Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 SD Halaman 56 57 60 61 62 Subtema 2: Manusia dan Lingkungan

Kunci Jawaban Kelas 5 Tema 1 SD Halaman 56 57 60 61 62 Subtema 2: Manusia dan Lingkungan


Nikekuko
- Berikut Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 5 Subtema 1 Halaman 56 57 60 61 62 :


Kunci Jawaban Halaman 56 – 57

 
Ayo Mengamati
 

Adik-adik diperintahkan untuk mengamati gambar yang ada pada halaman 56, kemudian adik-adik disuruh untuk menjawab pertanyaan mengenai gambar tersebut.
 

1. Peristiwa atau objek apakah yang nampak pada kedua gambar di atas?
Jawaban: Pada kedua gambar adalah aktivitas mengendarai sepeda.
 

2. Menurut pendapatmu, aktivitas pada gambar manakah yang menyehatkan?
Jawaban: Menurut saya aktivitas yang menyehatkan adalah naik sepeda karena lebih banyak menggunakan tenaga otot daripada naik sepeda motor.
 

3. Benarkah aktivitas manusia, seperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia?
Jawaban: Benar sekali, aktivitas manusia eperti bersepeda, berjalan, berlari, dan lain-lainnya sangat dipengaruhi oleh kerja organ gerak manusia.
 

Kunci Jawaban Halaman 60
 

Ayo Berlatih
Baca dan pahami teks tentang bersepeda, kemudian ceritakan kembali isi teks tersebut kepada teman sebelahmu sesuai dengan bahasa dan pemahamanmu sendiri tanpa melihat buku.
Lakukan secara bergantian dengan temanmu. Pada saat temanmu bercerita, tuliskan ide pokok cerita temanmu tesebut.
 

Jawaban:
Paragraf 1:
Ide Pokok: Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus menyehatkan.
Paragraf 2:
Ide Pokok: Bersepeda dapat mengencangkan otot-otot tubuh.
Paragraf 3:
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.
Paragraf 4:
Ide Pokok: Jika bersepeda secara rutin, kesehatan jantung kita akan tetap terjaga.
Paragraf 5:
Ide Pokok: Bersepeda juga merupakan olah raga yang dapat membakar kalori dalam tubuh.
Paragraf 6:
Ide Pokok: Bersepeda juga dapat menurunkan risiko terkena penyakit diabetes
Paragraf 7:
Ide Pokok: Manfaat bersepeda lainnya adalah mengurangi stres.
 

Kunci Jawaban Halaman 61
 

Ayo Menulis
Kamu sudah bisa menentukan ide pokok dari sebuah bacaan, sekarang kembangkan ide-ide pokok berikut menjadi sebuah paragraf.
 

Ide Pokok: Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku
Paragraf:
Bersepeda adalah kegiatan kesukaanku. Selain murah ternyata bersepeda juga sangat baik untuk menjaga kesehatan. Bersepeda juga dapat memperkuat persatuan dan kesatuan. Bersepeda sendirian atau dilakukan bersama dengan teman-teman sama-sama menyenangkan.
 

Ide Pokok: Aku bersepeda pada sore hari
Paragraf:
Aku memilih waktu bersepedaku pada sore hari. Saat sore hari udara terasa sejuk karena matahari sudah tidak terik lagi. Selain itu saat sore hari juga langit sangat indah dengan warna birunya. Teman temanku juga menyukai bersepda pada saat sore hari.
 

Ide Pokok: Aku bersepeda berkeliling desa.
Paragraf:
Aku bersepeda berkeliling desa. Suasana desa yang sejuk dan jauh dari keramaian lalu lintas membuat bersepeda semakin asyik. Aku menyusuri jalan sepanjang desa yang di kanan kirinya merupakan daerah persawahan yang hijau membentang.
 

Ide Pokok: Aku bersepeda bersama teman-temanku
Paragraf:
Aku bersepeda dengan teman-temanku. Sebelumnya memang kami telah bermusyawarah tentang rencana bersepeda bersama. Bersepeda bersama dengan teman-teman sangat menyenangkan. Kita dapat menikmati banyak pemandangan indah sambil bernyanyi, berbagi cerita, dan tertawa bersama.
 

Ide Pokok: Banyak sekali manfaat bersepeda yang kurasakan
Paragraf:
Banyak sekali manfaat bersepeda yang aku rasakan. Bersepada bisa membuat tubuh sehat. Selain itu bersepeda dapat melatih kelenturan otot-otot tubuh. Otot-otot tubuh yang sehat dan terlatih membuat kita lincah bergerak, mampu melakukan pekerjaan-pekerjaan berat, dan tidak mudah mengalami cidera. Selain itu bersepeda bersam juga dapat menambah banyak teman


Kunci Jawaban Halaman 62

 
Ayo Renungkan

 
Melakukan aktivitas atau kegiatan fisik/bergerak dalam kehidupan sehari-hari dapat membuat badan kita lebih sehat. Mengapa demikian? Adakah kaitannya dengan organ gerak manusia?


Melakukan aktivitas dalam kehidupan sehari-hari membuat badan lebih sehat karena melatih otot-otot untuk terus bekerja. Hal tersebut ada kaitannya dengan organ gerak manusia. Gerak pada manusia menggunakan organ gerak yang tersusun dalam sistem gerak. Organ gerak berguna untuk berjalan, berlari, melompat, dan melakukan aktivitas lainnya.