Pelajaran Penting Dalam Kematian


kematian


"Setiap yang bernyawa akan merasakan mati. Kemudian hanya kepada Kami kamu dikembalikan."(QS Al- Ankabut, 29:57).

Kematian bukanlah "bencana" yang harus dilupakan, melainkan pelajaran penting yang mengajarkan manusia kepada arti hidup yang sebenarnya. Dengan demikian, kematian seharunya menjadi bahan pemikiran yang mendalam. 

Seorang muslim akan benar-benar merenungi kenyataan penting ini dengan kesungguhan dan kearifan. Mengapa semua manusia hidup pada masa tertentu dan kemudian mati?

Semua makhluk hidup tidak akan kekal. Ini menunjukkan bahwa manusia tidak memiliki kekuatan dan tidak mampu menandingi kekuasaan Allah SWT. Allah-lah satu-satunya Pemilik kehidupan; semua makhluk hidup dengan kehendak-Nya dan akan mati dengan kehendak-Nya pula, seperti dinyatakan dalam Al Quran (QS Ar- Rahman, 55:26-27).

Setiap orang akan mati. Namun, tidak seorang pun dapat memperkirakan di mana dan kapan kematian akan menghampirinya. Tidak seorang pun dapat menjamin ia akan hidup pada saat berikutnya.

Karena itu, seorang muslim harus bertindak seolah-olah mereka sebentar lagi akan didatangi kematian. Berpikir tentang kematian akan membantu seseorang meningkatkan ke ikhlasan dan rasa takut kepada Allah SWT, dan mereka akan selalu menyadari akan apa yang sedang menunggunya, sesuatu yang pasti datangnya, tidak bisa ditunda tidak bisa pula di segerahkan.