Tugas Mulok Pertanian Kelas 9

Nikekuko  - Nama  : Dwi Lara Septia
                     Kelas   : 9C
                    Tugas  : Mulok Pertanian



1.) sebutkan 5 Manfaat mempelajari Mulok Pertanian

Jawab:

 
1. Adapun tujuan umum bahan kajian pertanian agar siswa memiliki kemampuan dasar, pengetahuan dan keterampilan cara bertani dan budidaya tanaman yang baik dan benar sesuai dengan situasi dan kondisi lingkungan serta tingkat pengalaman siswa.


2. Secara khusus siswa diharapkan memahami berbagai jenis tanaman menurut penggolongan, penyediaaan lahan,pembibitan,cara menanam, cara memberikan pupuk dan memanen.


3. Selain itu siswa juga diharapkan dapat mempunyai wawasan yang diterapkan dalam praktik, dengan cara yang lebih moderen dan lebih efektif sehingga dapat membantu meningkatkan taraf hidup masyarakat.


4. Siswa agar kelak mengembangkan ekonomi melalui pertanian tidak selalu berharap menjadi di perkantoran.


5. Tingkat kemampuan berpikir siswa menyajikan bahan kajian yang dapat mengembangkan kemampuan berpikir dari tingkatan kongkret sampai dengan tingkatan abstrak, didalam pertanian.


2.) Mengapa para petani lebih memilih perkembangan biakan vegetarian dari pada generative?


Jawab:


-  Sipat tanaman baru akan sama persis dengan sifat tanaman induk.
- Cepat menghasilkan buah


3.) Mana yang lebih baik, antara perkembangbiakan tanaman stek dan cangkok? Sebutkan alasannya menurut kalian?

 Jawab:

 
Keuntungan pembibitan dengan sisitem cangkok:


- Produksi dan kualitas buahnya akan persis sama dengan tanaman induknya.
- Tanaman assal cangkok bisa ditanam pada tanah yang letak air tananya tinggi atau dipematang kolam ikan.


Kerugian bibit dari cangkok sebagai berikut:

 
Pada musim kemarau panjang tanaman tidak tahan kering.

- Tanaman mudah roboh apabila ada angin kencang karena tidak aberakar tunggang.
- Pohon induk tanjuknya menjadi rusak karena cabang yang dipotong.
- Dalam satu pohon induk Anda hanya bisa mencangkok beberapa batang saja, sehingga perbanyakan tanaman dalam jumlah besar tidak bisa dilakukan dengan cara ini.

 

Keuntungan bibit dari setek adalah:

 
* tanaman buah-buahan hasil stek akan mempunyai sifat persis sama dengan induknya, terutama dalam hal bentuk buah, ukuran, warana, dan rasanya.
* tanaman asal dtek ini bisa ditanam pada tempat permukaan air tanahnya dangkal, karena tanaman assal setek tidak mempunyai akar tunggang.
* perbanyakan tanaman buah dengan setek merupakan cara perbanyakan yang sangat prakrtis dan mudah dilakukan.
* setek dapat dikerjakan dengan cepat, murah, dan tidak memerlukan teknik khusus seperti pada cara cangkok dan okulasi.


4.)Kelemahan perkembangbiakan pada setek?

 

Jawab:

 
- Perkarangan dangkal dan tidak ada akar tunggang, saat terjdinya angin kencang tanaman menjadi mudah roboh.
- Apabila musim kemarau panjang, tanaman menjadi tidak tahan kekeringan.


5.) Apa kelebihan dari sistem tanaman dengan ,merunduk?

 
Tugas Mulok Pertanian Kelas 9

Jawab:

 
Keuntungan merunduk:
1. Sipat buah atau bunga sama dengan induknya, dapat menghasilakan individu baru dengan cepat.
2. Tingkat keberhasilan tinggi.

 

 6.) Sebutkan enam tanaman obat beserta fungsinya yang kalian ketahui?

 

Jawab:

 
1. Seledri (Apium Graviolens) seledri bisa dipakai sebagai obat asam urat.


2. Blustru (Luffa Aegypticia Mill) Blustru atau yang biasa disebut Ketela Manis (diSunda disebut 

Lapang Onyom atau di Palembang disebut Hurung Jawa) merupakan obat sebagai obat asma.


3. Belimbing wulu bermanfaat untuk mengobati gusi berdarah, obat rematik, obat godongan, obat sariawan, obat pegel linu serta bisa digunakan sebagai obat sakit gigi.


5. Lidah buaya (Aloe Vera) Lida Buaya obat kangker.


6. Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) Temu lwak obat kangker Hati.


7.) Sebutkan lima Perkakas pertanian yang kalian ketahui berserta fungsinya?

 

Jawab:

 
Pekakas Tradisional

 
1. Cangkul (bahasajawa;pacul) dan fungsinya.

 

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9


- Cangkul digunakan atau berfungsi untuk menggali, membersihkan tanah dari rumput ataupun untuk meratakan tanah. Cangkul masih digunakan hingga kini.Pekerjaan yang lebih berat biasanya menggunakan bajak.Cangkul biasanya terbuat dari kayu dan besi.

Dalam hubungannya dengan persiapan tanam benih padi, cangkul digunakan untuk menggali bagian tepi/pinggir sawah atau dalam istilah bahasa Jawa disebut pekerjaan minggiri sawah.

Fungsi sawah dipinggiri sebelum dibajak menggunakan garu dan atau traktor adalah agar bagian tepi sawah juga ikutgembur, dikarenakan alat garu maupun kraktor tidak bisa maksimal untuk menjangkau tepian sawah.


2. Parang

 

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9



Parang adalah senjata tajam yang terbuat dari besi biasa. Bentuknya relatif sederhana tanpa pernik. Kegunaannya adalah sebagai alat potong atau alat tebas (terutaa seluk belukar) kala penggunanya keluar masuk hutan. Parang juga digunakan untuk pertanian.


Dalam pertanian sawah, parang digunakan untuk membabat rumput yang berada dipematang sawah. Kegiaan ini oleh orang Jawa disebut dengan istilah "nampingi"


3. Garu 

 

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9

Garu adalah pembajak sawah atau ladang yang terbuat dari bahan kayu. Kayu yang digunakan sebagai bahan pembut garu yaitu kayu yang sifatnya keras dan awet seperti kayu jati, sono keling/angsana , kayu laban, dan jenis kayu keras lainnya.

4. Ani-ani dan fungsinya

 

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9


Ani-ani atau ketam adalah sebuah pisau kecil yang dipakai untuk memanen padi. Dengan menggunakan sbuah clurit atau arit, tidak semua batang ikut terpotong. Dengan demikian, bulir yang belum masak tidak ikut terpotong.


5. Sabit/Arit dan fungsinya 

 

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9


Sabit, arit adalah alat pertanian berupa pisau melengkung menyerupai bulan sabit. Meskipun bentuknya sama, secara bahasa arit dan ssabit cenderung merujuk pada alat pertanian. Fungsi sabit adalah untuk membabat/memotong rumput dan juga untuk memotong batang tanaman padi ketika panen.

Perkakas Pertanian Moderen


1. Rotavtor

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9

Rotavator adalah alat yang digunakan untuk pengolahan tanah pertama dan bisa yang kedua.
Awal yaitu, ketika mulai memotong, mencacah dan membolak balik tanah, dan diktakan kedua ketika mulai merapikan tanah, menghancurkan tanaman pengganggu, memperbaiki tata air.



2. Mesin Tanam

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9


3. Mesin Pemanen Kentang

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9


8.) Jika kalian diberi peluang untuk berwirausaha, dengan diberikan 1 hektare lahan tanaman apa yang akan Anda kembangkan? sertai dengan alasan keunggulan dan keuntungan yang anda raih?

Jawab:

 
Saya akan kembangkan wirausaha sistem pola tanam padi Jajar Legowo
Sistem budidaya padi dan ikan secara sekaligus dalam satu lahan memang belum terlalu populer di Indonesia.

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9

 

Meski sudah dikembangkan sejak Oktober 2015 dan menuai pukian dari dunia internsional, kenyataannya teknik budidaya untuk pertanian dan perikanan secara ekaligus itu belum terlalu diminati banyak petani padi dan ikan, terutama didaerah kita Rejang Lebong. 

Padahal, saat ini negara lain seperti Laos dan Filipina suadah menyatakan ketertarikan pada sistem mina padi dan akan menggunakan teknik tersebut dalm pertanian budidaya dinegara masing-masing. Kedua negara tersebut saat ini tengah mempelajarinya secara langsung di Indonesia. 


Jika ada yang belum paham apa iru min padi, itu adalah sistem penggabungan teknik budidaya pertanian dan perikanan dengan manfaatkan air yang menggenangi areal persawahan. Selain ada tanaman padi, di dalam areal sawah yang sama, terdapat juga budidaya ikan air tawar dengan memanfaatkan genangan air sebagai kolam budidaya.


Keunggulan yaitu:

 
Padi an ikan, itu jelas sangat menguntungkan dan dibutuhkan oelh warga Indonesia,'
Dengan sistem kluster dan menggunakan pola tanam padi jajae legowo

.
Sistem tersebut, menurut pendapat saya, tujuannya adalah untuk meningkatkan populasi tanaman dengan cara mengatur jarak tanam dan memanipulasi lokasi dari tanaman yang seolah-olah tanaman padi berada dipinggir (tanaman pinggir) atau seolah-olah tanaman lebih banyak berada di pinggir.
 

Menurut paendapat saya, sistem pola tanam padi jajar legowo bisa menambah penghasilan petani mencapai USD 1.700 atau setara Rp22 juta dengan kurs USD Rp13.000/hektar per musim tanam. Jumlah tersebut sangat besar, karena jika lahan ditanami padi saja, maka keuntungan per hektare mencpai Rp10 juta saja.


"Keuntungannya yaitu:

 
Dari inovasi mina padi berbasis kluster antaralain resiko serangan hama sangat rendah, nol pestisida, penggunaan pupuk kimia berkurang signifikan, pendapatan yang lebih tinggi,"


9.) Kandungan zat buah mengkudu sangat baik bagi tubuh, beberpa diantranya adalah sebagai berikut:

Tugas Mulok Pertanian Kelas 9


1. Zat Terpenoid-Kandungan zat terpenoid pada mengkudu memantu proses sintesis organic yang berguna untuk pemulihan sel-sel tubuh.


2. Kandungan Nutrisi-Protein, vitamin dan mineral yang penting dengan lengkap didapat dari buah mengkudu. Antioksidan bernama selenium yang terdapat pada buah mengkudu merupakan salah satu jenis antioksidan yang hebat.


3. Zat anti kangker-kandungan zat-zat anti knker di dalam buah mengkudu sangat efektif untuk meawan sel-sel abnormal, yang menjadikan timbulnya masalah gejala kanker.


10.) Sebutkan teknik perkembangbiakan tanaman beserta manfaatnya?

Jawab:

 
Merunduk juga dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dengan cara merunduk biasa dan merunduk majemuk.


1. Merunduk biasa:


Cabang tanaman dirundukan dan ditimbun denagn tanah, kecuali ujung cabangnya. Setelah membentuk akar, cabang atau batangnya dipotong, sehingga diperoleh tanaman baru. Cara ini dapat dikerjakan pada mawar, jambu air, dan arbei, tebu.


2. Merunduk majemuk:
Seluruh batang dirundukan kemudian ditimbuni tanah pada beberapa tempat atau seluruh tempat. Cara ini dapat dikerjakan pada tanaman soka dan anggur.


Manfaat merunduk:

-Sifat buah atau bunga sama dengan induknya.
-Dapat menghasilakan individu baru dengan cepat. Tingakat keberhasilan tinggi.