Rahasia di Balik Buah Dunia ada di Surga

rahasia di balik buah dunia ada di surga


Di Surga Allah SWT telah menjanjikan, menyediakan segalanya bagi para penghuni surga sebagai para penghuni surga sebagai hadiah Allah SWT kepada hamba-Nya yang pada saat didunia senantiasa  beribadah dan taat kepada segala segala perintah-Nya. Alquran dan hadits banyak menggambarkan tentang surga, baik dari para penghuninya, kenikmatan-kenikmatan di dalamnya, hingga makanan-makanan surga yang super lezat. Didalam surga segala sesuatu halal untuk dikonsumsi, karena surga adalah tempat dari segala sesuatu yang baik. Buah-buahan surga sangat lezat rasanya, bahkan di dalam surga saat buah di petik maka pada saat langsung tubuh buah baru sebagai gantinya. Kabar gembira ini sudah Allah firmankan di dalam Al-Qur'an yang di tujukan untuk orang-orang beriman :


"Dan sampaikan berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik , bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezeki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "inilah yang pernah di berikan kepada kami dahulu ". Mereka di beri buah - buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada istri-istri yang suci dan mereka kekal di dalamnya". ( QS. Al- Baqarah ayat 25)

Lalu seperti apa sih buah-buahan yang ada di surga yang kita temui didunia ini yang sering kita jumpai disekitar kita :

1. Buah Pisang

Allah SWT berfirman :

"Mereka berada di antara pohon bidara yang tak berduri," [QS. Al Al-Waqi'ah ayat 28] 

" dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya), (QS.Al-Waqi'ah ayat 29)

"Dan naungan yang terbentang luas," (Qs.Al-Waqiah ayat 30)


Pisangan adalah buah yang paling sering kita jumpai di sekitar kita. Seperti yang kita ketahui bahwa pisang adalah buah yang bergizi, mereka terdiri atas air (75%), protein (1,3%) dan lemak (0,6%). Tiap buah pisang juga mengandung karbohidrat dan potasium dalam jumlah cukup . Disamping membantu menyembuhkan banyak penyakit, pisang sangat dianjurkan untuk penyembuhan demam, gangguan sistem kerja pencernaan, kejang - kejang, dan terkilir. Tingginya jumlah potasium yang kandungannya (0,24%) memfasilitasi pembuangan ampas dari tubuh.


2. Buah Zaitun

"Dialah, yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman sebagiannya (menyuburkan) tumbuh- Tumbuan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu mengembalakan ternakmu."(QS. An-Nah'l ayat 10)

"Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, korma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan." (Qs. An-Nah'l ayat 11).

Para peneliti telah mengakui bahwa buah zaitun selain enak rasanya ternyata juga merupakan sumber makanan sehat. Asam linoleik yang terkandung didalam buah ini ternyata sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang menyusui.


Kekurangan asam linoleik dapat mengurangi pertumbuhan b danayi dan memperbesar potensi pada timbulnya beberapa penyakit kulit. Organisasi-organisai kesehatan, termasuk WHO, menganjurkan penduduk yang bermungkim dalam masyarakat yang tingkat penderita diabetes dan arterioclerosis (penebalan saluran urat darah) tinggi supaya mengkonsumsi minyak zaitun yang mengandung paling kurang 30% asam linoleik.Hal ini telah menaikan harga zaitun.


3. Buah Tin

Buah Tin tidak hanya di ceritakan dalam Al-Qur'an, bahkan namanya juga diabadikan menjadi salah satu surat dalam Al-Qur'an, yakini At Tin. Buah Tin kaya akan nutrisi penting yang bagus untuk kesehatan, antara lain : kalsium, omega 3, omega 6,serat dan nutrisi penting lainnya. 

Buah Tin mengandung manfaat sebagai penyembuh beberapa penyakit, antara lain : hipertensi, jantung koroner, diabetes, kangker, menyehatkan tulang, dan lain sebagainya.


4. Buah Delima

Allah SWT berfirman :"Dan Dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung, pohon korma, tanaman-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan Delima yang serupa (bentuk dan warna) dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermacam-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya di hari memetik  hasilnya  ( dengan disedekahkan kepada pakir miskin) ; dan janganlah kamu berlebih- lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang yang berlebih-lebihan." (Qs.Al-An'am ayat 141).


Delima adalah salah satu jenis buah yang disebutkan di dalam Al-Qur'an. Didalam buah Delima mengandung banyak potassium yang sangat besar volumenya.  Selain itu, buah ini juga mengandung mineral seperti fosfor, kalsium, besi, dan sodium serta vitamin-vitamin A, B1,B2, B3, dan C. Sodium yang bereaksi dengan potassium dapat mengatur keseimbangan air dalam tubuh dan menjaga detak jantung agar tetap normal.


5. Buah Anggur

Allah SWT berfirman :

"Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan Anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh  buah-buahan yang banyak dan sebagian dari buah-buahan itu kamu makan," (QS.Al-Mu'minun ayat 23).

Anggur memiliki kandungan gizi yang dengan beragam vitamin dan bahan-bahan metalik, Hal ini  menjadikan Anggur menjadi satu jenis buah-buahan yang penting. Sekitar 20% hingga 25% isinya adalah gula, yang dapat dengan cepat masuk kedalam aliran darah. Karena itu, Anggur baik untuk mereka yang banyak menggunakan kegiatan fisik dan mental, sebab itu menghilangkan rasa penat dan menggempur anemia.


6. Buah Kurma

Allah SWT berfirman "Dan dibumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan, dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi kaum yang berfikir." (Qs. Ar-Ra'd ayat 13).


Buah kurma memiliki kandungan 40% gula dan dagingnya terdiri dari fruktosa dan glukosa yang memiliki kalori yang tinggi. Hal ini  membuat kurma menjadi mudah untuk di cerna, selain itu kandungan gulanya juga dapat menenangkan saraf yang gelisah serta memberikan rasa aman pada kejiwaan.


Itulah beberapa buah-buahan dari surga yang dapat kita jumpai di sekitar kita. Namun, jika dibandingkan dengan buah surga, buah di dunia ini tidak ada apa-apanya. Namun, itu adalah sebuah karunia dan kekuasaan Allah SWT. Untuk itu, marilah kita senantiasa bersyukur atas nikmat dan karunia yang telah Allah berikan kepada kita semua agar kita tidak termasuk dalam golongan orang-orang yang kufur. Amin ya Robal Allamin.