Tak Boleh Buang Air Kecil Selama 3 Hari, Tradisi Pernikahan di Malaysia

 

Tak Boleh Buang Air Kecil Selama 3; Hari,  Tradisi Pernikahan di Malaysia

 

Nikekuko -  Disinyalir di berbagai sumber Pulau Tidong atau Tidung yang berada di Sabah, Malaysia punya tradisi pernikahan unik, yang bisa dikatakan sangat membahayakan bagi kesehatan. Tak banyak yang tahu kalau pulau Tidung di Malaysia mempunyai tradisi nikah yang unik. Pengantin akan dijaga ketat oleh keluarga supaya tidak buang air kecil atau pipis 3 hari.

 

Biasanya sepasang pengantin akan menikmati masa bulan madu sehabis pernikahan . Tetapi  tidak dengan  masyarakat Tidung. Mereka harus diam di dalam rumah selama 3 hari penuh.

 

Bukan hanya itu, pasangan baru ini bisa dibilang tak bisa menikmati masa-masa manis sehabis menikah. Mereka harus puasa makan dan minum selama 3 hari tersebut.

 

Pasangan ini akan duduk di dalam rumah dan diawasi ketat oleh para keluarga. Keluarga akan mengelilingi pengantin baru dan terus menjaga mereka supaya pengantin baru tak melanggar tradisi.

 

Ada alasan khusus mengapa tradisi ini masih terus dipertahankan sampai sekarang. Menurut kepercayaan, pasangan yang mampu melewati tradisi ini akan di berikan kebahagiaan dan melahirkan anak-anak yang sehat.

 

Lalu bagaimana dengan pengantin yang tak  mengikuti tradisi ini dengan baik? Mereka percaya rumah tangga pengantin baru akanlah rusak atau mendapatkan kesialan.

 

Setelah 3 hari, pasangan ini barulah bisa menikmati suasana baru menikah pada pasangan umumnya. Untuk sampai di titik ini, butuh perjuangan keras.