Contoh Proposal Pengajuan Dana UMKM

 

Contoh Proposal Pengajuan Dana UMKM

  I. PENDAHULUAN


Produk dari pegiat usaha mikro kecil dan menengah  yang dikenal dengan UMKM di desa (nama desa/daerah) saat ini mampu bersaing dengan produk impor. Apalagi, produk yang ditawarkan kualitasnya di jamin tidak kalah bagusnya jika dibandingkan dengan produk lain yang sama jenisnya.


Kami menciptakan kerajinan tangan yang terbuat dari batu alam lantaran kualitas batu alam dari desa (nama desa) cukup terkenal. Banyaknya pegiat UMKM dengan modal usaha sendiri membuat kami sering kesulitan memenuhi permintaan dari luar negeri.


Oleh sebab dari itu, melalui proposal ini kami (nama UMKM) mengajukan permohonan bantuan dana supaya pelaku usaha tetap bertahan.


II. LATAR BELAKANG


Melejitnya produk usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) karena dibukanya komoditi impor oleh pemerintah membuat permintaan kerajinan (nama UMKM) kebanjiran peminat dari luar negeri. Permintaan datang dari negara Asia China, Vietnam, Thailand, hingga Eropa dan Australia.
Sangat disayangkan, ada beberapa pegiat  UMKM tidak dapat memenuhi permintaan/pesanan tersebut dikarenakan terbatas dan minimnya fasilitas usaha.


III. MAKSUD DAN TUJUAN


Pengajuan permohonan bantuan dana untuk pelaku UMKM seiring pesanan yang banyak dari luar negeri terhadap produk di desa (nama Desa).


IV. USAHA


Jenis usaha yang dijalankan beragam jenis dan kegunaan/fungsi serta manfaatnya  mulai dari kerajinan tangan, suvenir,meja batu, hingga ukiran batu.


V. ANGGARAN DANA YANG DIAJUKAN


Terlampir


VI. PENUTUP


Besar impian  kami sebagai pegiat UMKM untuk terus memberikan kontribusi pada negara melalui produk yang dipasarkan ke luar negeri. Dengan demikian, kami berharap supaya permohonan pengajuan proposal dana ini dapat dipertimbangkan.Agar hasil usaha, para pelaku UMKM tetap bertahan serta dapat memenuhi permintaan dari luar negeri.