Objek wisata Bukit Batu Lantana dari Lahan Tidur Menjadi Produktif


Objek wisata Bukit Batu Lantana dari Lahan Tidur Menjadi Produktif

Nikekuko- Hamparan Batu besar tak tersusun di area kurang lebih 1,5 Hektar di kawasan Dusun VI, Desa Air Meles Atas, kini disulap menjadi Objek Wisata yang cukup menjanjikan, Bukit Batu Lantana merupakan Objek Wisata baru bagi warga Kab. Rejang Lebong dan sekitarnya, dengan akses jalan yang sangat dekat dari pusat kota Curup dengan jarak tempuh sekitar 15 menit perjalanan roda empat maupun sepeda motor untuk menuju lokasi tersebut.

Bukit Batu Lantana dulunya merupakan lahan tidur yang sulit untuk di olah karena beberapa jenis tanaman seperti kopi, pohon nira atau tanaman produktif lainnya sangat sulit untuk dikembangkan di area ini, namun dengan semangat gotong-royong yang dimiliki oleh warga Dusun VI dan sekitarnya akhirnya lahan yang telah lama tidur ini dikelolah dan dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian warga sekitar objek wisata bukit batu lantana ini.


bukit batu


Ada dua jenis batu yang terdapat  didaerah wisata ini yaitu:

  • Batu sabak merupakan batu yang terbentuk dari perubahan batu serpih akibat adanya tekanan dan temperatur yang tinggi. Ciri-cirinya ialah warnanya abu-abu hingga kehijauan dan hitam, bisa dibelah menjadi bentuk lempengan-lempengan tipis. Digunakan untuk material bangunan, batu tulis, bahan untuk kerajinan, bahan untuk atap rumah.
  • Batu gabro merupakan batu yang terbentuk akibat pembekuan magma di dalam gunung. Ciri-cirinya ialah warnanya hitam, abu-abu gelap dan hijau, tidak berongga dan besar. Teksturnya fanerik atau batu beku yang kasar teksturnya, sehingga mineral di dalamnya dapat terlihat secara jelas dan besar. Digunakan untuk dinding atau pelapis dinding.

Destinasi wisata alam Bukit batu Lantana ini menawarkan keindahan alam yang sangat memanjakan  mata dan mampu melunturkan rasa penat setelah lelah berkerja, dan pengunjung akan mendapatkan  kesegarannya kembali setelah menyaksikan pesona alam yang dapat dilihat dari  bukit batu lantana  ini,memang saat yang baik untuk menyaksikan keindahan alam di bukit batu lantana ini pada saat sore hari  sampai malam hari, pengunjung dapat menyaksikan keindahan matahari terbenam dan pada malamnya pengunjung juga dapat melihat keindahan kota curup dari ketinggian. Bagi pengunjung yang memiliki  hobby selfie juga dapat memanfaatkan fasilitas yang memang di khususkan untuk moment tersebut. Sementara itu tiket masuk ke lokasi bukit batu lantana sangat terjangkau, hanya dengan Rp 10.000 untuk satu pengunjung dan Rp. 5.000- untuk biaya parkir kendaraan roda empat.

Pada saat bersamaan di sekitar kawasan bukit batu lantana masih terus berbenah untuk mempercantik kawasan wisata ini, namun pihak pengembang tetap menjaga konsep ekowisata agar ekosistem dan keasrian dari sekitar kawasan Bukit Batu Lantana tetap terjaga.