Suku Bangsa Duri Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Suku Bangsa Duri Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia

Nikekuko - Etnis Duri adalah salah satu suku bangsa yang mendiami Kabupaten Enrekang, Provinsi Sulawesi Selatan. 

 

Tempat tinggal suku Duri ini berbatasan dengan Kabupaten Tana Toraja. Kawasan tempat tinggal orang Duri meliputi Kecamatan Anggeraja, Masalle, Alla, Baroko, Curio, Malua, Baraka dan Buntu Batu. Kawasan tempat tinggal suku Duri ini berbatasan dengan Tana Toraja.


Agama

Sebagian besar orang suku Durisudah  menganut agama Islam.  Kepercayaan Aluk’ Todolo menjadi agama kepercayaan tradisional mereka sebelum Islam masuk ke suku Duri. 

Dan agama kepercayaan tradisional ini mirip dengan agama kepercayaan tradisional suku Toraja. Walaupun agama  Islam telah mendarah daging bagi orang suku Duri, tetapi sebagian kecil orang Duri masih ada yang mempertahankan agama kepercayaan tradisional. 

 

Contohnya di Baraka, pengikut agama kepercayaan Aluk' Todolo ini mengadakan pertemuan secara teratur 1-2 kali dalam sebulan. Penduduk  etnis Duri juga tetap mempertahankan dan memelihara adat-istiadat sesuai dengan ajaran nenek moyang mereka.

Pekerjaan


Adapun mata pencariannya sehari-hari yaitu sebagai Petani, menjadi mata pencarian sebagaian besar penduduk etnis Duri. Ada sebagian di antara mereka menanam tanaman keras dan memelihara hewan ternak. Ada saeparoh  kecil lagi membuat barang kerajinan.
 

Akan halnya tanaman pertanian etnis Duri, terdiri dari padi, jagung, ubi, cabai, dan bawang merah. Di antaranya lagi, ada pula yang memproduksi keju yang diolah secara tradisional yang dikenal dengan nama dangke. 

 Olahan  khas keju tersebut diolah dari susu sapi dan kerbau ditambah sari buah atau daun pepaya.

 

Rencana Pembentukan Kabupaten Tanah Duri

Pada saat lalu sempat adanya wacana Pembentukan Kabupaten Tanah Duri. Kondisi ini dilakukan agar pelayanan publik semakin dekat dengan masyarakat Duri atau Toduri. 

 

Seperti itu pula dengan pemerataan pembangunan yang sampai saat ini terus diupayakan namun kenyataan belum sesuai dengan harapan. Untuk  jalan menuju pembentukan Kabupaten Tanah Duri akan terus diupayakan.