8 Manfaat Buah Naga untuk Bayi, Cocok Jadi Makanan Pendamping ASI

 


Nikekuko - Buah Naga merupakan satu diantara buah yang mudah ditemui di Indonesia. Buah naga termasuk jenis kaktus dari marga Hylocereus dan Selenicereus yang berasal dari Meksiko.

Daging bua naga bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi jus, sup buah, salad, atau sebagai perasa dan pewarna alami makanan. Ada dua jenis buah naga yang populer untuk dikonsumsi di Indonesia, yaitu buah naga merah dan buah naga putih.

Buah naga merah memiliki warna keunguan yang khas, berbeda dengan daging buah naga putih. Kedua buah naga ini memiliki banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan tubuh.

Buah naga mengandung yang cukup rendah . Tapi buah ini kaya akan nutrisi, seperti vitamin B, vitamin C, kalsium, mineral, antioksidan, serat, fitonutrien, polifenol, dan zat lain yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Seperti buah-buahan lainnya, buah naga menjadi pilihan makanan sehat bagi bayi . Buah ini bisa dijadikan MPASI (Makanan Pendamping ASI).

Kandungan vitamin C yang banyak akan membuat si kecil terjadi dari penyakit flu dan batuk.

Berikut ini penjelasan beberapa manfaat buah naga bagi bayi :

1. Melindungi jantung

Manfaat buah naga untuk bayi ketika dijadikan makanan pendamping ASI yang pertama adalah dapat melindungi jantung si kecil. Hal tersebut lantaran di dalam buah naga kaya kandungan vitamin dan mineral sehingga mampu membuat jantung menjadi lebih kuat dan terlindungi.

Perlu diketahui, jika Anda memiliki buah hati yang cukup aktif, jantungnya memiliki risiko gangguan. Dengan memberikan buah naga sebagai makanan pendamping ASI, akan membantu memastikan agar jantung si kecil tetap dalam kondisi sehat.

2. Lindungi dari Radikal Bebas

Selanjutnya buah naga memiliki kandungan antioksidan yang amat tinggi. Antioksidan ini dikenal sebagai fenol yang berguna untuk melindungi sel memberan anak dari serangan radikal bebas.

Antioksidan yang ada di dalam buah naga dipercaya dapat melindungi si kecil dari serangan ragam penyakit umum. Maka pemberian buah naga pada si kecil sangat disarankan lantaran manfaatnya bagi kesehatan sangat baik.

3. Kaya Serat

Buah naga memiliki kandungan serat yang begitu tinggi. Serat tersebut akan membantu si kecil agar memiliki sistem pencernaan yang sehat. Pencernaan sehat akan berguna untuk memerangi masalah sembelit.

Buah naga bermanfaat untuk bayi lantaran mengandung serat yang berfungsi menjaga keseimbangan kadar gula darah serta membantu berat badan si kecil bertambah dengan tetap sehat.

4. Kandungan Vitamin C Tinggi

Kandungan vitamin C sangat diperlukan untuk perkembangan otot dan tulang serta gigi. Selain itu, Vitamin C berfungsi membantu perkembangan pembuluh darah yang dimiliki oleh si kecil dalam masa pertumbuhan.

Vitamin C yang terkandung dalam buah naga adalah sumber yang sangat bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini merupakan manfaat buah naga yang sangat penting untuk di konsumsi bayi.

5. Bangun Tulang Kuat

Kandungan mineral yang ada di dalam buah naga sangat bermanfaat bagi si kecil. Satu diantara mineral yang terkandung adalah potassium bersama dengan senyawa flovanoid serta fenolik lain. Hadirnya senyawa tersebut mampu membantu buah hati Anda membangun tulang yang kuat.

Selain itu, manfaat yang akan didapatkan si kecil dengan mengkonsumsi buah naga akan melindunginya dari kecenderungan arthritis di masa depannya.

6. Jaga kesehatan Ginjal

Manfaat selanjutnya yang dapat dipetik dari buah naga sebagai makanan pendamping ASI untuk si kecil adalah dapat menjaga kesehatan ginjalnya. Buah naga memiliki kemampuan detoksifikasi agar membantu tubuh terhindar dari serangan ragam jenis racun.

Dapat dipastikan bahwa manfaat buah naga adalah menjaga kesehatan dan kebersihan  ginjal dari elemen racun. Selain itu juga menjaga saluran kemih agar selalu tetap dalam kondisi yang sehat.

7. Lancarkan Pencernaan

Manfaat buah naga untuk bayi berikutnya adalah dapat melancarkan pencernaan si kecil. Buah naga merupakan sumber prebiotik alami.

Prebiotik alami tersebut sangat penting untuk perkembangan bakteri baik di dalam usus sehingga melancarkan pencernaan.

Buah yang masih memiliki golongan sama dengan kaktus ini memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga dapat melakukan pencegahan masalah sembelit pada si kecil.

8. Cegah Anemia

Balita akan sering mengalami anemia apabila kesulitan menyerap zat besi. Gangguan kesehatan ini juga dapat terjadi jika ia tidak mendapatkan asupan zat besi dari pola makan yang cukup.

Dengan buah naga ini akan membantu mencegah anemia pada si kecil karena dalam buah naga sudah terkandung kombinasi vitamin C dan zat besi yang dapat memenuhi kebutuhan zat besi harian si kecil.