terlahir di dunia ini memiliki kesempatan untuk sukses di dunia bisnis. Aakan tetapi asalkan mau untuk merubah pola hidup yang awal “malas” menjadi “pekerja keras”. Tidak ada salahnya meniru budaya hidup orang Tionghoa di atas, siapa tahu dengan meniru hidup dapat berubah ke arah yang lebih baik dan tentunya bisa meraih sukses.