Tips Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone


 

Tips Mempercepat Koneksi Internet Pada Smartphone

Nikekuko - Kendala kita yang hidup di Indonesia adalah koneksi internet yang kurang stabil dan berbeda-beda diberbagai tempat. Tak diragukan, kebutuhan koneksi internet yang cepat menjadi faktor penting dalam aktifitas kita saat ini. Untuk mengatasi hal ini, ikekuko  bakal memberikan tips mempercepat koneksi internet pada smartphone android  Anda.
 
Apa saja yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan koneksi internet yang cepat? Simak penjelasan berikut ini
 

Pilih provider yang terbaik

 
Terbaik disini bukan berarti yang paling mahal atau yang paling banyak memberikan kuota, tatapi provider yang paling cocok digunakan di lokasi  Anda. Teknologi 3G bahkan 4G yang saat ini ditawarkan oleh berbagai provider memang belum bisa menjangkau semua lokasi.
 
Jadi, lakukan survey tentang kekuatan sinyal internet dari berbagai macam operator seluler
 

 Pilih koneksi data yang tepat

 
Tentu Anda familiar dengan konsep 3G, HSDPA, 4G dan GSM. Nah, secara default sinyal pada smartphone biasaya menggunakan GSM dan 3G secara otomatis berubah disesuaikan dengan kebutuhan. Hal inilah yang kadang membuat kwalitas sinyal internet kamu menjadi terganggu.
 
Solusinya pilih salah satu jaringan yang paling baik ditempat  Anda. Lakukan setting manual untuk merubah preferensi sinyal ini via setting smarphone. Disini Anda bisa leluasa untuk memilih koneksi GSM / 3G ONLY tergantu mana yang paling baik.
 

 Gunakan router untuk penguat

 
Smartphone android Anda  memang bisa digunakan untuk tethering, namun akan berimbas pada batree yang boros dan sinyal yang melemah jika digunakan bersamaan dengan beberapa devices. Sebagai penguat sinyal, kamu bisa membeli sebuah router.
 
Saat ini sudah banyak tersedia berbagai merk router wifi yang memungkinkan kamu mendapatkan koneksi internet yang lebih stabil
 

Sisakan ruang untuk RAM


 
Apakah RAM berpengaruh pada koneksi internet? Ya. meski tidak menjadi faktor utama, tetapi kebutuhan RAM yang cukup untuk keperluan browsing memang mempengaruhi kecepatan smartphone Anda dalam menggunakan fasilitas internet.
 
Pastikan untuk tidak membiasakan membuka banyak aplikasi meski berjalan di background. Hal ini akan membebani smartphone baik ketika terkoneksi internet atau tidak. Tutup aplikasi yang tidak digunakan dan berikan ruang yang cukup untuk RAM bekerja secara maksimal
 

Bersihkan cache

 
Data sisa bahkan mungkin sampah cache sangat membebani kemampuan smartphone Anda. Jika terlalu banyak data yang disimpan, tentu akan membuat smartphone kamu lelet dan pada akhirnya kesulitan saat browsing di internet.
 
Anda bisa membersihkan cache dengan menggunakan aplikasi Cleaner yang banyak tersedia di Google Play Store.
  

Pilih browser yang tepat

 

Biasanya browser bawaan dari pabrik tidaklah sebagus yang kita harapkan. Ada baiknya Anda menginstall browser lain yang memiliki performance lebih baik.
 
Google Chrome bisa menjadi pilihan yang tepat. Dan, Opera Mini adalah salah satu contoh browser yang memiliki kwalitas baik dengan tidak banyak memakan kuota kamu karena sudah memberikan kompresi pada data yang kita load.