Fobia yang Aneh,Mulai takut Mertua Sampai Takut Hujan

phobia


Memiliki ketakutan yaitu sesuatu yang normal bagi menusia. Tetapi jadi terlihat aneh ketika objek yang ditakuti terkesan tidak biasa atau bahkan sebenarnya tidak membahayakan.


Ketakutan  seperti itu dinamakan  istilah fobia. Beberapa fobia juga ada yang umum, misalkan ketakutan pada jarum suntik atau benda berujung runcing, takut ruang gelap, takut benda berbentuk runcing.

Tetapi ada juga beberapa fobia yang mungkin sangat terdengar aneh karena dekat dengan keseharian. Seperti fobia pada pekerjaan hingga fobia pusar.


Berikut delapan fobia aneh yang ada di dunia.


1. Ergophobia - takut bekerja 

Fobia ini menimpa seseorang yang memiliki kecemasan sosial juga perasaan takut gagal dalam tugas-tugas yang diperlakukan dalam lingkungan sosial propesional. Seperti berbicara di depan umum dan bergaul dengan rekan kerja.


2. Philophobia - takut jatuh cinta

Orang yang memiliki philophobia biasanya kesulitan berkomitmen penuh dalam hubungan apapun. Salah satu penyebab fobia ini disebutkan karena perasaan trauma psikis akibat pengalaman buruk tertentu.

3. Pentheraphobia - takut ibu mertua

Tidak akrab dengan ibu mertua mungkin hal biasa. Tetapi takut berlebihan dengan alasan irasional justru menjadi suatu fobia. Truma terhadap ibu sebelumnya juga bisa jadi salah satu penyebab orang alami pentheraphobia. 


4. Ombrophobia - takut hujan

Biasanya fobia ini dialami anak-anak yang takut dengan kondisi hujan lebat disertai badai atau petir. Tetapi tidak mungkin juga orang dewasa mengalami ombrophobia  hingga menimbulkan kecemasan.


5. Chaetophobia - takut pada rambut 

Jenis fobia ini membuat yang mengalaminya benci dengan rambut rontok. Bukan hanya pada manusia , tetapi juga binatang.


6. Pogonophobia - takut pada jenggot

Umumnya fobia ini dialami oleh perempuan karena takut dengan janggut dan terlihat mengerikan. Ketakutan itu bisa membuat seseorang yang mengalaminya jadi mual, berkeringat, hingga nafas tersengal.


7. Omphalophobia - takut pusar

Bulan takut pada pusar orang lain, pengidap omphalophobia bahkan juga ketakutan melihat pusarnya sendiri. Bahkan hanya melihat, ia juga akan tetap ketakutan meski hanya memegangnya.

8. Nomophobia - takut tidak tersambung internet

Mungkin sudah hal asing. Telepon pintar dan internet terasa jadi segalanya untuk hidup. Tetapi bagi orang yang sudah kecanduan, tidak memegang ponsel pintar atau kehilangan jaringan internet biasa membuatnya panik hingga ketakutan.