Hikmah Dibalik Sakit

Hikmah Dibalik Sakit
gambar ilistrasi orang sakit

 

NIKEKUKO - Semua makluk hidup tak luput salah satupun makhluk ciptaan Allah SWT, tentunya kita pernah mendapatkan cobaan ataupun ujian dalam kehidupan. Namun, ujian dan cobaan tersebut, bisa diberikan melalui kesenangan maupun kesulitan. Contohnya dalam bentuk sakit, seperti yang tertulis dalam hadits tentang orang sakit. Begitu juga itu, kesenangan seperti halnya kekayaan juga bisa menjadi sebuah cobaan dari Allah. Misalnya masihkah anda peduli dengan sesama? Walaupun anda memiliki derajat sosial yang lebih tinggi. Lantas ujian kehidupan tak melulu terjadi dalam bentuk kesengsaraan, seperti halnya yang selalu kita lihat selama ini.
 

Dalam hal ini, anda pasti selalu menganggap bahwa ujian ataupun cobaan itu adalah sesuatu yang identik dengan kekurangan, kesakitan, kesedihan dan hal-hal yang buruk lainnya. Tetapi, menurut salah satu firman Allah, salah satunya pada surat Al Anbiyaa ayat 35, yang menjadi salah satu surat dalam Al Qur’an. Sudah, dijelaskan bahwa kelebihan juga bisa menjadi salah satu ujian dari Allah. Karena ujian atau cobaan merupakan sebuah tes secara tak langsung dari Allah yang menentukan, apakah kamu bisa melewatinya dengan baik? Walaupun cobaan itu adalah sesuatu yang tanpa kamu sadari ( hal yang menyenangkan ) ataupun sebaliknya, cobaan tersebut merupakan hal yang sangat kamu sadari, sebab cobaan tersebut, berupa sebuah kesengsaraan.
 

Hikmah Dibalik Sakit
sumber gambar tafsirq.com

Diantara salah satu bentuk cobaan yang paling umum disadari dan umum diberikan oleh Allah adalah sakit. Bahkan ada beberapa ayat dalam surat-surat yang berada di Al Qur’an yang menyatakan bahwa penyakit adalah salah satu bentuk cobaan. Diantara  ayat Al Qur’an tentang sakit itu dapatkita temukan dalam surat Al Anbiyaa.

Tetapi, kendati sakit adalah salah satu dari cobaan atau ujian kehidupan, tahukah anda? Bahwa sakit memiliki banyak hikmah yang tidak bisa dinalar dengan pemikiran manusia. Dibalik rahasia yang biasa disebut sebagai hikmah ini, tertuang langsung dalam firman Allah tentang sakit.  Apa saja yang diterima oleh orang sakit, penasaran dengan rahasianya? Mari simak beberapa contohnya, berikut ini.

Sakit Membantu Melebur Dosa



 

Hikmah Dibalik Sakit
sumber gambar pinterest.com

Kita pasti sering mendengar bahwa sakit akan menghapuskan sebagai dosa yang pernah kita perbuat. Baanyak pula yang menyatakan bahwa sakit mampu melebur dosa yang kita lakukan. Ada juga yang mengatakan jika sakit bisa menjadi sebab pengampunan atas dosa yang diperbuat oleh anggota tubuh kita ( seperti halnya dosa yang diakibatkan oleh penglihatan, lisan, pendengaran, pemikiran dan lain sebagainya ). Pada dasarnya dari semua pernyataan tersebut sama, yaitu sakit penggugur dosa.

Tentunya tidak hanya asal dilontarkan begitu saja, pernyataan ini. Akan tetapi ada banyak asas atau landasan yang mendasari terbentuknya pernyataan ini. Di jelaskan pada surat asy-Syuura pada ayat 30 yang tercantum dalam Al Qur’an. Dijelaskan surat tersebut, diceritakan bahwa segala jenis musibah itu disebabkan oleh perbuatanmu sendiri. Tetapi, melalui musibah tersebut Allah telah mengampuni sebagian dari dosa ataupun kesalahan-kesalahan yang pernah kamu lakukan. Akan hal ini  tidak semuanya, tapi setidaknya sebagai besar dosamu telah di ampuni. Disebabkan, ada beberapa orang yang mengatakan bahwa selain pelebur dosa, sakit juga menjadi salah satu akibat dari dosa yang pernah kita lakukan.

Tidak hanya dalam Al Qur’an, dalam sebuah riwayat juga dinyatakan perkara sakit yang dapat melebur dosa ini. Hal riwayat tersebut menyatakan hal yang intinya menjelaskan bahwa rasa sakit tidak akan selalu menimpamu. Tetapi bersamaan dengan kepedihan dan rasa sakit yang di alami, ada beberapa dosa yang dihapuskan.

Di jelaskan riwayat dan salah satu surat dalam Al Qur’an tersebut, sudah menjelaskan bahwa sakit memang dapat menghapuskan dosa yang pernah dilakukan. Wlaupun tidak semua dosa yang dihapuskan, namun hal ini patut disyukuri.Lantas, mulai saat ini sebisa mungkin bergembiralah ketika anda sakit. Sebab anda salah satu orang yang dipilih Allah, agar sebagian dosamu terhapuskan.

Sakit Bisa Menjadi Sebuah Kebaikan



 

Hikmah Dibalik Sakit
gambar ilustrasi hikma dibalik sakit

Terlintas aneh bahkan mungkin memaksa, bila sakit bisa menjadi sebuah kebaikan bagi kita. Tetapi, pernyataan tersebut juga berada dalam sebuah riwayat. Di riwayat tersebut, menjelaskan bahwa semua urusan adalah sebuah kebaikan. Tetapi untuk membuat hal tersebut, maka dibutuhkan sebuah kunci. Sebuah kesabaran kunci tersebut.
 

Pada waktu  anda sedang dalam kesusahan dan menjalaninya dengan penuh kesabaran, maka anda akan beroleh kebaikan bagi dirimu sendiri. Begitu pula dengan sakit. Waktu keadaan sakit, hal tersebut dapat dikategorikan anda sedang dalam kesusahan. Tetapi, bila anda menjalani dengan penuh kesabaran segala rasa sakit tersebut, maka niscaya sakit bisa menjadi sebuah kebaikan bagi diri sendiri.

Sakit Mengingat Kamu dari Sebuah Kelalaian



Hikmah Dibalik Sakit
sumber gambar sindonews.com
 

Meskipun terlihat tidak memiliki arti yang baik, namun sebenarnya sakit bisa diartikan sebagai sebuah tanda pengingat. Karena Allah bisa menegurmu atau mengingatkan anda mengenai kelalaian yang pernah anda lakukan, melalui sakit yang diberikan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Allah selalu menyayangi umatnya. Sebab Allah masih mau menegur dan mengingatkan anda, yang telah melakukan kelalaian. Dapat dirasakan dari baik itu kelalaian yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

Lantas, kenapa Allah mengingatkan dengan cara memberikan sakit? Hal ini tak lepas dari sifat alami manusia. Hal ini kebanyakan ( tidak semua namun sebagian besar ) manusia akan mudah jatuh ke dalam godaan setan ataupun jatuh ke dalam nafsunya sendiri ketika dia dalam keadaan sehat. Manusia akan sibuk dengan kegiatan duniawi dan melupakan Allah SWT yang memberikan kehidupan dan kesehatannya tersebut. Tetapi ketika sakit, hal yang sebaliknya pun terjadi. Dia akan ingat kepada Allah dan menyesali segala kelalaiannya selama ini. Hal itulah Allah memberikan sakit kepadamu.

Karena itu, sakit sering dianggap sebagai bentuk peringatan ataupun teguran dari Allah. Sebab didasarkan atas firman Allah yang tertuang di dalam Al Qur’an. Salah satu surat di Al Qur’an yang mendukung pernyataan ini adalah surat Al An’am ayat 42 yang mengisahkan bahwa Allah memberikan sakit agar umatnya mau tunduk kepada Allah dan pastinya mengingat segala kesalahan dan kelalaiannya selama ini.

Sakit Mampu Membuat Kamu Terhindar dari Panasnya Api Neraka


sumber ilusterasi umma.id
 

Akan hal tetapi percayakah anda? Bahwa sakit dikatakan mampu menghindarkan kamu dari panasnya api neraka.  Walaupun sangat terdengar mustahil, namun nyatanya hal ini banyak diyakini. Lalu, Rasulullah sendiri sempat mengatakan, jika sakit demam bisa menjauhkan setiap manusia dari panasnya api neraka, padahal demam adalah salah satu penyakit yang ringan. Begitu juga hal yang sama juga pasti berlaku untuk penyakit yang lebih berat, bukan?

Sebab itu, anda tidak boleh mencaci-maki penyakit yang sedang anda alami ataupunanda derita. Tidak boleh menggerutu ataupun selalu mengeluh kepada orang lain, ketika sakit. Bukan itu saja ,anda  juga harus senantiasa menjaga pikiran. Tak boleh sampai anda menjadi berburuk sangka kepada Allah, sebab sakit yang kamu derita cukup berat bagimu.

Oleh karena itulah, jangan mengambil spekulasi sendiri. Sadarilah bahwa sakit tidak selalu disangkut pautkan dengan sesuatu yang buruk. Bahkan ada salah satu riwayat yang sempat mengatakan bahwa dosa itu mampu menghilangkan dan menghapuskan dosa-dosa dari anak-anak Adam. Seperti api yang akan menghapuskan kotoran-kotoran besi hingga bersih tak bersisa.

Pahala Terus Mengalir



Pada saat sedang sakit, anda pasti merasa sebal dan kesal. Karena anda tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari kamu dengan baik. Anda tidak bisa bekerja untuk mencari nafkah, anda tidak bisa ke sekolah untuk menuntut ilmu, anda juga tidak bisa ikut pergi bersama dengan teman-teman untuk traveling, hang out ataupun melakukan beberapa aktivitas rutin harian kamu. Lantas, hal tersebut menjadi sebuah hal yang menyiksa. Terutama bagi kamu yang tidak bisa berdiam diri ( memiliki banyak aktivitas ).

Sebab, tahukah anda? Sebetulnya anda tak perlu bersedih. Meskipun anda tidak dapat melakukan segala aktivitas maupun pekerjaan kamu dengan baik, selayaknya ketika kamu sedang sehat namun Allah telah memberikan gantinya. Ganti ini, tentunya adalah sesuatu yang sangat berarti. Disebabkan, ketika kamu sakit, kamu akan mendapatkan pahala yang terus mengalir.
 

Meskipun tak bisa dinalar dengan akal pikiran manusia, akan tetapi Nabi Muhammad Saw pernah berkata. Kata tersebut memiliki makna kurang lebih, Allah akan memberikan atau menulis pahala orang sakit, layaknya pahala yang diberikan saat orang tersebut tidak dalam keadaan sakit alias dalam keadaan sehat walafiat.  Jadi ketika anda sakit, dengan berbaring istirahat saja kamu akan mendapatkan pahala yang terus mengalir. Lantas jangan lupa bersyukur, meski kamu sedang sakit sekalipun.Sebenarnya,Banyak Hikmah yang Dapat Diambil dari Sakit

Menambah Iman
Surat yang ada di dalam Al Quran yang menjelaskan tentang sakit?, Surat Al Anbiyaa dan surat Asy-Syuura.
 

Arti ari makna di balik suatu peristiwa yaitu hikma. Hikmah juga bisa menjadi sebuah hal sederhana yang saat dipahami menjadi salah satu alasan bagi kamu untuk selalu bersyukur. Untaian dan ucapan terterima kasih kepada Allah SWT karena telah memberikan rahmat-Nya berupa kelimpahan hikmah yang tak terkira.

Sehingga terkadang banyak hikmah yang tidak disadari terjadi karena sebuah peristiwa tak terduga. Akan halnya, ketika kamu sakit. Walaupun tanpa anda sadari dengan baik, pasti akan ada banyak hikmah ataupun makna di balik sakit yang kamu rasakan.

Banyak nasehat, hadits maupun pendapat yang menyatakan hal serupa. Meski setiap pendapat tidak memiliki penjelasan yang sama namun makna yang disampaikan tetap sama.
 

Ada beberapa rahasia yang ada di balik sakit. Begitu banyak makna yang bisa kamu dapatkan dari sakit yang diberikan oleh Allah SWT kepadamu. Lantas, jika selama ini ketika sakit kamu sering bahkan selalu mengeluh, mulai saat ini cobalah untuk memandang sakit bukan dari sisi cobaan atau ujian kehidupan saja.Tetapi pandanglah sakit, berdasarkan hikmah ataupun kebaikan apa saja yang bisa kamu peroleh? Oleh sebab, maka anda akan menyadari bahwa sesungguhnya Allah sangat sayang dengan kamu. Sehingga kamu diberikan teguran melalui sakit yang diberikan kepada kamu.

Intinya apapun yang terjadi, seperti apapun ujian kehidupan, seberat apapun jalan yang harus dilalui kita harus senantiasa tetap bersyukur.Ihklas menerima segala sesuatu yang diberikan oleh Allah dan berusaha untuk melaluinya dengan baik. Karena segala sesuatu yang berasal dari Allah pasti memiliki hikmah yang tak pernah terkira sebelumnya. Seperti halnya rahasia di balik sakit yang telah diuraikan di atas.