Sejarah Vespa atau si Tawon Dari Italia

Anda mungkin pernah mendengar merek Vespa atau anda termasuk para pecinta motor klasik. 

Sejarah Vespa atau si Tawon Dari Italia
Vespa 1964 Piaggio

Motor Vespa adalah kendaraan yang sangat baik. Sepeda motor Vespa benar-benar unik dan ikonik; sudah ada sejak lama dan akan terus begitu. Modelnya juga berbeda, dan model Vespa tertentu populer di kalangan peminat. Dari penggemar Vespa klasik hingga modern dengan mode mesin Matic, dan dari Rosok hingga Kinclong. Semua bersatu di bawah panji "Anak Vespa".

Sejarah Piaggio

Rinaldo Piaggio seseorang yang berasal dari Italia  mendirikan sebuah perusahaan industri, pada tahun 1884 yang memproduksi kapal, rel kereta api, gerbong, truk bodi, dan mesin kereta api. Bahkan perusahaan milik rinoldo, dinamai berdasarkan nama belakangnya "Piaggio," memproduksi pesawat dan kapal selama Perang Dunia I. Pabrik Piaggio dihancurkan oleh bom Sekutu selama Perang Dunia II. Karena situasi ekonomi Italia yang memburuk akibat perang, Piaggio memutuskan untuk memproduksi sarana transportasi dengan modal yang murah yang tersisa dalam gudang miliknya.

Pengertian Vespa

Piaggio menugaskan desainer pesawat Corradino D'Ascanio untuk menciptakan kendaraan terbaik. Ascanio pada dasarnys membenci sepeda motor pada saat itu, karena menurutnya sepeda motor itu kotor dan rumit. Namun, Ascanio merasa tertantang untuk menciptakan sepeda motor yang nyaman sekaligus elegan.

Bahkan Ascanio bertekad untuk membuat sepeda motor yang membuat pengendaranya merasa seperti sedang duduk di ruang keluarga. Alhasil, desainnya tetap konsisten dengan bentuk Vespa hingga saat ini: berbentuk seperti tawon. Produksi pertama diberi nama dengan seri MP5. Desainnya menginspirasi nama 'Vespa.' Dalam bahasa Italia, Vespa berarti "tawon."

Penjualan Vespa meningkat pesat. Hal ini jelas berpengaruh pada kegiatan manufakturnya. Pada tahun 1949, 35.000 unit Vespa telah diproduksi, dan sepuluh tahun kemudian, 1 juta unit telah diproduksi. Inovasi produk mengikuti pertumbuhan jumlah produksi. Bentuk vespa berubah-ubah tergantung kebutuhan dan permintaan. Vespa lebih dari sekedar sepeda motor komuter. Itu bisa diubah menjadi Vespa balap, mobil, atau bahkan kendaraan militer.