Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Menarik Calon Donatur

 

Contoh Proposal Pengajuan Dana untuk Menarik Calon Donatur

Nikekuko -Proposal presentasi dana sangat  signifikan untuk menentukan keputusan calon donatur. Proposal yang tidak sesuai akan mengakibatkan pada kegagalan dalam menarik calon donatur. 

 

Oleh sebab itu harus dibuat rencana setelitih dan seakuratnya, sesuai dengan apa yang diinginkan. Terdapat beberapa jenis proposal pengajuan bantuan dana sesuai dengan kepentingan dan tujuannya. Berikut ada tips/cara dan contohnya!


Tips Membuat Proposal Pengajuan Dana
Penulisan proposal presentasi dana harus disampaikan secara fakta/nyata, jelas dan akurat serta tidak mengada-ada . Ada 3 hal yang diperhatikan dalam membuat proposal:

 

  • Informatif, isi proposal harus memberikan informasi seakurat mungkin yang berhubungan dengan maksud pengajuan dana tersebut. Bila isi proposal menggambarkan sesuatu hal yang baik dan bagus, misalkan, untuk modal usaha atau pelaksanaan kegiatan positif lainnya maka donatur pun tak akan berat hati.
  • Profesional, logika dan profesionalitas harus dinomor satukan dalam mengajukan permohonan dana. Yang dilakukan /dikerjakan dengan kesabaran, emosi dan logika yang stabil dan tutur kata lemah lembut yang harus kita hadapi, yang berarti jangan berharap lebih dan terlalu memaksa jika sang donatur terlihat tidak tertarik.
  • Keterbukaan atau kejelasan, hal ini sangat perlu diterapkan. Ajukan laporan yang jelas dan lengkap sejak awal. Kalian dapat mengajukan berapa besar jumlah  dana yang dibutuhkan untuk suatu pelaksanaan atau kepentingan tersebut, untuk apa saja penggunaannya dan dari mana saja pemasukannya.


Contoh Proposal Pengajuan Dana Usaha


I. LATAR BELAKANG


Secara geografis Desa Perbo terletak dipegunungan/ dataran tinggi yang daerahnya memiliki beragam tanaman palawija baik  jenis tanaman palawija yang cocok ditanam  pada musim penghujan maupun musim kemarau. 

Yang meliputi kacang panjang, jagung, atau kacang tunggak. Sementara itu, di musim tak berpenghujan cocok untuk menanam palawija jenis Kacang-kacangan seperti kedelai, kecipir, singkong, ubi jalar, kacang tanah, atau kacang polong. sedangkan tanaman pokoknya yaitu padi dan cabai.

 

Mata pencaharian penduduknya banyak yang lebih terfokus pada pertanian skala rumah tangga selain juga ada yang menekuni pekerjaan lain seperti buruh bangunan, beternak dan lainnya.


Adapun khusus masyarakat/penduduk yang menekuni bidang pertanian, satu permasalahan kerap terjadi adalah tatkala harga hasil panen terjun bebas sehingga perbandingan antara tenaga dan biaya operasional yang dikeluarkan sangat tidak berimbang bahkan ada kalanya merugi.


Hal ini terjadi dikarenakan beberapa faktor antara lain karena panen melimpah, faktor alam cuaca, dan faktor-faktor lainnya. Akibat dari permasalahan tersebut banyak para petani dan pemilik dari usaha pertanian tersebut beralih profesi bahkan pindah ke daerah lain untuk mencari sumber penghasilan baru.


II. TUJUAN


Secara singkat dan jelas dapat kami deskripsikan tujuan dibentuknya kelompok Petani (Nama Kelompok Usaha) Desa Perbo sebagai berikut:


  • Meningkatkan hasil pertanian, dengan tersedianya fasilitas serta alat-alat pertanian yang menunjang.
  • Merubah pola pikir setiap anggota, dari bercocok tanam sebagai pekerjaan sambilan menjadi profesi yang menjanjikan dan menghasilkan;
  • Sebagai media informasi dan bertukar pikiran dengan terbentuknya kelompok pertanian serta dibangunnya balai kelompok pertanian yang refresentatif, dimana sebelumnya masing-masing anggota berjalan perorangan.
  • Memupuk rasa kerja sama dan solidaritas sesama petani.


III. KENDALA


Dari kegiatan pertanian yang telah maupun akan dilaksanakan, ada beberapa kendala yang dirasakan sehingga keinginan untuk lebih memaksimalkan hasil panen palawija masih jauh dari harapan.


Kendala-kendala tersebut antara lain:


  • Tidak tersedianya fasilitas penunjang yang semestinya dimiliki antara lain: pupuk organik dan nonorganik serta racun pestisida, dan bibit unggul yang murah.
  • Tidak adanya modal untuk pengadaan fasilitas penunjang tersebut di atas, oleh karena seluruh anggota kelompok adalah masyarakat yang penghasilannya menengah kebawah.


IV. DAFTAR KEBUTUHAN FASILITAS KELOMPOK NELAYAN
Terlampir


V. PENUTUP

Besar harapan sebuah keinginan dicapai melalui tercapai  terbentuknya kelompok Petani (Nama Kelompok Usaha) Desa Perbo serta dengan adanya fasilitas dan alat-alat penunjang pertanian, yaitu supaya bagaimana kesejahteraan anggota kelompok khususnya serta masyarakat pada umumnya bisa meningkat dan sejaterah.