Cek Kadar Karat Emas pada Perhiasan

cek kadar karat emas pada perhiasan



NIKEKUKO.com - Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menguji kemurnian emas. Antara lain:


Uji Gosok

Biasanya di lakukan dengan menggosokkan emas pada batu, kemudian ditetesi semacam zat kimia. Adapun air uji yang di gunakan yaitu asam sitrat, asam klorida, dan campuran keduanya yang disebut air raja (aqua regia ).


Uji dengan Gold Tester

Pengujian ini menggunakan alat yang dapat mendeteksi karat dengan cara menempelkan ujung jarumnya ke perhiasan.


Uji Berat Jenis

Mengingat setiap benda memiliki berat jenis atau biasa disebut massa jenis, emas pun akan dengan mudah dikenali dengan mencari berat jenisnya.

Pertanyaan ? "Apakah semakin tinggi karat emas artisnya semakin bagus sebuah perhiasan?"

Jawabannya tidak selamanya benar. Kadar yang tinggi dan karat yang besar sebuah emas tidak menjadi jaminan emas tersebut semakin murni. Masalahnya, perhiasan emas yang di buat dari emas murni apabila ditambah elemen lain seperti berlian maka resiko hilangnya berlian alam semakin tinggi.

Bahkan, Semakin tinggi kadar emas justru efeknya buruk untuk perhiasan. Kenapa? Karena perhiasan tersebut akan menjadi lunak. Ini artinya emas tersebut tak cukup kuat untuk menahan elemen lain yang disisipkan, misalnya berlian. Selain itu akan mudah berubah bentuk ketika kena panas panas.

Lantas, emas dengan kadar berapa yang cocok untuk perhiasan? Pilihlah Emas dengan kadar ,75% dan karat 18 hingga 22.


Di samping kadar dan karat, ibu-ibu masa kini yang belum memiliki pengalaman mumpuni dalam membeli emas juga kerap dibingungkan dengan istilah "Emas Tua" dan "Emas Muda*.

Apa yang sesungguhnya dimaksud dengan kedua istilah tersebut?

Emas Muda (perhiasan yang memiliki kadar emas di bawah 70%

Emas Tua  (kebalikan dari emas muda, yaitu perhiasan dengan emas di atas 70%.


Mudahnya, emas muda menggunakan campuran emas yang lebih sedikit dibanding campuran logam lain saat di bentuk menjadi perhiasan emas.

Cara paling mudah untuk mengetahui perbedaan karat dan kadar emas muda dan emas tua yang lebih nyata tentu saja terlihat dari harga jualnya. Harga emas muda lebih murah di bandingkan emas tua karena memiliki kadar emas yang lebih sedikit, begitu pun sebaliknya.


Jangan khawatir, terutama untuk ibu-ibu muda yang belum punya pengalaman dalam membeli emas. Daripada menghadapi kerugian yang besar karena ketidaktahuan tentang emas, belilah emas di tempat yang pasti.