Manfaat Teripang Emas bagi Kesehatan Bisa Mencegah Kanker

 Nikekuko - Teripang emas merupakan satu diantara binatang laut yang memiliki segudang manfaat. Satu di antara manfaat teripang emas adalah untuk pengobatan herbal.

Manfaat Teripang Emas bagi Kesehatan Bisa Mencegah Kanker

 

Teripang emas merupakan binatang laut yang kebanyakan hidup didasar laut. Binatang-binatang  jenis ini biasanya mudah di ketahui karena memiliki bentuk yang unik, seperti binatang laut, bulu babi, dan teripang emas.

Selain digunakan sebagai bahan dasar konsumsi manusia di beberapa negara, teripang emas sudah lama digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional di Asia.

Manfaat untuk kesehatan ini sudah didukung oleh beberapa penelitian medis yang mengatakan teripang emas efektif untuk menangani berbagai macam penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian, teripang emas kaya akan kondroitin sulfat, glikosida triterpene, protein, asam lemak, kalsium, Magnesium, zat besi, seng, serta vitamin A,B1,B2,B3 dan C.

Kandungan tersebut memungkinkan teripang menjadi bahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Berikut manfaat teripang emas bagi kesehatan.

- Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

 

Teripang yaitu satu di antara sumber makanan yang sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Manfaat teripang ini tak lepas dari kandungan asam amino di dalamnya, seperti glisin dan asam glutamat. Keduanya diketahui mampu menjaga dan memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

- mencegah Kanker

 

Manfaat teripang untuk kanker telah didukung oleh beberapa hasil penelitian. Sebuah penelitian mengungkapkan, teripang mampu memerangi sel kanker pada payudara. Usus besar, kulit, paru-paru, prostat, dan pankreas.

Kandungan teripang, yaitu frondoside A, ditemukan dapat membantu melawan kanker. Teripang juga mengandung  glikosida triterpene yang memiliki aktivitas antitumor.

- Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

 

Sebuah studi yang dilakukan di Harvard School of Public Health menyatakan, asupan protein yang tinggi akan sangat berguna untuk melindungi orang dari penyakit kardiovaskular.

Beberapa penelitian telah membuktikan khasiat teripang adalah untuk meningkatkan  asupan protein.

Selain itu, sebuah penelitian Amerika Serikat, sekitar enam ons teripang sudah memenuhi asupan protein minimal harian yang di butuhkan.

- Mempercepat Penyembuhan Luka

Satu diantara manfaat teripang yang terkenal sejak dulu adalah dapat mempercepat proses penyembuhan luka. Teripang mengandung rantai asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka serta mengandung kalogen yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka serta mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit.

 

- Mengatasi Nyeri Sendi

Teripang juga bisa menyembuhkan nyeri sendi. Manfaat ini karena teripang mengandung zat yang berfungsi sebagai 'pelumas' sendi, adalah kondroitin sulfat.

- Sebagai Antimikroba dan Antijamur

 

Anda tidak boleh ketinggalam dengan manfaat teripang yang satu ini. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa ekstrak teripang dapat menghambat pertumbuhan bakteri, seperti Escherichia coli, Salmonella typhi, atau Staphylococcus aureus.

Studi lain menunjukkan bahwa teripang dapat melawan Candida albicans, jamur penyebab berbagai infeksi di tubuh

- Menjaga Kesehatan Hati dan Ginjal

 

Manfaat teripang untuk kesehatan hati dan ginjal juga besar. Dalam  sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Chinese Medicine' ditemukan, konsumsi ekstrak teripang dapat mencegah atau mengurangi frekuensi serangan asma.

- Menguatkan Tulang

 

Manfaat teripang untuk tulang juga penting karena kandungan kalsiumnya yang cukup tinggi. Selain itu, tingginya kandungan kolagen dalam teripang dapat membantu pertahanan kadar kalsium yang tinggi dalam tulang sehingga menikatkan kepadatan mineral tulang.