Black Hole - Lubang Hitam, Si Penghisap yang Menakutkan

Nikekuko- Luar angkasa merupakan bentangan jagat alam yang sangat luas. Terdapat berbagai misteri yang belum pernah terpecahkan sepenuhnya oleh manusia.

Kali ini kita akan membahas tentang objek si Lubang Hitam atau Black Hole.


blck hole lubang hitam, si penghisap yang menakutkan


Black Hole atau Lubang Hitam yang ada di luar angkasa memiliki tarikan gravitasi yang sangat kuat sehingga dapat menghisap dan memerangkap semua benda langit di sekitarnya, meteor, planet hingga cahaya sekalipun.


7 Hal-hal yang mengenai Lubang Hitam atau Black Hole yang perlu kita ketahui.


1.Lubang Hitam atau Black Hole bukan objek Abadi


Meski Lobang Hitam atau Black Hole memiliki kekuatan yang maha dahsyat, namun ternyata seiring berjalannya waktu objek ini bisa lenyap. Penemuan ini mengejutkan ini diprediksi pertama kali oleh  fisikawan Stephen Hawking pada 1974. Sesuai namanya penomena ini dinamakan radiasi Hawking.


2. Lubang Hitam atau Black Hole ada tiga jenis Lubang Hitam.

Yang ke-1 bernama Stellar Lobang Hitam (Black Hole) yang ukurannya paling kecil berbentuk manakala sebuah bintang yang berukuran lebih besar dari matahari. Objek ini padat namun memiliki massa tiga kali lipat lebih besar dari pada matahari, seperti itu lah lubang hitam Stellar. Para ilmuwan memprediksi ada ratusan juta lubang hitam seperti ini di galaksi kita.

Yang ke-2 yaitu lubang hitam Miniatur. Ilmuwan memprediksi bahwa lubang hitam jenis ini terbentuk sesaat terjadinya Big Bang, yang di percaya menjadi awal mula terbentuknya alam semesta 13,7 miliar tahun yang lalu. Sampai sekarang belum ada yang mampu menemukan luban hitam jenis ini.

Yang ke-3 yaitu lubang hitam Super masif dan di percaya sebagai lubang hitam terbesar saat ini. Belum ada penelitian yang menyebutkan secara persis bagaimana lubang hitam ini dapat terbentuk. Ukurannya mungkin sebesar matahari, namun dengan massa miliaran kali lipat dibanding matahari itu sendiri. Lokasinya berada tepat di jantung semua galaksi, termasuk galaksi kita MilkyWay atau Bima Sakti.


3. Dimana lubang hitam paling dekat ke bumi


Disebabkan objek lubang hitam menyerap apapun yang ada di sekitarnya, termasuk cahaya , maka keberadaannya sulit terdeteksi. Namun , penelitian terbaru menyatakan bahwa ada satu  lubang  hitam yang paling dekat dengan bumi.

Berkode  V616 Mon (A0620-00) yang terletak di rasi bintang Monoceros dan berjarak 3.000 tahun cahaya. Memiliki massa sekitar 13 kali matahari.


4. Jika jaraknya terlalu dekat, lubang hitam  dapat membawa petaka


Jika memasuki wilayah kandangnya yang bernama Event horizon, jika sudah masuk ke wilayah ini, maka tak akan bisa kembali lagi. Ilmuwan yang meneliti lubang ini, mustahil bagi lubang hitam untuk menghisap semua benda yang ada di alam semesta meskipun mengerikan asalkan masih di luar kandangnya atau masih di luar Event horizon.


5. Lubang hitam dapat memperlambat waktu

Untuk memahami hal ini, bayangkanlah dua manusia kembar. Satu dari mereka menetap di bumi, sedangkan satu lainnya terbang ke angkasa raya dengan kecepatan cahaya, hingga di suatu titik berhenti, dan kemudian berputar arah kembali ke bumi. Si kembar yang  berpergian ke angkasa akan berusia jauh lebih muda di bandingkan si kembar yang tetap tinggal di bumi.  Karena, semakin cepat kamu bergerak, semakin lambat waktu dari perspektif kalian. Ketika kalian sampai di event horizon kalian bergerak dengan kecepatan sangat tinggi akibat gaya gravitasi yang kuat dari lubang hitam di saat itu lah waktu dari prespektif kalian akan melambat. 


6. Apa jadinya kalau Manusia tersedot 


Misalkan anda tersedot atau terhisap oleh lubang hitam seukuran bumi. Jika ini terjadi , tubuh anda akan terlihat seperti pasta gigi yang keluar dari wadahnya, memanjang dan meregang. Seorang ahli astronomi asal Inggris, Air Martin Rees, mengatakan fenomena ini dinamakan " Spaghettification".

Jika Anda masih hidup ketika terhisap atau tersedot ke dalamnya, anda dapat menyaksikan segala hal yang terhisap ke dalam lubang tersebut sebelum dan sesudah terhisap. Ini artinya, anda akan dapat menyaksikan seluruh asal usul alam semesta, mulai dari Big Bang hingga akhir riwayat alam itu sendiri.

7. Apa yang dimaksud dengan Lubang Hitam super masif


Lubang hitam Super masif bernama Sagitarius A ini memiliki massa empat kali besar dari matahari, kendati lubang hitam ini, yang berjarak hampir 30.000 tahun cahaya, sekarang tengah tidak aktif. Namun para ilmuwan percaya bahwa dua juta tahun silam, lubang hitam ini pernah meledak, dan ledakannya dapat terlihat dari planet bumi.

Mungkin semua rahasia objek Lubang Hitam- Black Hole sedikit demi sedikit akan terbuka rahasianya seiring dengan semakin canggihnya teknologi yang dikembangkan oleh manusia. Inilah beberapa hal dan fakta luar biasa dari Lubang Hitam atau Black Hole. Tks.