Kenapa BUMN Pertamina Selalu Mengatakan Rugi? Meski BBM Naik Terus

 

Kenapa BUMN Pertamina Selalu Mengatakan Rugi? Meski BBM Naik Terus

Penyebab Pertamina tidak menjual bahan bakar sebagaimana umumnya sebuah perusahaan dagang.

Sebagai penyalur bahan bakar Pertamina harus menanggung selisih antara harga subsidi yang ditetapkan pemerintah dengan harga aslinya.  Pada saat harga minyak dunia turun dan menyebabkan harga versi pemerintah lebih besar dari harga aslinya maka pertamina akan untung, namun sebaliknya jika harga minyak dunia naik di atas perkiraan pemerintah sehingga harga subsidi akan lebih kecil dari harga aslinya maka Pertamina akan rugi. Hal ini disebabkan subsidi yang diberikan oleh pemerintah ditetapkan melalui pembahasan APBN dan tidak mudah diubah-ubah maka biasanya semua kerugian sisanya akan ditanggung oleh Pertamina.

Dengan terlepas dari kinerja Pertamina secara keseluruhan, yang dimaksud pertanyaan ini adalah sektor hilir terkait penjualan BBM terutama secara khusus untuk penjualan pertamax (yang memang membingungkan).
 

Terbentuknya skema subsidi itu khusus untuk produk premium, pertalite dan solar subsidi, pertamina menjual sesuai harga yang sudah disepakati oleh pemerintah, namun pertamina juga memiliki patokan harga sebenarnya, dimana selisih harga sebenarnya dengan harga jual di masyarakat akan dibayar oleh pemerintah ke pertamina, dengan kata lain pemerintah itu berhutang dan membayar kompensasi selisih harga penjualan seharusnya dengan penjualan aktual, sehingga subsidi ini tidak membebani keuangan pertamina, tapi membebani kas negara, intinya mau subsidi sebesar apapun keuangan pertamina tidak akan terganggu (yang terganggu adalah kas negara)

Pada saat rusia vs ukraina kemaren, dan melambungkan harga migas dunia, dimana semua negara tidak ada satupun yang ekspektasi hal ini,
Di Indonesia harga pertamax sebelumnnya 12.500 perliter per 1 april 2022 ini jauh dibawah harga seharusnya (perbandingan pada saat itu shell power sebesarn 18–19ribuan/liter.
 Untuk   sementara pertamax bukan termasuk produk BBM bersubsidi (seperti yang saya jelaskan sebelumnya), yang ditanggung pemerintah
 

Pada  saat ini penjualan pertamax malah membebani keuangan pertamina, karena mereka menjual rugi tanpa ada subsidi pemerintah. Bagai manapun sekarang dijual 14500 perliter, namun itu masih berada di bawah harga pasar sebenarnya.
kalau mau lihat harga seharusnya itu mudah, tinggal berkunjung ke SPBU asing saja seperti total, shell, bp atau vivo dan lihat harga BBM sekelas

Pada dasarnya terkait Pertamax, Pertamina memang menjual rugi dan tanpa ada kompensasi/subsidi pemerintah.