Pengertian Ketidakpastian

ketidakpastian dan risiko
Ketidakpastian dan risiko

Istilah "ketidakpastian dan risko" sering dianggap dua istilah yang sama, namun kedua istilah tersebut sebenarnya berbeda. Ketidakpastian mengacu pada pengertian risiko yang tidak diperkirakan (unexpeted risk), sedangkan istilah risiko itu sendiri mengacu kepada risko yang diperkirakan (expected risk).

Dalam salah satu mata kuliah di universitas terbuka (UT), ketidakpastian dipelajari pada mata kuliah dengan kode  mata kuliah  ADB142 yaitu "MANAJEMEN RISIKO DAN ASURANSI". Dalam mata kuliah ini secara khusus mempelajari tentang ketidakpastian, risiko, asuransi, yang harus mampu dihitung oleh sumber daya manusia (SDM) untuk menekan dan memperkirakan biaya yang muncul dari ketidakpastian.

Hampir semua aktivitas kita menghadapi banyak ketidakpastian di dunia ini. Ketidakpastian ini nantinya akan memunculkan risiko. Karena selalu ingin hidup aman dan tentram maka kebanyakan orang takut menanggung risiko. Namun, semua tahap kehidupan mengandung risiko. Kemana pun langkah kita tidak bisa mengelak dari risiko, karena risiko merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kehidupan. Bahkan dikatakan bahwa tidak ada hidup tanpa adanya risiko, jadi dengan demikian, setiap hari manusia menghadapi risiko, baik sebagai perorangan maupun sebagai perusahaan. Orang berusaha untuk melindungi diri dari risiko, demikian pula badan usaha pun harus berusaha melindungi usahanya dari risiko.

Risiko muncul karena adanya kondisi ketidakpastian. Investasi bisa mendatangkan keuntungan, bisa juga menyebabkan kerugian, ketidakpastian tersebut menyebabkan risiko, dengan demikian pembicaraan mengenai ketidak pastian berarti berbicara mengenai risiko. Risiko itu sendiri merupakan buah dari ketidakpastian.

Usaha yang dilakukan oleh manusia, tentunya akan selalu berhadapan dengan sejumlah ketidakpastian dari risko karena risiko dan ketidakpastian ada dimana-mana, dan memang seperti itu karakter dari suatu usaha. Dalam masalah investasi investor akan selalu berhadapan pada sejumlah kemungkinan seperti kemungkinan untuk untung, rugi, atau tidak rugi, dan juga tidak untung (impas).

Masalah ketidakpastian dan risiko ini menjadi penting dalam pembicaraan masalah keuangan karena sangat berpengaruh terhadap bentuk kebijakan yang diambil berkaitan dengan investasi. Selama ini, usaha-usaha yang dilakukan oleh kalangan ekonomi konvensional untuk menghadapi ketidakpastian tersebut., dilakukan dengan mengubah kondisi yang tidak pasti tersebut menajdi kondisi yang pasti dalam hubungan dengan return, misalnya dengan menerapkan suku bunga atas sejumlah modal yang telah diinvestasikan. Kondisi ini bisa saja dan pastinya akan membawa masalah yaitu kerugian kepada salah satu pihak.

PENGERTIAN KETIDAKPASTIAN

Apa itu ketidakpastian? Ketidakpastian atau uncertainty sering diartikan dengan keadaan dimana ada beberapa kemungkinan kejadian dan setiap kejadian akan menyebabkan hasil yang berbeda, tetapi tingkat kemungkinan atau probabilitas kejadian itu sendiri tidak diketahui secara kuantitatif. Kata ketidakpastian berarti keraguan, dan dengan demikian pengertian ketidakpastian dalam arti yang luas adalah suatu pengukuran dimana validitas dan ketepatan hasilnya masih diragukan. Dengan demikian ketidakpastian itu disebabkan karena pengetahuan yang tidak sempurna (imperfect knowledge) dari manusia.

Contoh Ketidakpastian

  • Prakiraan cuaca mengatakan bahwa "besok pagi mungkin akan turun hujan" Perkataan mungkin menunjukkan ketidak pastian dari pakar cuaca karena ketidak sempurnaan infomasi dalam membuat prakiraan.
  • Misalnya, Anda mengatakan bahwa Pemilu akan berjalan dalam bentuk salah satu dari tiga skenario yaitu Aman, Kerusuhan kecil dan Kerusuhan besar yang menyebabkan gagalnya pemilu
Apabila ditanya seberapa besar kemungkinan dari masing-masing kejadian tersebut akan terjadi? tidak ada yang bisa menjawab secara pasti karena kurangnya informasi dan data yang mendukung.