Sifat - Sifat Umar bin Khattab yang Patut Kita Teladani

 

Sifat - Sifat  Umar bin Khattab yang Patut Kita Teladani

Nikekuko -  Umar bin Khattab merupakan seorang Sahabat Nabi yang memiliki beberapa sifat keteladanan. Yuk, kita belajar meneladani sifat - sifat mulia dari Umar bin Khattab yang bisa kita terapkan dalam kehidupan sehari-hari.


Sebagai Muslim pasti kenal kan dengan sahabat Nabi Muhammad SAW yang satu ini? Umar bin Khattab. Umar bin Khattab adalah salah satu sahabat Rasulullah yang senantiasa berada di sisi Rasulullah sekaligus Khulafaur Rasyidin ke-2. Sejak Umar bin Khattab masuk Islam, beliau telah banyak berkontribusi untuk kemajuan Islam. Yakini di antaranya adalah pembentukan kalender hijriyah dan pendirian lembaga-lembaga kajian Al-Quran. Dari selain jasanya dalam menyebarkan agama Islam, Umar bin Khattab juga memiliki beberapa sifat keteladan yang bisa kita tiru. Ini dia sifat - sifat mulia dari Umar bin Khattab:
  

Loyalitas Tinggi Kepada Allah SWT dan Nabi Muhammad SAW

 

Selalu dilakukan  yang utama oleh Umar bin Khattab adalah mengingat Allah. Umar bin Khattab tahu betul, bahwa hanya Allah lah yang mampu memberi ketenangan hati dan mengangkat rasa gelisah yang ada di dalam diri. Selain mengingat Allah, beliau juga selalu menghormati, menjunjung tinggi, dan mengikuti ajaran dari Nabi Muhammad SAW. Dengan mengingat Allah dan mengikuti ajaran Nabi Muhammad SAW, kita akan selalu mendapat ketenangan jiwa dalam hidup.

Pemberani dalam Segala Situasi


Umar bin Khattab terkenal memiliki sifat pemberani dan tegas, namun berhati lembut. Sifat pemberaninya inilah yang membuat Umar bin Khattab mendapat julukan singa padang pasir. Memiliki sifat pemberani bukan berarti tidak pernah merasa takut sama sekali. Umar bin Khattab juga pernah merasa takut, tapi beliau berhasil mengalahkan rasa takutnya. Sifat berani bisa memberikan seseorang rasa percaya diri, sehingga mampu mengendalikan dirinya dengan lebih baik dalam menghadapi situasi apapun.

Selalu Bersikap Adil


Sikap adil merupakan sifat yang harus dimiliki oleh semua orang, terlebih lagi bagi seorang pemimpin. Umar bin Khattab merupakan sosok pemimpin atau khalifah yang menjunjung tinggi keadilan. Ia tidak ragu untuk memberi penghargaan ataupun hukuman bagi siapapun yang pantas mendapatkannya. Membiasakan untuk selalu bersikap adil dapat membuat hidup bermasyarakat menjadi lebih rukun dan harmonis, terhindar dari perselisihan, dan juga menjauhkan dari perbuatan zalim terhadap hak orang lain.

 

Hidup dalam Kesederhanaan


Kehidupan Umar bin Khattab dari sebelum menjadi khalifah hingga setelah menjadi khalifah tidaklah berubah. Beliau selalu hidup dalam kesederhanaan, seperti yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Bila seseorang membiasakan hidup sederhana meskipun rezekinya berlimpah, maka ia akan selalu merasa cukup, lebih bersyukur atas apa yang dimiliki, serta hidup menjadi lebih tenang karena tidak mengejar gaya hidup mewah di dunia.

 

Bertanggung Jawab


Sebagai seorang khalifah tentu saja Umar bin Khattab harus bertanggung jawab terhadap tugas dan kewajibannya. Misalnya ketika ia rutin berpatroli untuk mengecek keadaan rakyatnya. Mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi adalah sifat penting yang harus dimiliki. Seseorang yang bertanggung jawab akan lebih dipercaya, dihormati, diandalkan dan disukai orang lain. Sifat keteladan dari Umar bin Khattab yang sudah sepatutnya kita contoh.