Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD MI Halaman 64 Subtema 2, Mengelompokkan Hewan ke dalam Diagram Venn

 

Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD MI Halaman 64 Subtema 2, Mengelompokkan Hewan ke dalam Diagram Venn

 Nikekuko - Secara umum hewan berkembang biak dengan 3 cara yaitu beranak, bertelur, beranak dan bertelur. Pada gambar di halaman 63 terdapat beberapa hewan yang berbeda-beda cara perkembang biakannya.

Hewan yang ada pada gambar meliputi ikan, sapi, burung elang, kura-kura, buaya, ikan paus, ayam, kucing, dan ular. Adik-adik diminta mengelompokkannya ke dalam diagram Venn.

Sebelum mengelompokkannya, maka harus diketahui dahulu perkembangbiakan masing-masing hewan. Berikut uraiannya:

1. Beranak

Hewan yang berkembang biak dengan cara beranak juga disebut sebagai hewan vivipar. Hewan yang berkembang biak dengan beranak memiliki embrio yang berkembang dalam rahim si induk betina.

Hewan vivipar umumnya memiliki kelencar susu dan menyusui anaknya, tubuhnya ditutupi oleh rambut, memiliki daun telinga, dan sebagian besar adalah kelompok hewan mamalia.

Contoh hewan yang sesuai dengan gambar yaitu kucing, ikan paus, dan sapi.

2. Bertelur


Hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur juga disebut sebagai hewan ovipar. Hewan yang berkembang biak dengan bertelur memiliki embrio yang berkembang dalam telur.

Contoh hewan yang sesuai dengan gambar yaitu ikan, kura-kura, elang, ayam, dan buaya.

3. Beranak dan Bertelur

Hewan yang berkembang biak dengan cara beranak dan bertelur disebut ovovivipar. Golongan hewan ini memiliki embrio berkembang di dalam telur, namun telur tetap berada di dalam rahim si induk.

Setelah embrio cukup umur, maka akan menetas di dalam tubuh induknya dan dilahirkan ke luar tubuh induknya. Sehingga hewan tersebut mengalami dua jenis perkembangbiakan yaitu bertelur terlebih dahulu baru melahirkan saja.

Contoh hewan yang sesuai dengan gambar yaitu ular. Selain sebagian kelompok ular hewan ovovivipar lainnya yaitu kelompok kadal.


Kunci Jawaban Tema 1 Kelas 6 SD MI Halaman 64 Subtema 2, Mengelompokkan Hewan ke dalam Diagram Venn
*) Disclaimer : Pembahasan dan kunci jawaban dalam artikel ini hanya merupakan panduan bagi orang tua dalam mendampingi putra-putrinya belajar di rumah selama pandemi. Untuk jawaban yang tertera di atas bersifat terbuka, jawaban di atas tidak bersifat baku. Orang tua dan siswa bisa mengembangkan jawaban lain yang dirasa lebih relevan.***