6 Manfaat Susu Almond bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet

 

6 Manfaat Susu Almond bagi Kesehatan, Cocok untuk Diet

Nikekuko -  Bagi sebagian orang, susu almond masih jarang diketahui oleh khalayak. Hal ini berarti pamor susu tersebut masih kalah dari pada susu sapi.

Padahal, susu almond memiliki sederet manfaat untuk kesehatan tubuh. Minuman yang bisa dikenal dengan almond milk ini, dibuat dengan proses menggiling almond dan mencampurkannya dengan air, kemudian menyaringnya untuk menghilangkan padatan.

Melalui proses itulah, dihasilkan cairan berwarna putih yang memiliki rasa kacang. Susu almond dapat menjadi pilihan minuman pengganti susu sapi karena tinggi  akan protein dan rendah kalori.

Susu almond kaya akan berbagai nutrisi yang penting untuk kesehatan, mulai protein, kalsium, hingga vitamin E. Seperti susu kedelai, susu almond diproses dari biji almond yang kemudian di perkaya dengan beberapa jenis vitamin dan mineral.

Manfaat Susu Almond:

 

1. Memperkuat Tulang

Satu gelas susu almond dapat memenuhi sekitar 50% kebutuhan kalsium dan 25% kebutuhan vitamin D harian. Vitamin D dan kalsium merupakan zat yang penting untuk kesehatan tulang.

Sebagian kelompok orang dewasa mengalami kekurangan kalsium dan vitamin D. Alhasil, banyak dari mereka yang menderita kondisi pengeroposan tulang (osteoporosis) sejak dini.

Maka, dengan mengkonsumsi susu almond, secara tidak langsung Anda mencegah osteoporosis.

 

2. Kaya akan Nutrisi

Meski nutrisinya tidak sebanyak susu sapi, susu almond tetap menyimpan berbagai nutrisi penting, antara lain vitamin D, kalsium, protein, vitamin E, dan berbagai mineral.

Perlu diingat, susu almond tidak dapat menjadi pengganti susu untuk bayi dan anak-anak sebab, susu almond tidak  mengandung beberapa zat penting untuk tumbuh kembang anak.

Bagi anak remaja atau dewasa, susu almond bisa menjadi satu di antara pilihan jika bosan dengan susu sapi atau kedelai.

 

3. Menjaga Berat Badan

Susu almond mengandung kalori yang lebih sedikit dibandingkan dengan susu sapi. Anda dapat mengkonsumsi susu almond dalam jumlah banyak tanpa risiko penambahan berat badan yang signifikan.

Produsen biasanya mengecerkan susu almond kemasan dengan air. Karena itu, kandungan lemaknya hanya sekitar satu persen, mirip susu rendah lemak.

Susu almond buatan sendiri mungkin mengandung jumlah kalori yang  jauh lebih tinggi.

Bahkan, beberapa produk susu almond juga ada yang menggunakan gula tambahan. Penting untuk memperhatikan kandungan bahan dan nutrisi di label produk sebelum Anda membeli. Sekaligus ikut menjaga kesehatan tulang.

 

4. Mencegah Risiko Penyakit Jantung

Beberapa jenis antioksidan terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Satu diantaranya adalah vitamin E dan asam lemak baik. Susu almond kaya vitamin E dan asam lemak baik, terutama asam oleat (omega-9).

Vitamin E berfungsi untuk menangkal radikal bebas didalam pembuluh darah sehingga dapat menurkan risiko penyakit jantung.

Asam lemak baik yang terkandung dalam susu almond juga dapat memelihara kesehatan organ jantung. Sekitar 90% kadungan lemak dalam susu almond adalah asam lemak tidak jenuh.

 

5. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Selain bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit. Vitamin E dapat meremajakan kulit sehingga kulit tampak lebih segar, bercahaya, dan awet muda.

Tak hanya kulit, vitamin E juga menguntungkan karena bisa menunjang kesehatan dan pertumbuhan rambut.

 

6. Meningkatkan Produksi ASI

Walaupun mekanisme kerjanya belum jelas, susu almond disebut-sebut dapat meningkatkan produksi ASI. Kemungkinan, hal ini disebabkan oleh zat protein dan kalsium yang ada di dalam kandungan susu almond.

Ada pula sumber mengatakan bahwa susu almond dapat membuat ASI lebih 'creamy' dan sehingga lebih disukai oleh bayi. Namun demikian, penelitian mengenal hal ini masih perlu didalami.